Sukses

10 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan, Sumber Mineral Penting

Liputan6.com, Jakarta Kacang arab atau chickpea merupakan jenis kacang yang banyak dikonsumsi di dunia. Kacang arab identik dengan oleh-oleh haji. Kacang ini biasanya dijadikan buah tangan saat pulang haji atau umrah. Kacang ini memang sudah dibudidayakan di Timur Tengah ribuan tahun lalu.

Kacang ini berbentuk bulat, berwarna krem dengan rasanya yang gurih dan bertepung. Seperti kacang-kacangan lainnya, kacang arab kaya akan serat dan protein. Kacang ini juga kaya akan vitamin B6 dan C, folat, mangan, dan magnesium.

Kacang yang padat nutrisi ini memberi manfaat baik bagi tubuh. Nutrisi ini juga dapat membantu mencegah sejumlah kondisi kesehatan. Kacang arab biasanya sudah tersedia dalam bentuk matang dan kering yang sudah dikemas. Kacang ini bisa dimakan langsung sebagai camilan atau dimasukkan ke dalam masakan.

Berikut manfaat kacang arab untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat kacang arab

Kontrol nafsu makan

Protein dan serat dalam kacang arab dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Protein dan serat bekerja secara sinergis untuk memperlambat pencernaan, yang membantu meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, protein dapat meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan dalam tubuh. Konsumsi kacang arab bisa secara otomatis menurunkan asupan kalori sepanjang hari.

Stabilkan gula darah

kacang arab memiliki beberapa sifat yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Pertama, kacang ini memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah yang merupakan penanda seberapa cepat gula darah naik setelah makan. Diet termasuk banyak makanan rendah glikemik telah terbukti meningkatkan manajemen gula darah.

Kedua, kacang arab merupakan sumber serat dan protein yang baik. Keduanya dikenal karena perannya dalam pengaturan gula darah.

Serat memperlambat penyerapan karbohidrat yang menjaga kadar gula darah secara stabil. Juga, makan makanan kaya protein dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat pada individu dengan diabetes tipe 2.

3 dari 6 halaman

Manfaat kacang arab

Kontrol tekanan darah

Kacang arab merupakan asupan kalium yang baik. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, para ahli merekomendasikan untuk membatasi asupan natrium tambahan dan meningkatkan asupan kalium.

Kacang arab juga membantu menurunkan kolesterol. Serat dalam kacang ini membantu mengurangi kolesterol jahat. Kolesterol tinggi dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sehatkan pencernaan

Kacang arab kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Serat dalam kacang arab sebagian merupakan serat larut.

Serat ini sangat baik untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Serat larut dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam usus dan mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri tidak sehat.

4 dari 6 halaman

Manfaat kacang arab

Cegah penyakit jantung

Kacang arab merupakan sumber besar eberapa mineral, seperti magnesium dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ini karena dua mineral ini membantu mencegah tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Selain itu, serat larut dalam kacang arab telah terbukti membantu mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol "jahat" LDL yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cegah kanker

Konsumsi kanker secara teratur daoat membantu mengurangi risiko terhadap jenis kanker tertentu. Kacang arab dapat meningkatkan produksi butyrate dalam tubuh. Butyrate merupakan asam lemak yang telah dipelajari karena potensinya untuk mengurangi peradangan pada sel-sel usus besar yang juga mengurangi risiko kanker usus besar.

Selain itu, kacang arab adalah sumber saponin yang merupakan senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Kacang arab juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dapat menurunkan risiko kanker, termasuk vitamin B, yang mungkin bertanggung jawab untuk mengurangi risiko kanker payudara dan paru-paru.

5 dari 6 halaman

Manfaat kacang arab

Sehatkan tulang

Zat besi, kalsium, dan nutrisi lain dalam kacang arab semuanya dapat berkontribusi pada struktur dan kekuatan tulang yang sehat. Kacang arab dapat berperan dalam mencegah osteoporosis. Mineral lain dalam buncis yang meningkatkan kesehatan tulang termasuk mangan, seng, vitamin K - dan semua ini membantu menjaga struktur tulang.

Sehatkan mental

Kacang arab juga mengandung kolin yang membantu fungsi otak dan sistem saraf. Kolin berperan dalam suasana hati, kontrol otot, pembelajaran, dan memori, serta metabolisme tubuh. Kacang ini juga mengandung selenium yang dapat mendukung kesehatan kognitif, termasuk memori dan berpikir.

6 dari 6 halaman

Manfaat kacang arab

Baik untuk ibu hamil

Kacang arab mengandung folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Semuanya merupakan nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin. Ini juga mengurangi risiko cacat tabung saraf dan berat lahir rendah.

Cegah anemia

Kacang arab juga mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mengirimkan oksigen ke sel-selnya, dan ini dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Gejalanya meliputi kelemahan dan kelelahan.

Zat besi dalam kacang arab membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kualitas darah. Kacang ini juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.