Sukses

6 Jenis Paket Pengiriman JNE yang Sering Digunakan, Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis paket pengiriman JNE bisa dipilih dengan mempertimbangkan harga dan waktu sampai

Liputan6.com, Jakarta Jenis paket pengiriman JNE sebagai jasa ekspedisi semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dengan maraknya aktivitas belanja online saat ini, menjadi peluang yang besar juga bagi jasa pengiriman untuk menawarkan layanannya. 

Pengiriman paket memang dibutuhkan banyak orang. Tidak hanya saat belanja online, untuk anak rantau pun kiriman paket menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Entah itu paket barang maupun makanan.

Jenis paket pengiriman ekspedisi menggunakan JNE bisa dipilih dengan mempertimbangkan harga dan waktu sampai. Tentunya kamu harus mempertimbangkan berat barang hingga tujuan pengiriman juga supaya biaya pengiriman dengan jasa ekspedisi tidak terlalu mahal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari JNE Express, Sabtu (22/2/2020) tentang jenis paket pengiriman JNE

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

YES dan REG

YES (Yakin Esok Sampai)

Jenis paket pengiriman JNE yang pertama adalah layanan YES atau Yakin Esok Sampai. YES adalah layanan dengan waktu sampai di tujuan keesokan hari (termasuk Minggu dan hari libur nasional).Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman YES ini:

- Berlaku waktu batas maksimum (cut off time) pengiriman.

- Penyampaian ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat.

- Berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan.

- Garansi uang kembali (money back guarantee) apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE.

- Kamu dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill number melalui website JNE.

REG (Reguler)

Jenis paket pengiriman JNE berikutnya adalah paket REG atau Reguler. Paket Reguler adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu sampai kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman REG ini:

- Tidak melayani pengiriman di hari minggu dan libur nasional.

- Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

- Kamu dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill number melalui website JNE

3 dari 4 halaman

OKE dan SS

OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

OKE adalah salah satu jenis paket pengiriman JNE yang merupakan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu sampai kiriman lebih lama dari Service REGULER. Tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman OKE ini:

- Tidak melayani pengiriman di hari sabtu, minggu dan libur nasional

- Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

- Mulai 1 Oktober 2017, pengiriman menggunakan service JNE OKE tidak berlaku untuk pengiriman dalam kota. 

SUPER SPEED (SS)

Jenis paket pengiriman SS adalah layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati.

Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman SS ini:

- Layanan SS tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat maupun udara. Khusus transportasi udara adalah yang memiliki jadwal penerbangan langsung (direct flight) ke tujuan.

- Service Level Agreement (SLA) layanan SS adalah maksimum 24 jam sejak transaksi/paket dijemput kurir.

- Pada kondisi tertentu estimasi pengiriman dapat melampaui 24 jam apabila ada permintaan khusus (special instruction) dari pelanggan.

- Berlaku garansi uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam atau melampaui permintaan khusus (special instruction).

- Pengirim akan menerima pemberitahuan keberhasilan pengiriman paket melalui ponsel ke nomor ponsel pengirim yang tercantum pada resi.

4 dari 4 halaman

Diplomat dan JTR

Diplomat

Jenis paket pengiriman DIPLOMAT adalah layanan pengiriman barang dan dokumen bernilai tinggi yang dibawa langsung oleh petugas JNE (hand carry) dengan mengutamakan kepastian, keamanan dan kecepatan kiriman mulai dari penjemputan hingga di tangan penerima. Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman DIPLOMAT ini:

- Pilihan moda transportasi dapat melalui udara, darat, ataupun laut, dengan menyesuaikan jadwal yang tersedia.

- Biaya pengiriman disesuaikan dengan transportasi dan biaya-biaya lain yang menyertai proses pengiriman.

- Berlaku garansi uang kembali (money back guarantee) apabila penyampaian tidak sesuai dengan kesepakatan pada saat awal pengiriman.

- Hubungi contact center atau cabang JNE terdekat untuk mengetahui jadwal dan estimasi waktu pengiriman.

JNE Trucking (JTR)

Jenis paket pengiriman JNE Trucking atau JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Berikut beberapa ketentuan jenis paket pengiriman JTR ini:

- Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg.

- Berlaku juga untuk pengiriman motor.

- Berlaku untuk pengiriman nasional.

- Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

Itulah beberapa jenis paket pengiriman JNE yang bisa kamu pilih. Selain itu, masih ada lagi berbagai jenis paket pengiriman JNE lainnya yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.