Sukses

6 Jenis Pisang yang Baik untuk Diet, Perhatikan Cara Konsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Jenis pisang yang baik untuk diet ada beraneka ragam dan mudah ditemukan. Diet pisang dilakukan dengan mengonsumsi buah pisang pada waktu dan jumlah tertentu dengan tujuan untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu perlu mengenal jenis pisang yang baik untuk diet dan cara melakukan diet pisang yang tepat. Diet pisang pada intinya adalah mendorong kamu untuk mengonsumsi buah pisang saat pagi hari, serta mengurangi porsi makan di siang dan malam hari.

Hal ini dikarenakan pisang merupakan salah satu buah dengan serat tinggi dan rendah kalori. Menjalankan diet pisang, bukan berarti kamu hanya mengonsumsi pisang dalam seharian penuh. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan lain, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut jenis pisang yang baik untuk diet serta cara melakukannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/2/2020).

2 dari 4 halaman

Fakta Pisang Baik dan Aman untuk Diet

Apabila dibandingkan dengan buah-buah lainnya, pisang termasuk buah yang sangat manis sehingga membuatnya jadi buah dengan kandungan gula tinggi yang secara otomatis juga membuatnya tinggi kalori. Namun, banyak yang menyarankan untuk makan buah pisang saat diet.

Satu buah pisang mengandung sekitar 27 gram, karbohidrat dan 14 gram gula. Paling tidak ada 105 kalori dalam satu buah pisang. Apalagi gula dalam pisang berbentuk fruktosa, merupakan jenis gula sederhana yang mudah dicerna dan bisa meningkatkan kadar gula darah dan menguras insulin.

Alasan pisang baik untuk diet karena pisang memiliki gula alami, bukan gula buatan dan olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. Ditambah lagi kandungan nutrisi lain seperti kalium, serat, vitamin C dan B serta antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dalam pisang menjadikannya buah yang cocok dimasukkan dalam menu diet.

Menurut Ahli Gizi Beth Warren, R.D.N., dalam Women’s Health, dikatakan bahwa serat dalam buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan. Hasil penelitian oleh peneliti University of Massachusetts Medical School, mengungkapkan makan serat 30 gam per hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Pada satu buah pisang mengandung 3,1 gram serat, dengan kata lain makan pisang bisa menyumbang peran menurunkan berat badan. Itulah alasan buah pisang baik untuk diet. Namun, penting untuk memperhatikan porsinya dan tidak lebih dari 3 buah per hari. Kamu perlu mengimbangi dengan konsumsi protein sehingga tidak melonjakkan kadar gula darah.

3 dari 4 halaman

Jenis Pisang yang Baik untuk Diet

Pisang Mas

Pisang Mas merupakan satu dari diantara jenis pisang yang baik untuk diet. Jenis pisang dengan ukuran kecil ini sangat mudah ditemui dan dikenali. Pisang Mas sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin diet atau menurunkan berat badan.

Mengonsumsi Pisang Mas, kamu akan mendapatkan segudang nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin B2, serta mineral. Kamu bisa mengonsumsi Pisang Mas dalam berbagai cara seperti salad bahkan dimakan langsung juga tetap nikmat.

Pisang Cavendish

Jenis pisang yang baik untuk diet berikutnya adalah Pisang Cavendish. Pisang ini memiliki aroma dan bentuk yang khas. Pisang ini memiliki bentuk lonjong dan ramping. Pisang Cavendish memiliki daging buah yang tebal, berwarna putih kekuningan dengan teksturya yang sangat lembut dan manis.

Tak heran, kalau jenis pisang ini banyak dijadikan pilihan untuk diet. Pisang Cavendish memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Pisang Kepok

Jenis pisang yang baik untuk diet lainnya adalah Pisang Kepok. Jenis pisang ini sangat mudah didapatkan. Jenis pisang ini sangat cocok untuk diet, karena rendah lemak dan gula.

Selain baik untuk diet, Pisang Kepok juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B di dalam pisang kepok yang mampu membantu memperlancar proses metabolisme tubuh.

Pisang Ambon

Pisang Ambon merupakan jenis pisang yang memiliki rasa manis. Walaupun terbilang mahal, jenis pisang ini rupanya cocok dijadikan sebagai menu diet. Hal ini dikarenakan Pisang Ambon memiliki nutrisi yang lengkap serta dapat mengenyangkan perut dalam waktu yang cukup lama. Selain kaya nutrisi, Pisang Ambon juga rendah kalori, sehingga baik untuk kamu yang diet.

Pisang Belitung

Pisang Belitung memiliki ukuran daging buah yang cukup besar, sehingga bagi kamu yang ingin diet, bisa konsumsi buah pisang untuk mendapatkan rasa kenyang lebih lama.

Pisang Raja Bulu

Jenis pisang yang baik untuk diet lainnya adalah Pisang Raja Bulu. Di dalam pisang ini mengandung banyak vitamin serta zat-zat penting bagi tubuh seperti magnesium dan mangan.

Mengonsumsi satu buah Pisang Raja Bulu dan segelas susu, maka kamu akan merasakan nikmat dan kenyang.

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Diet Pisang yang Tepat

Konsumsi Pisang saat Sarapan

Melakukan diet pisang bukan berarti kamu hanya makan pisang seharian penuh. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan lainnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti makan pisang saat sarapan.

Menerapkan diet pisang saat sarapan bisa membantu kamu tetap kenyang dan membakar banyak kalori. Cara melakukannya dengan hanya mengonsumsi buah pisang segar dan air putih saat sarapan.

Jika tidak suka pisang, kamu bisa menggantinya dengan jenis buah lainnya, seperti apel. Apabila kamu masih merasa lapar setelah mengonsumsi pisang, maka tunggu sekitar 15-30 menit sebelum mengonsumsi makanan lain.

Makan Siang dan Makan Malam Secukupnya

Tidak ada aturan yang ketat untuk makan siang dan malam pada metode diet pisang. Kamu boleh mengonsumsi makanan apa saja yang diinginkan, dengan syarat tidak boleh berlebihan dan harus berhenti makan sebelum kenyang.

Konsumsi Camilan di Sore Hari

Mengonsumsi makanan ringan masih boleh dilakukan, yaitu satu kali setiap harinya dan biasanya pada sore hari. Pemilihan jenis makanan ringannya bebas. Kamu juga masih diperbolehkan mengonsumsi makanan manis, termasuk permen. Meski begitu, hindari konsumsi es krim, susu, dan produk olahan susu seperti keju, yogurt selama menjalani diet pisang.

Istirahat yang Cukup

Bukan hanya berfokus pada pola makan.  Menjalani diet pisang juga perlu mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini sangat penting, karena jika kurang tidur kamu cenderung akan makan lebih banyak. Risiko untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat dalam jumlah berlebihan juga akan semakin besar.

Namun, perlu diingat bahwa saat ingin menurunkan berat badan dengan metode diet pisang atau metode diet lainnya, kamu juga perlu mencukupi asupan cairan dan rutin berolahraga. Bila perlu, konsultasilah dengan dokter mengenai cara menurunkan berat badan yang paling sesuai dengan kondisi kamu.