Sukses

12 Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih, Sehat dan Menyegarkan

Jamu kunyit asam sirih punya manfaat menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jamu kunyit asam sirih sudah lama digunakan sebagai minuman herbal. Jamu telah dikonsumsi sebagai minuman tradisional di Indonesia. Beragam jamu dan manfaatnya bisa ditemukan dengan mudah.

Salah satu jamu yang kerap dikonsumsi adalah jamu kunyit asam sirih. Jamu ini dikenal dengan rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan. Belum banyak yang tahu manfaat jamu kunyit asam sirih. Padahal, manfaat jamu kunyit asam sirih dapat memberi efek baik bagi tubuh. Manfaat jamu kunyit asam sirih ini didapat dari kandungan nutrisi di dalamnya.

Manfaat jamu kunyit asam sirih dapat dikonsumsi secara aman dalam jumlah yang wajar. Kunyit mengandung kurukumin yang memiliki sifat biologis yang kuat. Sementara asam dan sirih memiliki senyawa herbal yang menyehatkan tubuh.

Manfaat jamu kunyit asam sirih bisa didapat dengan mudah bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut 12 manfaat jamu kunyit asam sirih yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Detoksifikasi tubuh

Manfaat jamu kunyit asam sirih yang pertama adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Kunyit, asam, dan sirih memiliki sifat detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun penyebab berbagai macam penyakit. Kunyit dan asam juga mampu mendukung fungsi hati agar terhindari dari keruksakan racun.

Sehatkan pencernaan

Kunyit, asam, dan sirih dapat menyehatkan pencernaan. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam kunyit mampu menjaga fungsi pencernaan. Selain itu, asam jawa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit. Daun sirih diketahui dapat meningkatkan produksi lendir yang melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit.

3 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Cegah peradangan

Manfaat jamu kunyit asam sirih selanjutnya adalah mencegah peradangan. Pedangan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja seperti pencernaan, pernapasan, atau organ penting lainnya. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki peran anti peradangan yang hebat. Curcumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler.

Sehatkan jantung

kunyit, asam, dan sirih kaya akan antioksidan. Antioksidan mampu menjaga kesehatan jantung dari efek radikal bebas. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah. Asam jawa dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis dan mengurangi tekanan darah. Sementara kurkumin dalam kunyit mengurangi peradangan dan oksidasi yang menyebabkan penyakit jantung.

4 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Kontrol diabetes

Antioksidan dalam kunyit asam, dan sirih juga mampu mengontrol gula darah. Sifat anti pada ketiga bahan ini mampu mencegah peradangan yang menyebabkan kenaikan gula darah. Kurkumin dalam kunyit juga mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta komplikasi terkait diabetes lainnya.

Cegah penuaan

Jamu kunyit asam sirih juga bermanfaat untuk kecantikan. Antioksidan yang tinggi dalam kunyit, asam, dan sirih membantu memperlambat proses penuaan dini. Daun sirih juga mampu mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV, pemakaian kosmetik dan jerawat.

5 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Anti-jamur, anti-virus dan anti-bakteri

kunyit, asam, dan sirih juga mengandung senyawa enti jamur, anti virus dan anti bakteri. Ini bermanfaat untuk mecegah infeksi yang disebabkan jamur, virus, atau bakteri. Asam jawa mengandung senyawa lupeol yang dikaitkan dengan efek anti-bakteri. Daun sirih juga memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Sementara kunyit juga membantu mengatasi infeksi jamur dan bakeri.

Atasi stres

Kurkumin dalam kunyit dapat mengatasi stres dan depresi. Ada juga beberapa bukti bahwa curcumin dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin yang dapat meningkatkan mood. Rasa segar jamu ini dapat menenangkan tubuh dan menghilangkan stres yang menganggu.

6 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Tingkatkan energi

Manfaat jamu kunyit asam sirih selanjutnya adalah untuk menambah stamina dan energi. Minum jamu kunyit asam sirih juga mampu meningkatkan energi pada tubuh. Rasa segar pada jamu ini dapat membuat tubuh lebih fokus dan bertenaga. Jamu ini mampu mengatasi lemas dan lelah setelah seharian beraktivitas.

Atasi nyeri haid

Manfaat jamu kunyit asam sirih biasa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid. Kunyit berguna sebagai pereda nyeri, terutama saat haid. Kunyit dapat mempermudah untuk peluruhan dinding rahim sehingga kamu tidak akan merasakan nyeri yang berlebih. Kandungan kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu mengurangi kontraksi.

7 dari 7 halaman

Manfaat jamu kunyit asam sirih

Kontrol berat badan

Minum jamu kunyit asam sirih mampu melancarkan metabolisme tubuh. metabolisme yang lancar membantu mendukung kontrol berat badan yang sehat. Asam jawa mampu mencegah obesitas sementara kunyit mampu mengontrol nafsu makan yang teratur, mencegah makan berlebihan.

Atasi bau badan

Sifat anti-bakteri yang dimiliki jamu ini juga membantu mengatasi bau badan. Bau badan disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar terkait dengan kelenjar apokrin. Zat klavikula dan estradiol dalam jamu ini akan membuat bau badan berkurang serta mengontrol hormon dan kelenjar keringat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini