Sukses

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam bunga mawar dengan batang merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam budidaya tanaman ini. Mawar merupakan bunga yang paling banyak disukai orang. Bunga yang melambangkan cinta ini banyak ditanam sebagai penghias rumah.

Ada beberapa cara untuk mengembangkan mawar. Cara menanam bunga mawar dengan batang kerap kali dipilih untuk menanam bunga ini. Cara menanam bunga mawar dengan batang ini juga sering disebut dengan stek batang.

Cara menanam bunga mawar dengan batang harus dilakukan dengan benar. Cara menanam bunga mawar dengan batang ini juga memerlukan perawatan berkala agar mawar bisa berkembang dengan baik. Cara menanam bunga mawar dengan batang yang benar adalah dengan memilih batang, media tanam, dan waktu yang tepat.

Berikut cara menanam bunga mawar dengan batang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020).

2 dari 8 halaman

Memilih batang yang baik

Cara menanam bunga mawar dengan batang yang pertama adalah dengan memilih batang yang tepat. Batang yang lunak yang diambil dari pertumbuhan baru dan segar lebih mungkin untuk berakar dengan sukses.

Hindari batang yang terdapat dengan bunga atau kuncup. Mawar yang sangat mekar menempatkan sebagian besar energinya ke dalam produksi bunga, alih-alih pengembangan akar. Ini membuat akar akan sulit tumbuh. Jadi jika kamu ingin melakukan stek batang dengan mawar yang mekar, pastikan untuk memotong bunga serta tunas bunga.

3 dari 8 halaman

Potong batang dari pohon mawar

Potong batang kayu sepanjang 12 inci, dengan potongan batang pada sudut 45 derajat. Gunakan pisau atau pemotong yang tajam dan steril. Setelah dipotong, tempatkan batang langsung ke toples atau wadah berisi air agar batang tetap segar.

Buang semua daun kecuali dua lembar daun teratas pada barang. Memotong kelebihan daun juga membantu mengalihkan energi ke produksi akar. Namun, batang juga perlu terus berfotosintesis dan memberi makan dirinya sendiri sampai akar baru terbentuk, sehingga sepasang daun perlu dipertahankan.

4 dari 8 halaman

Siapkan Batang untuk Rooting

Gunakan pemangkas tajam untuk membuat potongan baru di bagian bawah batang, tepat di bawah simpul batang (benjolan di mana biasanya pertumbuhan baru terbentuk). Gunakan pemangkas untuk memotong bagian bawah batang sekitar 1/4 inci, membelah batang menjadi empat bagian yang terbuka.

Celupkan bagian bawah potongan ke dalam bubuk hormon penumbuh akar. Penggunaan hormon penumbuh akar ini bersifat opsional. Namun, hormon penumbuh akar ini akan memacu tanaman untuk mengembangkan akar baru. Hormon rooting datang dalam bentuk bubuk, cair, atau gel. Bentuk bubuk direkomendasikan untuk mawar. Basahi sedikit ujung potongan mawar, lalu celupkan ke dalam hormon rooting bubuk.

5 dari 8 halaman

Menanam batang

Lokasi penanaman untuk menanam mawar dari setek harus di mana mereka akan mendapatkan paparan yang baik dari matahari pagi, namun terlindung dari matahari sore yang panas.

Tanam potongan di nampan atau wadah yang diisi setidaknya 6 inci dengan media tanam. Tusuk lubang di media pot, lalu masukkan batangnya, berhati-hatilah agar tidak menghilangkan hormon rooting. Perlahan-lahan kencangkan tanah di sekitar batang, lalu sirami dengan baik.

6 dari 8 halaman

Menutup batang

Tutup potongan batang, pot dan semuanya, dengan kantong plastik atau bungkus plastik, dan jaga agar tanah tetap lembab. Pastikan plastik tidak menyentuh batang atau daun. Plastik yang menyentuh daun dapat menyebabkannya tetap basah, yang dapat menyebabkan penyakit jamur.

Plastik juga perlu sedikit ventilasi agar kondensasi bisa keluar. Jika kantong terlalu tertutup rapat, batang akan mungkin membusuk. Jaga kelembapan tanah sampai akar mulai terbentuk, yang biasanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu.

Anda bisa memeriksa akarnya dengan menarik batang dengan lembut, jika ada perlawanan, kemungkinan akar mulai tumbuh. Siram secara berkala hingga tunas dan daun baru tumbuh.

7 dari 8 halaman

Cara menanam bunga mawar dengan batang menggunakan kentang

Selain menggunakan media tanah untuk menanam mawar, Anda juga bisa menggunakan kentang. Umbi kentang dinilain mampu mempercepat pertumbuhan akar pada stek batang. Kandungan air di dalamnya bisa menyokong akar agar tumbuh kuat. Berikut cara menanam bunga mawar dengan batang menggunakan kentang:

1. Pilih kentang dengan kadar air lebih tinggi seperti kentang putih atau kentang merah.

2. Siapkan potongan batang mawar sama seperti cara sebelumnya.

3. Siapkan kentang dengan membuat lubang bundar di tengah menggunakan obeng atau mungkin mata bor, yang sedikit lebih kecil dari diameter batang mawar.

4. Masukkan potongan yang sudah disiapkan ke dalam kentang, tetapi jangan mendorongnya sampai habis. Anda bisa mencelupkan batang terlebih dahulu ke hormon pertumbuhan akar.

5. Setelah selesai, semprotkan air secara berkala hingga batang membentuk tunas baru.

6. Tanam batang yang telah bertunas beserta kentangnya ke media tanam tanah. Tanam kentang di tanah dengan setidaknya 3 inci tanah yang bagus untuk menutupinya.

8 dari 8 halaman

Tips menanam mawar dengan batang

1. Lakukan proses menanam bunga mawar dengan batang pada pagi hari. Ini membuat batang yang akan ditanam masih tetap segar dan tidak terpengaruh oleh sengatan matahari.

2. Gunakan pemotong yang steril untuk memotong batang. Untuk mensterilkan pemotong, gunakan alkohol.

3. Tanah di lokasi penanaman harus digarap dengan baik, tanah gembur dengan drainase yang baik.