Sukses

10 Manfaat Daun Cincau bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Selain dijadikan minuman segar, daun cincau memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Daun cincau merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat semacam agar-agar yang bernama cincau. Bentuk cincau berupa gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Biasanya tanaman cincau tumbuh liar di halaman, sehingga tidak sulit menemukan daun cincau ini. Tanaman ini memiliki empat jenis, yaitu cincau hitam, cincau hijau, cincau minyak, dan cincau perdu. Di antara semuanya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun cincau memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain diolah menjadi minuman menyegarkan, manfaat daun cincau juga berpotensi dalam pengobatan beberapa masalah kesehatan. Manfaat daun cincau didapat dari adanya kandungan karbohidrat, lemak, protein, dan senyawa-senyawa lainnya seperti polifenol dan flavonoid.

Daun cincau juga mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran ada segudang manfaat daun cincau yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

Berikut manfaat daun cincau untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mencegah Kanker dan Mengobati Malaria

Mencegah Kanker

Penyebab kanker salah satunya adalah radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas, kamu perlu mencukupi tubuh dengan antioksidan. Manfaat daun cincau memiliki kandungan alkoloid dan isokondrodendrin. Kedua zat tersebut mampu mencegah terjadinya kanker dan tumor ganas.

Mengobati Malaria

Malaria merupakan penyakit umum yang ditemukan di daerah tropis. Penyakit malaria memang cukup sulit untuk diobati. Namun, mengonsumsi cincau bisa membantu meringankan gejalanya.

3 dari 6 halaman

Mengobati Kembung dan Mengurangi Risiko Diabetes

Mengobati Kembung

Sistem pencernaan yang kurang sehat dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya perut kembung. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini berguna untuk mencegah gangguan kesehatan sistem pencernaan seperti perut kembung.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat daun cincau berikutnya dapat mengurangi risiko diabetes. Olahan daun cincau dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam aliran darah. Gula sederhana yang terkandung dalam cincau tidak menyebabkan lonjakan beberapa senyawa saat dikonsumsi.

 

4 dari 6 halaman

Mengobati Diare dan Menjaga Kesehatan Mata

Mengobati Diare

Manfaat daun cinau untuk kesehatan berikutnya dapat mengobati diare. Mengonsumsi olahan daun cincau dapat membantu menghilangkan sakit perut dan membersihkan bakteri dari sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun cincau untuk kesehatan lainnya dapat menjaga kesehatan mata. Terutama untuk mengatasi kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi degenerasi macula.

Manfaat daun cincau ini didapat karena di dalamnya mengandung senyawa-senyawa tertentu yang dapat membantu melawan degenerasi macula dan membuat tubuh selalu sehat di usia lanjut.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mengatasi Hipertensi

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara meningkatkan kekebalan tubuh secara alami yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Senyawa antioksidan sangat penting untuk memastikan tubuh kamu memiliki kekebalan tubuh yang dapat membunuh radikal bebas dan beberapa infeksi virus. Bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah daun cincau.

Mengatasi Hipertensi

Senyawa tetandrin berguna untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar.

Sistem sirkulasi darah yang lancar akan mengatasi tekanan darah tinggi agar kembali normal. Untuk mengobati tekanan darah tinggi ini kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau sebanyak tiga kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Mengobati Keracunan Makanan Laut dan Mengobati Demam

Mengobati Keracunan Makanan Laut

Di balik manfaat makanan laut untuk kesehatan tubuh, ternyata ada beberapa orang yang tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan laut atau seafood. Beberapa di antaranya akan keracunan ketika mengonsumsi satu atau semua jenis makanan laut.

Tak perlu cemas, untuk mengatasi keracunan makanan laut, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau. Hal ini dikarenakan cincau memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu orang keracunan makanan laut.

Mengobati Demam

Manfaat daun cincau mengandung sopanin dan antioksidan yang dapat meringankan demam. Cara menggunakannya cukup ambil daun cincau secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Peraslah dengan air matang dan minum air perasannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.