Sukses

Fungsi Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi Beserta Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi dapat mengurangi nyeri yang kamu alami. Rasa nyeri saat sakit gigi memang tidak ada tandingannya dan sangat mengganggu. Apalagi jika rasa nyeri tersebut tidak cepat hilang atau bahkan semakin memburuk.

Sakit gigi biasanya bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi berlubang, gigi menggeretak, fraktur atau patah gigi, hingga infeksi gusi. Selain rasa nyeri yang sangat mengganggu, kamu juga biasanya mengalami bengkak di sekitar gigi atau gusi, demam, dan sakit kepala saat sakit gigi.

Fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi bisa dijadikan solusi tepat untuk meredakan berbagai gejalanya. Sebagai obat untuk mengobati rasa sakit ringan hingga sedang, sekaligus mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu, asam mefenamat atau mefenamic acid bisa kamu gunakan sebagai pengobatan sakit gigi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi dari berbagai sumber, Rabu (19/2/2020).

2 dari 5 halaman

Fungsi Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi asam mefenamat yang merupakan obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS) ini untuk sakit gigi dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya. Selain itu, fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi juga bisa meredakan peradanagan.

Jadi, bisa disimpulkan fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi dapat merdakan nyeri dan peradangan. Biasanya, fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi ini obatnya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup.

Fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi ini bekerja dengan cara menghambat produksi enzim ­cyclo-oxygenase (COX) yang akan mengurangi zat prostaglandin. Umumnya, prostaglandin dihasilkan tubuh saat kamu mengalami cedera, penyakit, atau kondisi tertentu yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan. Dengan menghambat produksi prostaglandin, rasa nyeri yang ditimbulkan oleh prostaglandin pun akan berkurang.

Oleh karena itulah fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi dapat membantu mengurangi rasa nyerinya. Namun, obat ini tidak dianjurkan untuk mengobati gigi sensitif.

Fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Rekomendasi batas pemakaian fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi adalah 7 hari.

Selain fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi, obat ini juga dapat meredakan berbagai nyeri lainnya seperti, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, nyeri pascaoperasi dan melahirkan, nyeri yang disebabkan oleh cedera, hingga nyeri menstruasi.

3 dari 5 halaman

Efek Samping Penggunaan Asam Mefenamat

Walaupun fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi sangat ampuh digunakan dan menjadi solusi yang sangat efektif, tetap saja ada efek samping saat menggunakannya. Ada beberapa efek samping yang bisa muncul saat kamu mengonsumsi asam mefenamat saat sakit gigi, seperti:

- Sakit kepala dan pusing.

- Kulit terasa gatal dan ruam.

- Pandangan menjadi kabur.

- Sariawan.

- Gangguan fungsi ginjal dan hati.

- Gangguan saluran pencernaan, seperti mual, muntah, sakit perut, diare, sembelit dan perut kembung.

- Dapat menyebabkan iritasi lambung, pendarahan usus, dan tukak lambung pada penderita penyakit asam lambung

- Dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke

- Meningkatkan risiko kambuhnya penyakit jantung pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Risiko ini akan semakin meningkat jika menggunakan asam mefenamat dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang panjang.

4 dari 5 halaman

Kondisi Tidak Diperbolehkan Menggunakan Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Selain itu, ada berbagai kondisi yang menyebabkan seseorang tidak diperbolehkan menggunakan asam mefenamat untuk pengobatan sakit gigi, yaitu:

- Memiliki alergi terhadap obat antiinflamasi non-steroid lainnya, seperti aspirin atau ibuprofen.

- Memiliki riwayat gangguan saluran cerna, seperti penyakit radang usus dan tukak lambung.

- Memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit ginjal, gagal jantung kronis, dan gagal hati.

- Wanita yang sedang hamil dan telah memasuki trimester ketiga

- Orang yang baru saja menjalani operasi jantung.

- Wanita yang sedang menyusui.

- Penderita hipertensi, asma, diabetes, dan epilepsi.

- Penderita gangguan pembekuan darah.

- Lansia berusia di atas 65 tahun.

- Anak-anak dan remaja di bawah 14 tahun.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian yang tertera di label kemasan. Penggunaan asam mefenamat dalam jangka waktu lama dan melebihi dosis, dapat menimbulkan efek samping serius bagi tubuh.

Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi asam mefenamat, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

5 dari 5 halaman

Penggunaan Asam Mefenamat dan Paracetamol untuk Sakit Gigi

Asam Mefenamat dan Paracetamol sama-sama dapat mengobati sakit gigi. Namun saat fungsi asam mefenamat untuk sakit gigi dapat meredakan rasa nyeri dan juga peradangan, paracetamol hanya dapat meredakan rasa nyeri saja.

Selain itu, karena penggunaan paracetamol untuk mengobati sakit gigi juga lebih ampuh bila dikombinasikan dengan obat antiperadangan nonsteroid, maka tentunya akan lebih efektif bila mengobati sakit gigi dengan obat yang mengandung asam mefenamat.