Sukses

5 Cara Mencegah Kulit Wajah Keriput Saat Tidur, Hindari Kebiasaan Buruk

Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit wajah menjadi keriput.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah menjadi keriput memang akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, kulit wajah keriput dapat terjadi dalam usia dini akibat melakukan kebiasaan buruk. Salah satunya adalah saat tidur.

Kebiasaan tidur yang buruk dapat membuat kerutan yang nantinya akan berubah menjadi garis-garis halus dan membuat kulit wajah terlihat tua. Misalnya saja kebiasaan tidur tengkurap yang dapat menyebabkan wajah bergesekan dengan sarung bantal.

Selain itu, posisi tidur tersebut juga dapat membuat wajah menekan bantal dalam waktu lama. Apabila kebiasaan ini diteruskan, maka akan menyebabkan kulit menjadi kusut dan menimbulkan lipatan pada wajah. Akibatnya elastisitas pada kulit bisa hilang.

Bukan hanya tidur tengkurap, ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang perlu kamu hindari untuk mencegah wajah keriput saat tidur. Berikut kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan saat tidur untuk mencegahnya yang telah Liptan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pastikan Wajah Bersih Sebelum Tidur

Cara mencegah kulit keriput saat tidur pertama dengan membersihkan wajah dari polesan makeup. Pastikan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur untuk menghapus tumpukan minyak, kotoran, keringat, dan makeup.

Tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat menjadikan pori-pori tersumbat akibat sisa debu dan kotoran. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur untuk mencegah sel kulit baru timbul ke permukaan.

3 dari 6 halaman

Tidak Menjadikan Tangan Sebagai Bantal

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur dengan menggunakan tangan sebagai bantal. Kebiasaan ini secara tidak langsung dapat menimbulkan tekanan pada kulit hingga menyebabkan wajah keriput. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan tangan sebagai bantal saat tidur.

4 dari 6 halaman

Rutin Mengganti Sarung Bantal

Kebiasaan buruk saat tidur lainnya yang dapat menyebabkan wajah keriput adalah tidak mengganti sarung bantal secara rutin. Mengganti sarung bantal dengan bahan yang lebih lembut dapat mencegah wajah menjadi keriput.

Kamu dapat menjadikan bahan kain satin atau sutra untuk sarung bantal. Kedua bahan kain ini akan membantu mencegah lipatan atau kerutan pada kulit. Kedua bahan tersebut memungkinkan kulit tidak banyak mengalami gesekan, sehingga mengurangi kerutan pada kulit.

5 dari 6 halaman

Hindari Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap atau menyamping menandakan kamu memberikan tekanan konsisten pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan ini akan menghasilkan keriput tidur yang tidak diinginkan.

Kamu bisa menyiasatinya dengan tidur telentang. Posisi tidur ini tidak akan memberikan tekanan apa pun pada wajah. Memang, posisi tidur telentang kurang nyaman. Namun, kamu bisa melatihnya dengan menempatkan bantal tambahan di bawah lutut untuk menjaga posisi tersebut selama tidur.

Letakkan bantal besar di satu sisi tubuh dan konsentrasikan berat tubuh kamu di sisi tersebut sebanyak yang kamu bisa. Gunakan bantal ini sebagai penopang bahu dan sebagian dada. Kemudian letakkan kaki dan pinggul di atas bantal tersebut.

Posisi ini akan membuat kepala kamu sedikit menjauhi bantal tidur dan membuang banyak tekanan dari wajah.

6 dari 6 halaman

Gunakan Krim Malam dan Konsumsi Vitamin

Cara mencegah wajah keriput saat tidur lainnya dengan menggunakan krim malam dan mengonsumsi vitamin sebelum tidur. Pelembap wajah yang dirancang khusus untuk digunakan saat malam dapat membantu kulit meremajakan diri dan memperbaiki kerusakan.

Pilihlah produk krim malam yang mengandung hyaluronic acid yang dapat membantu mengenyalkan dan mengencangkan kulit dan retinol untuk meremajakan kulit dengan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah timbulnya keriput.

Selain itu, kamu juga bisa mengimbangi dengan konsumsi vitamin A, C, B komoleks, dan E untuk membantu memastikan penampilan kulit yang sehat, segar, dan tampak muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini