Sukses

10 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Bercabang, Penuhi Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Rambut bercabang merupakan masalah umum pada rambut. Rambut yang bercabang menandakan rambut yang rapuh dan tidak sehat. Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan usang. Hampir setiap orang akan berurusan dengan ujung bercabang.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh cuaca ekstrem, teknik perawatan rambut seperti pengeringan, pelurusan, dan pengeritingan. Penggunaan produk kimia seperti cat rambut juga bisa menyebabkan rambut bercabang.

Rambut bercabang bisa memberi tampilan rambut yang kering, kusam, dan rapuh. Kondisi ini bisa terus berulang jika tak teratasi. Jika rambut bercabang semakin banyak, solusi terakhir adalah memotongnya. Namun, kondisi ini bisa dicegah dengan perawatan rambut yang tepat.

Sebelum makin parah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan dan mampu melembapkan rambut. Berikut bahan alami untuk rambut bercabang dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Jumat (21/2/2020).

2 dari 6 halaman

Bahan alami untuk rambut bercabang

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab yang ampuh untuk mengatasi rambut kering. Minyak ini mengandung asam lemak rantai menengah yang memungkinkannya untuk menembus rambut dengan mudah. Minyak kelapa melembabkan serta menutrisi rambut dan sangat bagus untuk mengatasi ujung rambut bercabang.

Ambil sedikit minyak kelapa di telapak tangan dan oleskan ke rambut dari akar sampai ke ujungnya. Jepit rambut dan tutup dengan shower cap. Biarkan semalaman. Di pagi hari, keramasi rambut untuk menghilangkan minyak berlebih.

Minyak jarak

Minyak jarak memiliki berat molekul rendah dan dapat menembus batang rambut. Ini memperbaiki dan merehidrasi rambut, mengurangi kulit kepala yang gatal, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan merawat rambut bercabang.

Encerkan dua hingga empat sendok teh minyak jarak dengan dua sendok teh minyak kelapa. Ambil satu sendok teh campuran di telapak tangan. Gosokkan kedua telapak tangan, lalu aplikasikan ke rambut, mulai dari akar sampai ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

3 dari 6 halaman

Bahan alami untuk rambut bercabang

Madu

Madu membantu mempertahankan dan mengatur kelembapan di rambut. Masker rambut madu membantu mencegah ujung rambut bercabang dengan memperkuat folikel rambut dan memberikan hidrasi serta nutrisi pada rambut.

Campur 2-4 sendok teh madu organik, 1 sendok teh santan, dan 3 sendok teh susu murni. Oleskan campuran ke rambut dari akar sampai ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

Pepaya

Pepaya adalah obat alami yang memberi nutrisi mendalam pada rambut. Campuran pepaya, minyak almond, dan yogurt membantu mencegah kulit kepala kering dan gatal, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan kesehatan rambut, sehingga mengurangi risiko ujung bercabang.

Siapkan ½ cangkir pepaya yangtelah dihaluskan, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan campuran pepaya ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

4 dari 6 halaman

Bahan alami untuk rambut bercabang

Pisang

Pisang adalah kondisioner alami yang sangat baik untuk melembapkan rambut. Masker rambut pisang membantu meningkatkan elastisitas rambut, sehingga mencegah kerusakan. Masker ini kaya akan minyak, antioksidan, mineral, dan vitamin yang membantu melembutkan rambut.

Campur 1 pisang matang dan 2 sendok makan santan. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, mineral, dan fitonutrien lain yang membantu mempertahankan kelembaban di rambut dan mencegah kerusakan rambut lebih lanjut. Nutrisi ini membantu menutrisi rambut dan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Hancurkan setengah alpukat dalam mangkuk. Tambahkan 3 sendok teh minyak almond. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

5 dari 6 halaman

Bahan alami untuk rambut bercabang

Air lemon

Air lemon adalah pembersih yang sangat baik dan kondisioner alami. Ini membantu mencegah kerusakan helai rambut. Vitamin C-nya membantu melindungi rambut dari kerusakan. Campurkan dua sendok teh air lemon dengan satu liter air. Setelah keramas, berikan bilas terakhir dengan air lemon.

Lakukan ini setiap kali mencuci rambut. Gunakan dengan hati-hati agar tidak mengiritasi mata.

Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan rambut, menambah volume rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari atau panas.

Campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

6 dari 6 halaman

Bahan alami untuk rambut bercabang

Cuka apel

Air mawar Cuka sari apel menghaluskan kutikula rambut, sehingga mencegah kering dan kerusakan helai rambut. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dan 500 ml air dalam mangkuk. Setelah keramas, cuci rambut dengan cuka sari apel yang diencerkan. Lakukan ini 2 kali seminggu.

Air mawar

Air mawar adalah zat ringan yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan ketombe. Efek ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi ujung rambut bercabang.

Campurkan 4 sendok teh air mawar, 1 sendok teh perasan jeruk nipis,1 sendok teh madu, dan 8 sendok teh air. Oleskan campuran ke rambut hingga merata. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.