Sukses

10 Tempat Wisata di Kalimantan Barat, Mulai Alam hingga Peninggalan Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kalimantan Barat yang paling terkenal adalah Tugu Khatulistiwa. Hal ini dikarenakan provinsi ini menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Wilayah di Kalimantan Barat yang dilewati garis khatulistiwa adalah Kota Pontianak.

Berkat salah satu keunikannya ini, tempat wisata di Kalimantan Barat banyak dicari. Selain itu, Kalimantan Barat juga dinobatkan memiliki sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas. Masih ada tempat wisata di Kalimantan Barat yang terkenal dan menakjubkan.

Tempat wisata di Kalimantan Barat lainnya dilengkapi dengan wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata lainnya. Bagi kamu yang penasaran dengan Provinsi Kalimantan Barat ini, kamu perlu mengetahui tempat wisata di Kalimantan Barat.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Kalimantan Barat yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020). 

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Barat Terbaik

Tugu Khatulistiwa

Berkunjung ke Kalimantan Barat kurang pas rasanya jika tidak menyambangi Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata di Pontianak ini berada sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Pontianak.

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menjadi ikon Kota Pontianak ini tak pernah sepi pengunjung. Kalau datang pada waktu yang tepat, kamu dapat menyaksikan peristiwa menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari. Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa.

Peristiwa titik kulminasi matahari terjadi dua kali dalam setahun. Kamu bisa datang untuk menyaksikan fenomena alam ini antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi acara tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan domestik dan luar negeri.

Taman Alun Kapuas

Tempat wisata di Kalimantan Barat berikutnya adalah Taman Alun Kapuas. Tempat wisata ini terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor wali kota Pontianak. Terletak di lokasi strategis menjadikan Taman Alun Kapuas bisa dikunjungi dari arah mana saja.

Taman Alun Kapuas menjadi salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak. Di tempat ini terdapat air mancur yang sangat indah ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat. Akses menuju Taman Alun Kapuas sangatlah mudah karena terletak di jantung Kota Pontianak.

Di sini kamu bisa memandangi keindahan Sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasi sungai. Sambil bersantai, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Pontianak yang dijajakan disekitar taman.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Barat

Museum Provinsi Kalimantan Barat

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum Provinsi Kalimantan Barat. Museum ini berlokasi di Jalan Jenderal Achmad Yani, Kota Pontianak.

Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bernilai historis yang ada di Provinsi Kalimantan Barat salah satunya peninggalan sejarah dari peradaban beberapa jenis suku bangsa yang ada di Kalimantan Barat, seperti Suku Melayu, Suku Dayak, dan Suku Tionghoa.

Terdapat Ruang Pameran Tetap yang dibagi atas tiga ruangan, yaitu Ruang Pengenalan, Ruang Budaya Kalimantan Barat dan Ruang Keramik. Museum buka pada Selasa-Minggu 08.00-14.00, Jumat 08.00-11.00 dan 12.30-14.00 dan tutup pada hari Senin dan libur nasional. Tiket masuk ke museum ini sangat terjangkau yaitu Rp 1.000.

Rumah Radakng

Rumah Radankng merupakan sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Rumah Radakng atau bisa disebut dengan longhouse merupakan satu di antara ciri khas Provinsi Kalimantan Barat. Di Pontianak kamu dapat menjumpai Rumah Radakng sebagai destinasi wisata di Komplek Perkampungan Budaya di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak, berdampingan dengan Rumah Melayu Kota Pontianak.

Rumah Radakng di Pontianak ini dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Pasalnya rumah adat ini memiliki tinggi 7 meter dengan panjang bangunan 138 meter.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Barat Terpopuler

Bukit Kelam

Bukit Kelam merupakan salah satu ikon wisata di Sintang Kalimantan Barat. Bukit Kelam menawarkan pemandangan eksotis dari puncak bukit. Hamparan luas Kota Sintang dan hutan terlihat semakin indah dari atas bukit ini. Bukit Kelam kabarnya diklaim sebagai batu monolit terbesar di dunia.

Kendawangan

Tempat wisata di Kalimantan Barat berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kendawangan. Sebelum menjadi tempat wisata, dulunya adalah bekas pertambangan.

Hamparan luas berbukit bekas tambang bauksit di daerah Silingan, Kedawangan, Kalimantan Barat ini kini menjadi salah satu spot terbaik yang untuk berswaforo. Kawasan ini memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dari gurun-gurun di Mesir.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Barat

Pulau Randayan

Tempat wisata di Kalimantan Barat bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Randayan. Pulau Randayan merupakan pulau sepi yang memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih, lengkap dengan pemandangan eksotis bak pulau pribadi.

Untuk berkunjung ke pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu dari dermaga pantai pasir panjang dengan waktu sekitar 2 jam. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat banyak. Mulai dari villa, café restoran, yang sangat memanjakan ketika liburan ke pulau ini. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati keindahan pulau bersama keluarga dan teman-teman, Pulau Randayan adalah pilihan yang snagat tepat.

Sinka Island Park

Tempat wisata di Kalimantan Barat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Sinka Island Park. Tempat wisata di Singkawang ini merupakan taman yang terdapat di pulau terkecil di dunia, yaitu Pulau Simping.

Pulau ini hanya memiliki bebatuan dan beberapa pohon. Selain itu, ada juga jembatan yang menghubungkan ke pulau ini. Di tempat wisata ini juga terdapat lokasi yang cocok untuk kamu yang suka memancing.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Barat

Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk berada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara yang berjarak sekitar 20 menit dari pusat Kota Singkawang. Bukan hanya menikmati keindahan alam, tapi kamu juga bisa sambil belajar.

Tapi karena lokasi wisata ini terletak di gang kecil, maka untuk ke tempat ini kamu harus menggunakan motor. Sedangkan untuk masuk ke tempat wisata ini kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Ada banyak fasilitas yang dapat digunakan di wisata Hutan Mangrove Setapuk ini, salah satunya adalah kapal motor yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai.

Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam terletak di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Singkawang ini wajib kamu kunjungi ketika berada di sini. Dari ketinggian ini, kamu bisa melihat keindahan dan sejukanya Kota Singkawang dan juga bisa menikmati keindahan beberapa pantai di Singkawang dari ketinggian lewat bukit ini.

Untuk bisa sampai ke puncak ini, kamu perlu menaiki beberapa tangga. Namun jangan khawatir karena selama perjalanan menuju puncak bukit akan disambut dengan beberapa patung binatang dan keindahan alam di sekitar bukit.