Sukses

8 Cara Mengatasi Nyeri Lutut Secara Alami, Jangan Sembarangan

Liputan6.com, Jakarta Nyeri lutut merupakan salah satu nyeri sendi yang sering dialami. Nyeri lutut bisa terjadi karena berbagai faktor. Nyeri lutut yang tidak ditangani bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan cara mengatasi nyeri lutut.

Sendi lutut merupakan bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri. Hal ini terjadi karena sendi lutut merupakan sendi yang menopang hampir seluruh berat badan seseorang. Berjalan, berlari, melompat, naik turun tangga, tidak lepas dari bantuan sendi lutut.

Perawatan nyeri lutut tidak bisa sembarangan. Terlebih jika kondisinya cukup parah, maka penanganan dengan medis merupakan jalan tempuh yang terbaik. Sebaliknya, apabila penyebab nyeri lutut masih termasuk ringan dan tidak terlalu bahaya, kamu bisa memulihkan kembali fungsi lutut dengan menggunakan bahan alami rumahan.

Beberapa cara alami dapat membantu mengatasi nyeri lutut yang kamu alami. Berikut cara mengatasi nyeri lutut secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020).

2 dari 9 halaman

Kompres Dingin dan Panas

Cara meredakan nyeri lutut pertama kamu bisa kompres panas maupun dingin. Kompres panas maupun dingin dapat mengurangi gejala nyeri lutut. Kamu bisa menyesuaikan jenis kompres dengan kondisi sakit yang dirasakan.

Misalnya, terdapat peradangan maka sebaiknya menghindari kompres panas. Hal ini dapat memperburuk kondisi. Kompres panas cocok untuk sakit kronik seperti arthritis. Sedangkan kompres dingin cocok untuk cedera karena olahraga.

3 dari 9 halaman

Menggunakan Metode RICE

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan metode RICE. Ini merupakan metode Rest (istirahat), Ice (kompres es), Compress (membalut lutut), dan Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri). Metode ini baik untuk nyer lutut yang disebabkan oleh cedera ringan atau radang sendi.

4 dari 9 halaman

Pijat dengan Minyak Esensial

Pijat merupakan cara yang baik untuk meredakan rasa sakit di lutut dan sendi. Menggunakan minyak esensial untuk memijat lutut bisa menjadikan kondisinya mereda.

Menurut penelitian, minyak esensial jahe dan jeruk sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri lutut. Cara ini bisa menghilangkan rasa kaku dan mengurangi rasa sakit di bagian tersebut.

5 dari 9 halaman

Rendam dengan Air Garam

Cara mengatasi nyeri lutut secara alami selanjutnya dengan merendam tubuh dengan air garam. Gunakan garam Epsom, karena memiliki kandungan magnesium dan sulfat di dalamnya yang bermanfaat meredakan sakit.

Merendam tubuh dengan air garam Epsom dapat meredakan bengkak serta mengurangi rasa sakitnya. Kamu bisa mencampur garam Epsom dengan air biasa, dan berendam selama 30 menit.

 

6 dari 9 halaman

Minum Cuka Apel

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa cuka apel memiliki kandungan anti-peradangan yang dapat membantu meringankan sakit kronis seperti arthritis. Cuka apel dapat membantu mengisi kembali lubrikasi di persendian yang bisa mengurangi rasa sakit dan memudahkan kaki bergerak. Kamu bisa mencampur setengah cangkir cuka apel dengan air, kemudian minumlah setiap hari sebelum tidur.

7 dari 9 halaman

Minum Air Kunyit

Cara mengatasi nyeri lutut selanjutnya dengan konsumsi air kunyit. Kunyit memiliki kandungan kukumin di dalamnya yang bermanfaat untuk melawan peradangan. Kandungan ini membantu mengatasi gejala nyeri sendi dan peradangan.

Cara membuatnya, cukup campurkan jahe dan kunyit dalam segelas air dan rebus selama 12 hingga 15 menit. Minum setiap hari untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

8 dari 9 halaman

Minum Sari Jahe

Cara meredakan nyeri lutut selanjutnya dengan menggunakan minyak, sari, atau jahe mentah. Jahe memiliki kandungan gingerol yang merupakan tanaman anti-peradangan alami. Untuk merasakan manfaat jahe untuk nyeri lutut, kamu bisa mengonsumsi air sari jahe sebanyak dua kali dalam sehari.

9 dari 9 halaman

Pijat dengan Pasta Cabe Rawit

Cabe memiliki komponen aktif bernama capsaicin yang dapat berguna untuk meredakan rasa sakit alami. Cara menggunakannya, campurkan satu sendok cabe rawit dengan dua sendok minyak zaitu menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada bagian lutut yang sakit dan pijat dengan lembut.