Sukses

8 Manfaat Minyak Cendana untuk Kecantikan, Sehatkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Kayu cendana dikenal dengan aromanya yang harum menenangkan. Cendana biasanya diolah menjadi minyak esensial yang memiliki beragam manfaat. Tumbuhan parasit ini banyak ditemukan di daerah NTT, khususnya Pulau Timor.

Minyak esensial cendana telah digunakan sejak zaman dahulu untuk wewangian dan sifat obatnya. Minyak cendana kerap menjadi campuran produk perawatan dan kecantikan kulit. Aroma cendana juga membuatnya menjadi pilihan populer untuk parfum dan aromaterapi. 

Minyak cendana bisa berguna untuk kecantikan. Menggunakan minyak cendana atau produk yang mengandung minyak cendana akan memberi manfaat untuk kulit dan rambut. Cendana sangat ringan tetapi memiliki efek kuat pada kulit.

Cendana juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mengatasi beragam masalah kulit. Minyak cendana alami ringan dan cocok untuk semua jenis kulit, menjadikannya bahan yang sempurna dalam perawatan kecantikan. Berikut 8 manfaat minyak cendana, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(17/2/2020).

2 dari 9 halaman

Samarkan bercak hitam

Alpha-santalol, unsur utama dari minyak cendana bisa menghambat enzim yang memengaruhi pigmen melanin. Efek ini mampu mengurangi bercak hitam di wajah akibat paparan sinar matahari.

Bintik-bintik gelap pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin memberi warna mata, kulit, dan rambut. Kondisi ini biasa disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3 dari 9 halaman

Atasi kulit yang terbakar sinar matahari

Minyak alami yang terkandung dalam cendana membantu mencerahkan kulit yang terbakar matahari. Minyak ini juga membantu menenangkan luka bakar matahari dan memiliki efek pendinginan serta mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh luka bakar matahari.

Paparan sinar matahari dapat menyebakan kulit merah, terkadang bengkak, dan menyakitkan. Area tubuh yang paling banyak terkena sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar juga akan mengembangkan bintik-bintik matahari.

4 dari 9 halaman

Atasi jerawat

Minyak cendana memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-proliferasi. Ini sebabnya minyak ini bisa jadi cara untuk mengatasi jerawat. Berbagai penelitian menyatakan bahwa minyak cendana dapat ditoleransi dengan baik dan aman.

Minyak esensial cendana sangat baik sebagai agen antiseptik. Ini membantu mencegah jerawat berubah menjadi infeksi dan meradang. Minyak ini juga membantu menenangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dengan lebih cepat.

5 dari 9 halaman

Menyembuhkan luka

Sifat antiseptik dan antiinflamasi pada minyak cendana mampu menyembuhkan luka. Peneliti dari Ruhr-Universität Bochum di Jerman menemukan bahwa sel-sel kulit mengandung reseptor penciuman pada minyak cendana. Ketika mereka mengaktifkan reseptor itu, minyak cendanan bisa meningkatkan pertumbuhan sel kulit.

Minyak cendana dapat mencegah peradangan pada kulit dan mengurangi risiko timbulnya bekas luka. Ketika diterapkan pada kulit, minyak cendana melindungi luka dari infeksi.

6 dari 9 halaman

Astringen alami

Meskipun sangat ringan, minyak cendana memiliki beberapa sifat astringen yang baik untuk kulit. Minyak cendana bisa membantu dalam memperkuat otot dan mengencangkan kulit. Minyak ini juga membantu mengencangkan pori-pori.

Astringen adalah formula berbasis cairan, biasanya mengandung isopropil. Manfaat astringen untuk kulit membantu membersihkan iritasi dari kulit, mengurangi peradangan, dan mengencangkan kulit. Astringents paling baik digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

7 dari 9 halaman

Cegah kanker kulit

Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang dilaporkan dalam Archives of Biochemistry and Biophysics. menunjukkan senyawa yang ditemukan dalam minyak cendana dapat membantu melawan kanker kulit. Senyawa ini disebut α-santalol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa komponen ini dapat membantu membantu mematikan sel akibat sel kanker.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Banyak kasus kanker kulit disebabakan oleh hasil radiasi ultraviolet (UV) di bawah sinar matahari.

Minyak cendana juga dikenal dapat memberi ketenangan pada pikiran. Aroma minyak kayu yang hangat dan menyegarkan membantu tubuh lebih rileks.

8 dari 9 halaman

Dukung pertumbuhan rambut

Minyak cendana mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Menemukan bahwa aroma cendana dapat merangsang reseptor tertentu yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak cendana dapat memperbanyak keratin yang bemanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Minyak cendana cocok digunakan bagi orang yang mengalami kebotakan, rambut rontok, atau masalah rambut lainnya. Rambut rontok merupakan masalah rambut yang umum dialami pria maupun wanita.

9 dari 9 halaman

Hilangkan ketombe

Minyak esensial cendana juga bermanfaat untuk rambut sehat. Perawatan ini mencegah infeksi, mendinginkan dan melembabkan kulit kepala, dan membuat rambut sehat dan berkilau. Minyak cendana mampu mengangkat kerak di kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Campurkan beberapa tetes minyak cendana dengan minyak almond dan gunakan untuk memijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan semalaman dan bersihkan dengan sampo ringan keesokan paginya.