Sukses

Fungsi Microsoft Visual C++ untuk PC yang Jarang Disadari Pengguna

Liputan6.com, Jakarta Fungsi Microsoft Visual C++ mungkin banyak tak diketahui penggunanya. Pada dasarnya, ada dua jenis pengguna PC: mereka yang menerima begitu saja perangkatnya dan banyak orang yang lebih suka menggali lebih dalam tentang kinerja perangkatnya. Jika kamu termasuk dalam kelompok kedua, kamu mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi Microsoft Visual C++.

Bagi pengguna Microsoft, kamu pasti sering menemukan Microsoft Visual C++ dalam program komputermu. Terkadang kamu mungkin juga pernah menemukan notifikasi eror pada fungsi Microsoft Visual C++. Microsoft Visual C++ juga begitu banyak terinstal di komputermu.

Fungsi Microsoft Visual C++ bisa mendukung kinerja sejumlah software di komputer Windows. Tak jarang orang yang tak begitu mengetahui fungsi Microsoft Visual C++, malah menghapus program ini. Padahal, fungsi Microsoft Visual C++ juga cukup penting di komputer.

Berikut ulasan mengenai fungsi Microsoft Visual C++ yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/2/2020).

2 dari 6 halaman

Mengenal Microsoft Visual C ++

Microsoft Visual C ++ merupakaan produk Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Program ini merupakan bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman kompleks yang cukup populer. Hampir semua file DLL pada sistem operasi Windows dibuat menggunakan bahasa ini. File DLL merupakan kependekan dari Dynamic Link Library, jenis file berisi instruksi yang dapat dipanggil oleh program lain untuk melakukan hal-hal tertentu. Dengan cara ini, banyak program dapat berbagi kemampuan yang diprogram ke dalam satu file, dan bahkan melakukannya secara bersamaan.

3 dari 6 halaman

Fungsi Microsoft Visual C++

Microsoft Visual C++ adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows dalam bahasa pemrograman C, C++, dan C++ / CLI. Program ini menawarkan engembang aplikasi tunggal di mana mereka dapat menulis, mengedit, menguji, dan men-debug kode mereka.

Ketika tiba saatnya untuk menyebarkan perangkat lunak ke pengguna, pengembang memiliki dua pilihan. Mereka dapat menggabungkan DLL tersebut ke dalam instalasi aplikasi mereka, atau mengandalkan paket standar kode bersama yang dapat didistribusikan. Sebagian besar memilih yang terakhir, dan paket itu dikenal sebagai Visual C++ Redistributable.

Jadi, jika kamu menggunakan perangkat lunak apa pun yang dikembangkan dengan Microsoft Visual C++, maka kamu harus menginstal Paket Visual C++ Redistributable. Fungsi Microsoft Visual C++ adalah untuk mendukung jalannya sebuah apilkasi yang dikembangkan dengan Microsoft Visual C++.

4 dari 6 halaman

Mengapa ada begitu banyak versi Visual C ++ Redistributable di PC?

Bukan kebetulan bahwa ada lebih dari satu versi Visual C++ Redistributable yang diinstal pada perangkatmu. Beberapa versi ini datang dengan Windows karena membantu OS bekerja dengan cara yang seharusnya. Versi spesifik dari Visual C ++ Redistributable bergantung pada edisi dan versi bit apa dari Windows yang kamu gunakan.

Misalnya, jika kamu memiliki versi Windows 64-bit, kamu akan melihat 64-bit dan 32-bit yang dapat didistribusikan. Namun, jika kamu memiliki versi OS Microsoft 32-bit, hanya tersedia 32-bit yang dapat didistribusikan. Ini berarti Windows versi 32-bit hanya dapat menjalankan aplikasi 32-bit.

Redistributables lain datang bersama dengan program khusus yang membutuhkan paket-paket itu untuk dapat menjalankan fungsinya pada perangkat berbasis Windows. Paling sering, redistributables tersebut diunduh dari Microsoft selama instalasi beberapa program. Dalam beberapa kasus, mereka dibundel dengan penginstal aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Poin lain adalah bahwa Microsoft secara teratur mengirimkan pembaruan redistributable, tanpa menyatukannya ke dalam paket yang lebih besar. Semua ini menghasilkan banyak versi Visual C++ Redistributable di perangkatmu.

5 dari 6 halaman

Bisakah Microsoft Visual C++ Redistributable dihapus?

Mungkin kamu merasa file Microsoft Visual C++ Redistributable terlalu banyak dan ingin manghapunya. Microsoft Visual C++ Redistributable bisa dihapus, namun sebaiknya pikirkan lagi untuk menghapusnya.

Kamu tidak pernah benar-benar tahu aplikasi mana yang diinstal bergantung pada masing-masing yang dapat didistribusikan. Saat kamu menghapus file Microsoft Visual C++, beberapa perangkat lunak di komputermu mungkin akan mengalami eror atau tidak bisa dibuka.

Menghapus Microsoft Visual C++ bisa menyebabkan program tidak berjalan dengan benar dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan masalah di-instalasi Windowsmu sendiri.

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi masalah pada Microsoft Visual C ++

Jika kamu mendapatkan eror pada Microsoft Visual C++ ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, kamu bisa mengambil beberapa langkah dasar. Pastikan bahwa Windows mendapatkan pembaruan terbaru. Jika pembaruan paket tersedia, ini mungkin bisa memecahkan masalah.

Kamu juga bisa mencoba memindai file sistem yang rusak di Windows. Tidak butuh waktu lama dan kamu bisa memulihkan file sistem yang telah rusak atau hilang. Jika langkah-langkah tersebut gagal menyelesaikan masalah, kamu dapat mencoba menghapus instalan Microsoft Visual C++ dan menginstal ulang versi yang dimaksud. Kamu kemudian dapat mengunduh dan menginstal versi terbaru dari Pusat Unduhan Microsoft.