Sukses

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Cara Mengolah yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat terong untuk kesehatan dipengaruhi oleh nutrisi yang dimilikinya. Sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi orang Indonesia, kamu bisa mendapatkan manfaat terong untuk kesehatan secara maksimal dengan pengolahan yang tepat. 

Terong yang identik dengan warna ungu sebenarnya juga memiliki beragam warna, seperti hijau, hitam dan merah. Namun, terong yang paling banyak dikenal dan dikonsumsi yaitu yang memiliki bentuk bulat memanjang (lonjong) berwarna ungu.

Manfaat terong untuk kesehatan tentunya sayang untuk dilewatkan. Apalgi dengan harga yang cukup murah dan mudah didapatkan. Dari 80 gram terong mentah terdapat 20 kalori, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat,  asam folat, kalium, vitamin C, Vitamin K, zat besi dan magnesium.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020) tentang manfaat terong untuk kesehatan

2 dari 7 halaman

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat terong untuk kesehatan yang pertama adalah dapat melawan radikal bebas. Terong kaya antioksidan yang bisa membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut penelitian, kandungan antioksidan di dalam terong bisa membantu mencegah sejumlah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Manfaat terong untuk kesehatan yang berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini didapatkan dari sebuah penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa buah terong yang dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Hal ini juga berkaitan dengan salah satu manfaat antioksidan yang terdapat dalam terong bagi tubuh yaitu menekan risiko penyakit jantung. Dengan begitu, risiko gangguan jantung juga akan berkurang.

4 dari 7 halaman

Mencegah Kanker Kulit

Selain itu, manfaat terong untuk kesehatan juga dapat mencegah kanker. Hal ini tentunya bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Namun, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu berapa banyak kamu bisa mengonsumsi terong.

Terong mengandung beberapa zat yang bisa melawan sel kanker, salah satunya solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Dari sebuah penelitan terungkap bahwa zat ini terbukti efektif untuk melawan kanker kulit.

5 dari 7 halaman

Mencegah Diabetes

Manfaat terong juga bagus untuk mencegah diabetes. Terong mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Di samping itu, terong juga bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Dengan kandungan serat tersebut, terong bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat terong selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai teman diet. Terong termasuk makanan rendah kalori dan kaya kandungan serat, sehingga dapat dimasukkan ke dalam menu untuk menurunkan berat badan. Terong dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

7 dari 7 halaman

Cara Mengolah Terong yang Sehat

Sebenarnya ada banyak acara memasak terong agar mendapatkan nutrisinya secara maksimal. Salah satunya, kamu bisa menerapkan salah satu resep memasak terong panggang dengan bumbu timur tengah.

Terong panggang dengan bumbu timur tengah ini dari segi nutrisi mengandung 64 kalori, 4 gram lemak, 8 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Berikut cara mengolah terong yang sehat, resep terong panggang bumbu timur tengah:

Bahan:

- 1 buah terong yang dipotong bulat

- ¼ sendok teh ketumbar

- ¼ sendok teh jintan

- Lada hitam seperlunya

- 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

- Potong-potong terong sesuai yang diinginkan

- Taburkan irisan kerumbar, jintan, garam, dan merica di atas terong yang sudah dipotong-potong.

- Setelah itu, campurkan adonan tersebut dengan sedikit minyak zaitun

- Lalu, diamkan selama 5 hingga 10 menit.

- Panggang dengan api yang sedang selama sekitar 4 menit pada setiap sisi.

- Terong goreng bumbu tumor tengan siap disajikan.

Walaupun banyak cara mengolah terong yang sehat untuk kesehatan, naum kamu sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.