Sukses

10 Manfaat Konsumsi Kismis untuk Kesehatan, Sehatkan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Kismis merupakan salah satu buah kering yang sangat populer. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Kismis kerap dijadikan topping pada roti, kue kering, salad, atau dijadikan camilan.

Kismis mudah dimakan dan ditambahkan ke makanan harian. Selain menambah rasa manis, anggur kering ini juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Kismis dibuat tanpa tambahan gula tetapi dikemas dengan serat, kalium, zat besi dan nutrisi penting lainnya.

Kismis adalah sumber nutrisi penting, mineral, dan energi yang baik dalam bentuk kalori dan gula. Kismis secara alami manis dan tinggi gula dan kalori, tetapi mereka bermanfaat bagi kesehatan jika dimakan dalam jumlah sedang. Faktanya, kismis dapat membantu pencernaan, meningkatkan kadar zat besi, dan menjaga tulang tetap kuat.

Berikut manfaat konsumsi kismis untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat kismis untuk kesehatan

Lancarkan pencernaan

Konsumsi kismis menjadi cara sederhana untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Kismis mengandung serat larut yang bermanfaat. Serat ini melancarkan tinja dan membantu melewati usus dengan lebih mudah.

Kismis memberikan efek pencahar ke perut dan membantu meringankan sembelit. Asupan harian kismis membuat pergerakan usus teratur dan serat membantu menjaga racun dan produk limbah keluar dari sistem. Serat juga membantu membuat kenyang lebih lama karena memperlambat pengosongan perut.

Cegah anemia

Manfaat kismis dapat berperan dalam mencegah anemia. Mereka mengandung banyak zat besi, tembaga, dan vitamin B-Kompleks yang penting untuk membuat sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi penting untuk membuat sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Seseorang perlu makan cukup zat besi untuk mencegah anemia kekurangan zat besi. Kehadiran tembaga dalam kismis juga membantu dalam produksi sel darah merah.

3 dari 6 halaman

Manfaat kismis untuk kesehatan

Kendalikan keasaman tubuh

Kismis mengandung sejumlah besar mineral bermanfaat, seperti besi, tembaga, magnesium, dan kalium. Ini adalah mineral alkali, atau basa, pada skala pH. Mineral ini dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman di perut. Efek ini membantu menghilangkan racun dari sistem, mencegah penyakit seperti radang sendi, asam urat, batu ginjal dan penyakit jantung.

Sehatkan jantung

Makan kismis secara teratur dapat membantu mengurangi faktor risiko kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi. Ini karena kismis adalah makanan rendah sodium yang juga mengandung sumber kalium yang baik, yang membantu pembuluh darah rileks.

Kismis juga mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari darah. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke. Serat dalam kismis juga berperan dalam kadar kolesterol. Serat makanan diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jenis LDL yang "buruk".

4 dari 6 halaman

Manfaat kismis untuk kesehatan

Cegah kanker

Antioksidan dalam kismis juga membantu mencegah kanker. Kismis mengandung katekin yang membantu melindungi tubuh terhadap aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker usus besar. Kismis juga mengandung fitonutrien polifenolik, yang dikenal sebagai antioksidan anti-inflamasi.

Sehatkan mata

Manfaat kismis mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel di mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari gangguan mata, seperti degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia. Kismis juga mengandung vitamin A, beta karoten, dan A-Karotenoid dan sangat baik untuk mata.

5 dari 6 halaman

Manfaat kismis untuk kesehatan

Sehatkan kulit

Kismis memberi energi tinggi dan rendah lemak. Ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Antioksidan dapat membantu menjaga sel-sel kulit tetap muda dan mencegah kerusakan akibat penuaan sel.

Kismis juga mengandung nutrisi berharga, seperti vitamin C, selenium, dan seng. Kombinasi nutrisi dan antioksidan ini dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit.

Turunkan gula darah

Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan ringan lainnya, makan kismis secara teratur dapat membantu menurunkan gula darah seseorang. Meskipun kismis mengandung jumlah gula yang lebih terkonsentrasi daripada buah segar, makanan ini masih aman dikonsumsi dalam jumlah sedang. Serat dalam kismis membantu memproses gula alami buah untuk mencegah peningkatan insulin secara tiba-tiba.

6 dari 6 halaman

Manfaat kismis untuk kesehatan

Kuatkan tulang

Kismis juga mengandung jumlah kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kismis adalah camilan yang baik untuk orang dewasa karena kalsium membantu mencegah perkembangan osteoporosis. Kismis juga mengandung boron dalam jumlah besar. Boron bekerja dengan vitamin D dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Ini juga berperan dalam mengobati osteoporosis.

Dukung kesehatan mulut

Sebuah studi tahun 2009 mencatat bahwa kismis mengandung phytochemical yang dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Fitokimia hadir dalam kismis, termasuk asam oleanolic, asam linoleat, dan asam linolenat. Nutrisi ini melawan bakteri di mulut yang menyebabkan gigi berlubang.

Manfaat kismis mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Karena mengandung kalsium dalam jumlah yang baik, kismis juga mencegah gigi keropos. Kandungan boron dalam kismis baik untuk menjaga agar kuman tak tinggal di mulut.