Sukses

Gilang Dirga dan Istri Dituding Lakukan Aborsi, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Presenter sekaligus komedian Gilang Dirga baru-baru ini menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, pria kelahiran 17 Agustus 1989 ini dituduh melakukan aborsi pada kandungan sang istri. Hal ini dikarenakan adanya kelainan irama jantung pada janin yang tengah dikandung oleh sang istri, Adiezty Fersa.

Tak terima dituding melakukan aborsi karena keadaan sang anak yang saat itu masih ada dalam kandungan, Gilang Dirga pun membuat klarifikasi. Ia  menyebutkan jika berbagai usaha telah dilakukan. Bahkan, tak hanya mendatangi dokter saja, akan tetapi pasangan yang menikah pada 18 September 2016 ini juga berkonsultasi pada professor jantung terkait dengan keadaan sang janin.

Gilang Dirga pun meluapkan emosinya kepada netizen yang menuding jika ia dan sang istri dengan sengaja memilih untuk mengugurkan janin yang tengah dikandung.

" MAKASIH UNTUK KAU YANG UDAH SEDIH BUAT ANAKKU! TAPI JANGAN PIKIR KAU PALING SEMPURNA DAN SUDAH PALING BETUL DALAM MELANGKAH DI DUNIA INI! KAU ORANG LAIN SEDIH GIMANA AKU BAPAKNYA WOI! JANGAN SOK BERSIMPATI TANPA TAU DETAILNYA KAYAK APA! KAU PIKIR AKU GA PUNYA HATI APA?" tulis Gilang Dirga di akun Instagram pribadinya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (23/2/2020) berikut ini beberapa fakta terkait keputusan Gilang Dirga dan sang istri yang merelakan sang janin karena mengalami kelainan irama jantung (aritma).

2 dari 6 halaman

1. Dua kali alami keguguran

Gilang Dirga dan sang istri, Adiezty Fersa sebelumnya telah dua kali mengalami keguguran. Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube Tya Ariestya, ITIKK Family, Adiezty menjelaskan soal kehamilan sebelumnya.

Pada kehamilan pertamanya, ia menjelaskan bahwa kehamilannya mengalami pembuahan tidak sempurna dan berakibat janinnya tidak berkembang di minggu ke 11. Dirinya dan sang suami baru mengetahui hal tersebut saat tengah menjalani pemeriksaan rutin pada minggu ke 12.

3 dari 6 halaman

2. Sempat dilema karena kelainan irama jantung pada janin

Pada 2018 Gilang Dirga pun mendapati sang istri kembali hamil. Namun, di kahamilan kedua inilah, sang janin mengalami kelainan irama jantung. Keduanya pun mengetahui hal tersebut saat menjalani pemeriksaan rutin.

Mengetahui jika sang calon bayi mengalami kelainan jantung bawaan membuat pasangan selebritis dilema. Pasalnya, Gilang Dirga pun harus memilih untuk meneruskan kehamilan sang istri dengan resiko yang ada bagi si janin serta sang istri, atau melahirkan secara dini.

4 dari 6 halaman

3. Konsultasi dengan 5 dokter dan seorang professor

Saat kehamilan Adiezty memasuki usia 5 bulan, pasangan selebritis ini pun memutuskan untuk konsultasi. Pasalnya, pemeriksaan tersebut bisa dilakukan saat janin berusia 5 bulan.

Tak tanggung-tanggung, Gilang Dirga dan sang istri melakukan pemeriksaan dengan lima dokter serta seorang professor jantung. Adanya kelainan jantung bawaan pada jantung janin juga dikonfirmasi oleh sang professor jantung.

5 dari 6 halaman

4. Putuskan induksi persalinan dini

Keputusan berat pun diambil oleh Gilang Dirga dan Adizty, keduanya memilih untuk induksi persalinan pada usia kandungan lima bulan. Bahkan, dikutip Liputan6.com dari channel YouTube ITIKK Family yang diunggah pada Selasa (18/2/2020), Gilang Dirga sempat mengucapkan salam perpisanan kepada sang anak yang masih berada di dalam kandungan tersebut.

Perasaan kehilangan dan trauma pun sempat menyelimuti pasangan selebritis ini. Bahkan, Gilang Dirga juga mengunggah momen kenangan saat sang istri hamil anak pertamanya tersebut di akun Instagram pribadinya. Selain itu, pria yang juga dikenal sebagai standuper ini sempat menjelaskan jika sang istri baru bisa berziarah ke makan sang anak yang diberi nama Ace Dirga setelah 5 bulan kepergiannya.

6 dari 6 halaman

5. Jalani program bayi tabung

Meski sempat dua kali mengalami keguguran, Gilang Dirga dan Adiezty Fersa masih berupaya untuk mendapatkan keturunan. Kini, keduanya tengah menjalani program bayi tabung dan berharap jika program tersebut bisa berhasil agar keinginannya memiliki momongan bisa terwujud.

Gilang Dirga pun membenarkan jika ia dang sang istri telah menjalani beberapa tahap program bayi tabung.

"Ya mudah-mudahan prosesnya berjalan dengan lancar, mudah-mudahan akan menjadi bayi yang sehat, bayi yang kuat juga, ya mudah-mudahan keinginan kita untuk bisa segera memiliki momongan akan segera tercapai," Ujar Gilang Dirga saat ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020).

Ia pun meminta doa serta dukungan kepada masyarakat dan keluarga serta para sahabat agar program bayi tabung yang tengah dilakukan bersama sang istri bisa berhasil.

"Makanya untuk yang ketiga ini gue berdoa sekali dan minta doanya juga untuk semua mudah-mudahan diberi kelancaran. Di sini gue pribadi dengan segala kerendahan hati meminta doa dan dukungan dari teman-teman semua supaya bisa men-support kita dari segi moril, untuk bisa berjuang mendapatkan buah hati melalui proses bayi tabung," lanjutnya.

Loading