Sukses

10 Jenis Rumput Laut yang Bisa Dimakan, Lezat Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Jenis rumput laut yang bisa dimakan memiliki ragam bentuk. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina. Jenis rumput laut yang bisa dimakan terdiri dari ragam genus.

Jenis rumput laut yang cukup populer adalah nori yang berasal dari Jepang. Indonesia juga punya pembudidayaan rumput lautnya sendiri. Sejumlah jenis rumput laut yang bisa dimakan dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan jenis rumput laut yang bisa dimakan ini menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan ini biasanya dikeringkan dan diolah menjadi tambahan makanan. Jenis rumput laut yang bisa dimakan ini juga diolah menjadi tepung yang menjadi bahan dasar agar-agar. Rumput laut juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Ini bisa menjadikan rumput laut sebagai bahan makanan sehat yang kaya nutrisi.

Berikut 10 jenis rumput laut yang bisa dimakan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020).

2 dari 6 halaman

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Rumput Laut Jelly

Rumput laut jelly kerap ditemukan dalam campuran es buah dan es rumput laut. Rumput laut yang memiliki nama latin Eucheuma cottonii ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Rumput laut jelly biasanya berwarna coklat, merah, atau hijau. Bentuknya silindris atau pipih dengan cabang tidak beraturan.

Di Indonesia, budidaya E. cottonii terdapat di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Jawa Timur. Selain dimakan langsung, rumput laut ini juga diolah menjadi tepung, agar-agar, hingga bahan kosmetik.

Selada laut

Selada laut atau Ulva merupakan jenis rumput laut yang tersebar secara luas di sepanjang pantai lautan dunia. Masing-masing bilah daun selada laut dapat tumbuh hingga lebih dari 400 mm. Bentuk rumput laut ini menyerupai daun selada dengan warna hijau terang sampai tua.

3 dari 6 halaman

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Gelidium

Gelidium merupakan jenis rumput laut merah yang juga merupakan komoditas rumput laut di Indonesia yang banyak diekspor. Gelidium sp. memiliki panjang kurang lebih 20 cm dan lebar 1,5 mm. Thallusnya berwarna merah, coklat, hijau-coklat atau pirang.

Adapun sentra budidaya rumput laut Gelidium sp. terdapat di pesisir Kepulauan Seribu, Kepulauan Riau, Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua. Gelidium merupakan bahan utama pembuatan agar-agar.

Gracilaria

Gracilaria merupakan jenis rumput laut yang digunakan sebagai bahan pembuat agar-agar. Gracilaria Merupakan jenis rumput laut merah yang dapat dijumpai hampir di semua perairan tropik seperti Indonesia. Di Indonesia Gracilaria digunakan sebagai bahan baku pabrik agar-agar di dalam negeri dan juga merupakan komoditas ekspor.

4 dari 6 halaman

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Sargassum

Sargassum merupakan jenis rumput laut cokelat yang juga banyak ditemui di Indonesia. Ciri utama Sargassum sp. adalah bentuk talus silindris atau gepeng yang pipih. Sargassum diolah menjadi bahan baku agar-agar.

Sargassum juga mulai diteliti karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan dan mencegah sejumlah penyakit. Ini membuat Sargassum juga diolah sebagai suplemen.

Hypnea

Hypnea merupakan jeni rumput laut merah yang biasa diolah menjadi tepung dan agar-agar. Hypnea memiliki cabang yang lemah dan berwarna cokelat atau kehijauan. Sepanjang talus bisa dilihat terdapat rambut-rambut halus.

Rumput laut jenis ini biasa dimanfaatkan bagian karagenannya sebagai bahan baku industri. Perkembangbiakan tumbuhan rumput laut jenis ini dalam budidayanya biasanya diperbanyak dengan vegetatif buatan yaitu menggunakan stek thallus.

5 dari 6 halaman

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Nori

Nori merupakan jenis rumput laut yang bisa dimakan paling terkenal. Nori berasal dari jenis rumput laut Porphyra yang dikeringkan menjadi bentuk lembaran. Lembaran kering yang sudah jadi dibuat oleh proses penghancuran dan pengeringan di rak yang menyerupai pembuatan kertas.

Nori merupakan bahan makanan pokok di Jepang. Rumput laut ini biasa digunakan sebagai pembungkus sushi, onigiri, dan pendamping makanan lainnya.

Kombu

Kombu merupakan jenis rumput laut dari spesies Laminaria japonica. Rumput laut ini banyak dibudidayakan di kawasan Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Kombu berbentuk lembaran daun yang biasanya dikeringkan sebelum dijual dan dikonsumsi. Kombu biasa dimasak bersama sayur-sayuran, daging, atau dijadikan kaldu.

6 dari 6 halaman

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Wakame

Wakame adalah jenis rumput laut yang bisa dimakan yang telah dibudidayakan di Jepang dan Korea selama berabad-abad. Wakame memiliki nama ilmiah Undaria pinnatifida.

Daun Wakame berwarna hijau dan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang halus. Daunnya harus dipotong kecil-kecil karena akan mengembang saat dimasak. Selain membawa rasa dan tekstur yang unik untuk sup dan salad, wakame juga rendah kalori dan kaya nutrisi.

Dulse

Dulse merupakan jenis rumput laut merah dengan nama latin Palmaria palmata. Rumput laut ini biasa menempel pada batu dengan bentuk pipih memanjang dan berwarna merah. Rumput laut ini biasa dikeringkan dan dijadikan campuran sup atau bahan bumbu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mandra Dikaruniai Anak Laki-Laki di Usia 54 Tahun, Ini 5 Potret Sang Bayi
Artikel Selanjutnya
5 Potret Terbaru Haico Van der Veken dengan Gaya Rambut Berponi, Kian Menawan