Sukses

7 Manfaat Jamur Shitake untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Serius

Liputan6.com, Jakarta Jamur shitake merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijadikan campuran dalam masakan Jepang. Bukan hanya sebatas penambah cita rasa, jamur shitake juga bisa membuat masakan merasakan manfaat jamur shitake untuk kesehatan. 

Jamur shitake sangat mudah ditemukan, baik dalam bentuk segar maupun yang dikeringkan. Jamur ini bahkan terdapat di dalam beberapa suplemen kesehatan. Berbagai studi telah menemukan ragam manfaat jamur shitake untuk kesehatan. Namun, bukan berarti kamu dapat menjadikan tanaman ini sebagai pengganti obat yang diberikan oleh dokter.

Bisa dikatakan jamur shitake hanya bertugas sebagai pelengkap saja. Apabila kamu ingin merasakan manfaat jamur shitake untuk kesehatan, kamu bisa menjadikannya sebagai menu makan sehari-hari. Pastikan untuk tetap memperhatikan porsi saat mengonsumsinya agar kamu bisa merasakan manfaat jamur shitake tanpa efek sampinya.

Berikut manfaat jamur shitake untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020).

2 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat jamur shitake untuk kesehatan pertama dapat menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini telah dibuktikan lewat penelitian pada hewan dengan hasil bahwa jamur shitake mengandung senyawa eritadenine, sterol, dan beta glucan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Pada studi menggunakan tikus ini, mengonsumsi jamur shitake juga dapat mencegah tekanan darah tinggi. Penemuan ini menunjukkan potensi jamur shitake untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

3 dari 8 halaman

Bantu Mengambat Pertumbuhan Tumor

Manfaat jamur shitake berikutnya dapat menghambat pertumbuhan tumor. Jenis jamur ini ternyata memiliki senyawa yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Jenis jamur ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menurunkan peradangan.

Jamur ini pun mengandung zat polisakarida bernama lentinan, yang diduga dapat menghambat pertumbuhan tumor.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Kolesterol

Eritadenine yang ditemukan pada jamur shitake telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol darah. Departemen Ilmu Bioresource di Universitas Obihiro Pertanian dan Kedokteran Hewan yang diterbitkan dalam Biologi dan Kedokteran Eksperimental pada sebuah studi tahun 2001 menemukan bahwa Eritadenine dalam jamur shitake membantu meningkatkan kadar kolesterol dalam tinja yang nantinya dapat mengurangi kadar kolesterol darah.

5 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Osteoporosis

Jamur merupakan satu-satunya sumber vitamin D yang berasal dari tumbuhan. Oleh karena itu, vegetarian bisa mengonsumsi jamur ini secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Vitamin D diperlukan untuk menunjang kesehatan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

6 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Kulit, Rambut, Mata dan Hati

Manfaat jamur shitake berikutnya dapat menjaga kesehatan kulit, rambut, mata dan hati. Manfaat ini didapat karena jamur shitake kaya akan vitamin B, khususnya B5 yang diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Misalnya, membentuk sel darah merah, membentuk kolesterol dan hormon tertentu, juga memecah lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi. Mencukupi tubuh dengan vitamin B5 dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati.

Selain itu, kandungan tembaga dalam 4 jamur shitake kering sudah mencukupi hampir 40 persen dari kebutuhan harian tubuh. Mineral ini diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, kesehatan saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Jamur shitake juga banyak mengandung selenium yang diperlukan tubuh untuk mendukung fungsi kognitif, sistem imunitas yang kuat, metabolisme hormon tiroid, serta kesuburan.

7 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jamur shitake mengandung kalori yang rendah, sehingga membuat jamur shitake sangat baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat di dalam jamur ini juga dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, dan juga membantu mengurangi rasa lapar.

8 dari 8 halaman

Tinggi Antioksidan

Antioksidan berguna membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker. Jamur shitake telah ditemukan mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Pada penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society 2005 di Washington DC, sebuah tim peneliti Amerika mengungkapkan bahwa jamur shitake mengandung konsentrasi L-ergothioneine yang lebih tinggi daripada salah satu dari dua sumber makanan yang sebelumnya diyakini mengandung paling banyak senyawa ini, yaitu hati ayam dan gandum.

Selanjutnya ditemukan bahwa ketika dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, jamur shitake memiliki lebih tinggi senyawa L-ergothioneine.

Loading