Sukses

5 Cara Membersihkan Sisik Ikan yang Keras, Anti Ribet

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang membersihkan sisik ikan merupakan sesuatu yang sulit. Pasalnya tidak semua sisik ikan memiliki tekstur yang lunak. sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan.

Sisik ikan yang keras cenderung sulit dibersihkan. Hal inilah yang membuat orang mencari cara membersihkan sisik ikan yang keras. Langkah-langkah untuk membersihkan sisik ikan ini tidaklah sulit.

Dengan mengetahui cara membersihkan sisik ikan membuat kamu bisa tetap mengolah ikan menjadi masakan lezat. Selain sisik yang keras, bau amis ikan juga menjadi masalah saat ingin memasak ikan.

Sisik ikan yang keras dan bau amis memang terdapat di beberapa jenis ikan, sehingga menuntut kamu untuk membersihkan ikan dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan sajian yang lezat. Berikut cara membersihkan sisik ikan yang keras yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020).

2 dari 6 halaman

Pilih Ikan Segar

Cara membersihkan sisi ikan pertama dengan memilih ikan yang segar. Ketika membeli ikan, pastikan untuk membeli ikan yang masih segar. Hal ini dikarenakan ikan yang masih segar dan berkualitas baik lebih mudah dibersihkan. Selain itu, rasa daging ikan yang masih segar juga enak dan gurih.

3 dari 6 halaman

Rendam di Air Garam

Cara membersihkan sisik ikan yang keras dengan merendamnya terlebih dahulu. Rendam ikan dengan yang ingin dibersihkan di dalam air garam yang diberi air perasan jeruk nipis.

Gunakan air hangat untuk merendam ikan yang ingin dibersihkan sisiknya. Merendam ikan di air garam hangat ini akan memudahkan membersihkan sisik ikan. Cara membersihkan sisik ikan ini juga dapat mengurangi bau amis.

4 dari 6 halaman

Letakkan di Atas Talenan Kayu

Cara membersihkan sisik ikan setelah direndam adalah dengan meniriskan dan meletakkannya di atas telenan kayu. Menempatkannya di atas telenan kayu akan memudahkan membersihkan sisik ikan. Hal ini dikarenakan telenan kayu tidak mudah membuat ikan bergeser atau berubah posisi selama dibersihkan.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Posisi Pisau

Cara membersihkan sisik ikan selanjutnya dengan memperhatikan posisi pisau. Posisikan pisau miring ketika ingin membersihkan sisik ikan dengan mudah. Gunakan tangan kiri untuk memegang perut ikan kemudian tangan kanan memegang pisau untuk membersihkan sisik ikan.

6 dari 6 halaman

Cuci di Bawah Air Mengalir

Setelah sisik ikan sudah bersih, cuci ikan di bawah air mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam perut ikan. Untuk mengurangi bau amis pada ikan, kamu bisa balurkan ikan dengan air jeruk nipis setelah dicuci lalu dicuci ulang kembali.

Loading