Sukses

9 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Murah, Penuh Edukasi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata anak di Jakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas edukasi. Liburan bersama keluarga ke tempat-tempat penuh edukasi ini selain menambah pengetahuan anak, juga dapat menghilangkan penat orang tua yang menemani.

Apalagi berbagai tempat wisata anak di Jakarta ini bisa kamu kunjungi dengan menggunakan berbagai macam transportasi umum yang telah ada. Dengan akses yang mudah, kamu tidak perlu lagi menyewa kendaraan dan menghabiskan uang untuk pergi ke destinasi yang kamu inginkan.

Tempat wisata anak di Jakarta yang penuh edukasi ini juga murah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam spot foto yang unik. Museum-museum yang antik dan penuh dengan pembelajaran, serta monumen yang ikonik tentunya dapat menjadikan liburan kamu menyenangkan bersama keluarga.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata anak di Jakarta dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020).

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Anak di Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta

Tempat wisata anak di Jakarta yang pertama adalah Kawasan Kota Tua Jakarta. Selain tempat nongkrong, Kota Tua juga menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Ketika berkunjung ke Jakarta jangan lupa mampir ke Kota Tua, selain tempatnya bagus untuk berfoto, kota tua juga sarat akan nilai sejarah.

Kota Tua terletak di Jakarta Pusat, wilayah utara. Waktu yang pas untuk datang ke tempat tersebut adalah menjelang sore. Di kawasan Kota Tua Jakarta, berdiri cukup banyak bangunan bersejarah. Sebut aja Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri.

Mendatangi Kawasan Kota Tua, anak bisa berkunjung ke banyak museum. Wajar kalau salah satu tempat wisata anak di Jakarta ini menjadi tujuan hemat dan praktis untuk wisata edukasi. Hanya dengan Rp 2.000-Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa mendapatkan tiket masuk ke maisng-masing museum yang terdapat di Kawasan Kota Tua Jakarta ini.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Karena di tempat tersebut terdapat 300 spesies binatang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut.

Selain sebagai tempat refresing, Ragunan juga bisa menjadi tempat edukasi anak-anak. Tiket masuk ke salah satu tempat wisata anak di Jakarta ini dan menaiki beberapa wahana di sana, kurang lebih Rp 20 ribu saja.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Anak di Jakarta

Monumen Nasional

Tempat wisata anak di Jakarta yang sudah sangat terkenal adalah Monumen Nasional atau Monas. Monas merupakan salah satu ikon di Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter tersebut awalnya dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah. Monas memiliki mahkota lidah api yang terbuat dari lapisan emas murni.

Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Monas selesai dan diresmikan pada tanggal 16 Juli 1975 dan masih kokoh hingga saat ini.

Tiket masuk Monas bisa dibeli dengan harga Rp 30.000. Dengan tiket tersebut kamu bisa mengunjungi museum di dalamnya atau melihat Jakarta dari atas Monas. Kamu juga bisa mempelajari sejarah bangsa Indonesia di wisata murah Jakarta satu ini.

Monas buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

Museum Nasional

Mengunjungi museum memang dapat menjadi pilihan tempat wisata anak di Jakarta yang mendidik. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Museum Nasional. Kamu akan diperkenalkan 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu-Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya.

Walau dinamakan Museum Nasional, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Untuk masuk ke Museum Nasional. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja.

Museum Nasional terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Buka dari Selasa–Jumat pukul 08.00–16.00 WIB dan Sabtu–Minggu pukul 08.00–17.00 WIB.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Anak di Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII dibangun pada era Presiden Soeharto. Tempat wisata anak di Jakarta ini terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Harga tiket masuk ke gerbang utamanya hanya dibanderol sekitar Rp 6.000-Rp 10.000 saja, tergantung kendaraan apa yang kamu gunakan. Kemudian setiap wahananya ditarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon TMII adalah gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong. Biasanya film yang diputar adalah film yang berjudul Keong Mas dan Tanah Airku.

Pantai Ancol

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga bermain pasir pantai sembari melihat matahari terbenam, maka Pantai Ancol jawabannya. Harga tiket masuk ke Pantai Ancol adalah Rp 25.000. Karena itulah, pantai ini menjadi salah satu tempat wisata anak di Jakarta yang murah.

Kamu juga tidak perlu khawatir juga bila sewaktu-waktu perut merasa lapar, karena di sepanjang pantai banyak sekali yang menawarkan berbagai macam menu sea food.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Anak di Jakarta

Planetarium

Tempat wisata anak di Jakarta selanjutnya adalah Planetarium. Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Tempat ini merupakan salah satu wahana simulasi langit. Harga tiket masuk ke planetarium dibanderol sekitar Rp 7.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Jam operasional planetarium buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 13.00 WIB.

Playparq

Jika kamu mencari tempat wisata anak di Jakarta yang menyediakan taman bermain menyenangkan dengan beragam permainan, Playparq adalah tempat yang tepat. Beragam wahana permainan indoor dan outdoor yang ramah dan aman dijamin akan membuat anak betah berlama-lama di sini.

Berbagai wahana seperti flying fox, panjat tebing, hingga permainan air yang menyenangkan tentunya akan sangat disenangi oleh anak.

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove bisa menjadi tempat wisata anak di Jakarta bertema alam yang menyejukan. Tempat ini juga menyediakan tempat penginapan yang dibuka untuk umum dalam rupa rumah tenda atau camping ground.

Tempat wisata ini memiliki luas lahan sebesar 99,82 hektare dan 40 persennya digunakan untuk konservasi hutan bakau yang alami. Selain menggunakan kano dan sepeda air, kamu bisa menyewa perahu untuk menjelajahi perairan di sekitar.

Selain menikmati hutan yang asri, tempat ini juga menyediakan bimbingan singkat untuk belajar menanam mangrove. Tiket masuk untuk turis lokal seharga Rp 25.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 10.000 saja untuk anak-anak.