Sukses

10 Manfaat Kacang Tolo untuk Kesehatan, Lezat dan Bergizi

Liputan6.com, Jakarta Kacang tolo merupakan satu dari jenis kacang yang kaya akan nutrisi. Kacang yang juga kerap disebut kacang otok dan kacang tunggak ini berukuran kecil mirip kedelai dengan warna krem, merah, atau cokelat dengan bintik hitam menyerupai mata di tengahnya.

Kacang ini biasa diolah sebagai camilan yang sudah digoreng atau disangrai. Kacang tolo juga kerap menjadi tambahan dalam olahan sayur. Kacang tolo padat nutrisi, mengemas banyak serat dan protein. Kacang ini juga merupakan sumber yang baik untuk beberapa mikronutrien penting, termasuk folat, tembaga, tiamin, dan besi.

Kacang tolo juga dikenal sebagai sumber polifenol, senyawa yang bertindak sebagai antioksidan pencegah radikal bebas. Nutrisi penting yang dikandung kacang tolo membuat kacang ini menawarkan manfaat kesehatan menarik.

Berikut 10 manfaat kacang tolo yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Bantu turunkan berat badan

Karena kandungan protein dan serat larut, kacang tolo dapat membantu proses penurunan berat badan. Protein, khususnya, telah terbukti mengurangi kadar ghrelin, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang perasaan lapar.

Sementara itu, serat larut adalah jenis serat yang membentuk konsistensi seperti gel dan bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan yang membantu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Konsumsi kacang tolo akan menurunkan risiko peningkatan lemak perut dan obesitas.

Lancarkan pencernaan

Kacang tolo adalah sumber serat larut yang bagus untuk sembelit. Konsumsi kacang ini bisa melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat membantu mencegah gangguan pencernaan, seperti refluks asam, wasir, dan mag.

Serat larut yang ditemukan dalam kacang tolo dan tanaman lain juga dapat bertindak sebagai prebiotik, merangsang pertumbuhan bakteri bermanfaat dalam usus untuk membantu menumbuhkan mikrobioma sehat.

3 dari 6 halaman

Manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Sehatkan jantung

Konsumsi kacang tolo dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Flavonoid metabolit sekunder yang terdapat dalam kacang tolo juga sangat efektif dalam mengobati berbagai masalah kardiovaskular. Konsumsi kacang ini dapat mengontrol kadar kolesterol, trigliserida dan tekanan darah yang berguna untuk kesehatan jantung.

Kontrol kolesterol

Dalam satu ulasan dari 10 penelitian, asupan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah. Indeks glikemik kacang tolo juga cukup rendah dibandingkan banyak makanan lainnya. Makanan rendah glikemik sangat bermanfaat bagi penurunan kolesterol. Kacang ini juga mengandung senyawa steroid yang disebut pitosterol. Ini sangat efektif dalam menjaga kadar kolesterol standar dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Cegah radikal bebas

Kacang tolo sarat akan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C. Radikal bebas seringkali menjadi penyebab kanker dan penyakit kronis lainnya. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada tingkat sel dan menghambat proses metabolisme.

Sehatkan kulit

Kandungan protein tinggi kacang tolo juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi kacang tolo mempercepat proses perbaikan kulit dan membantu menjaganya tetap sehat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kacang tolo kaya akan antioksidan.

Vitamin A dan vitamin C dapat mencegah sel-sel kulit dari kerusakan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan gejala penuaan seperti keriput, flek, dan wajah kusam.

5 dari 6 halaman

Manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Atasi masalah tidur

Kacang tolo mengandung triptofan yang dapat membantu tubuh rileks dan meningkatkan pola tidur yang lebih baik. Kacang ini juga mengandung magnesium yang menenangkan tubuh dan pikiran untuk membantu tidur. Makan malam dengan menu kacang tolo dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Kontrol gula darah

Serat larut dalam kacang tolo dapat mengatur kadar gula darah yang menurunkan risiko diabetes. Kacang ini juga rendah kalori dan tinggi protein yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu, magnesium dalam kacang tolo sangat penting untuk membantu tubuh dengan metabolisme karbohidrat untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

Makan kacang tunggak secara teratur direkomendasikan bagi pasien yang menderita diabetes untuk mengelola gejalanya dan mengatur insulin dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Cegah anemia

Kacang tolo juga kaya akan zat besi yang penting untuk penderita anemia. kekurangan zat besi dalam tubuh menyebabkan kelemahan, sakit kepala, kelelahan, dan fungsi metabolisme yang semuanya merupakan gejala anemia defisiensi besi. Tingginya kadar zat besi yang ditemukan dalam kacang tolo merupakan cara yang sangat baik untuk melawan gejala anemia. Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah.

Detoksifikasi tubuh

Konsumsi kacang tolo dapat memberi efek detoksikasi bagi tubuh untuk menghilangkan racun. Efek ini didapat dari kandungan antioksidan kacang tolo yang menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat pencernaan dari kacang ini membantu mengatur pergerakan usus untuk meringankan tubuh dari racun. Vitamin C dan A yang ditemukan dalam kacang tolo dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.