Sukses

5 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan, Jaga Kebugaran

Liputan6.com, Jakarta Manfaat senam aerobik sangat baik untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh dan pikiran. Senam aerobik sendiri adalah rangkaian gerakan yang mengaktifkan otot-otot tubuh. Jika dilakukan secara teratur dan konsisten, aktivitas ini dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk mental. 

Sebenarnya, semua aktivitas yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori dalam memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung bisa disebut sebagai olahraga aerobik. Namun di Indonesia, aerobik identik dengan senam.

Manfaat senam aerobik untuk kesehatan dapat meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung. Memang tujuan latihan aerobik atau kardio sendiri adalah untuk meningkatkan denyut jantung selama durasi waktu tertentu. Semakin banyak oksigen yang masuk, maka tubuh menjadi semakin sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (22/2/2020) tentang manfaat senam aerobik untuk kesehatan

2 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat senam aerobic yang paling utama tentunya untuk kesehatan jantung. Tubuh akan merespons gerakan senam aerobik yang kamu lakukan dengan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas lebih panjang dan dalam sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung.

Peningkatan ini akan membuat pembuluh darah melebar dan tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan gas buangan, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Jantung juga akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru dengan lebih baik. Senam aerobik juga dapat menguatkan jantung dan paru-paru dengan cara meningkatkan aliran darah pada kedua organ tersebut.

Selain itu, manfaat senam aerobik juga baik untuk sirkulasi darah. Senam aerobik dapat meningkatkan efisiensi sirkulasi darah serta mengurangi tekanan darah. Tidak hanya itu, melakukannya dengan rutin juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sel ini berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh serta membawa karbondioksida dari jaringan ke paru-paru.

3 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan

Manfaat senam aerobik yang pertama adalah untuk menjaga berat badan. Olahraga aerobik merupakan salah satu olahraga paling efektif dalam menjaga berat badan tubuh. Olahraga aerobik rutin dapat meningkatkan detak jantung dan menambah energi tubuh.

Bila dilakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, maka jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak. Diimbangi dengan pola makan sehat, maka berat badan bisa lebih terjaga dan kamu tidak akan mudah gemuk.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Stres dan Rasa Cemas

Manfaat senan aerobic berikutnya adalah dapat mengurangi stres dan cemas. Dilansir dari fitandme.com, olahraga aerobik sederhana bisa bantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Saat melakukan olahraga aerobik seperti senam, otak akan mengeluarkan senyawa yang disebut dopamin. Dari pelepasan dopamin tersebut, akan tercipta perasaan bahagia. Membuat pikiran terasa lebih rileks.

Aeorobik juga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami, membuat hati gembira dan meningkatkan mood.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Berbahaya

Selain itu, senam aerobik juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit berbahaya. Serangan jantung, stroke, dan gangguan jantung lainnya bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Diabetes, penyakit pernapasan, dan gangguan sendi bisa disebabkan oleh kegemukan.

Olahraga aerobik seperti senam dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah dan berat badan tubuh. Dengan begitu, senam aerobik bisa menjadi salah satu jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Seperti yang kita tahu, kalori jika tidak digunakan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Senam aerobik bisa bantu membakar kalori yang pada akhirnya membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

Kamu bisa menerapkan berbagai gerakan senam aerobik sederhana di rumah seperti Rocket Jump, Squat Jumpu, Squat, hingga Burpee yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya kamu menerapkan senam aerobik dengan instruktur yag berpengalaman.  

 

Loading