Sukses

12 Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah anggur didapat karena tingginya kandungan nutrisi di dalamnya. Buah anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh. Ada beragam jenis buah anggur dan di setiap varietas buah anggur memiliki nilai gizinya masing-masing.

Kandungan nutrisi buah anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula. Kandungan nutrisi inilah yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, 10 persen kandungan gizi lainnya pada buah anggur berupa asam galat, glukosida, asam folat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, dan kalsium.

Tak heran, kalau manfaat buah anggur bisa didapat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, terdapat senyawa lainnya seperti polifenol dan resveratrol yang terkandung dalam anggur. Hal ini biasanya dikenal sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada buah anggur ini mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya kanker.

Untuk menumbuhkan tingkat konsumsi buah anggur, penting untuk mengetahui manfaat buah anggur bagi kesehatan. Berikut manfaat buah anggur bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Cegah dan Lawan Kanker

Manfaat buah anggur pertama dapat mencegah dan melawan kanker. Manfaat ini didapat karena adanya antioksidan tinggi pada buah anggur. Menurut para ahli, senyawa ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru-paru esophagus, kanker mulur, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pancreas, hingga kanker prostat.

Penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah anggur beikutnya dapat menjaga kesehatan jantung. Adanya kandungan polifenol pada buah anggur sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel.

Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur juga dipercaya bisa melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli juga menemukan, kalau buah-buahan seperti anggur juga kaya flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

Mengatasi Gangguan Ginjal dan Asam Urat

Manfaat buah anggur selanjutnya dapat mengatasi gangguan ginjal dan asam urat. Menurut penelitian yang tercantum dalam Journal of Experimental and Clinical Science, menunjukkan bahwa ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengatasi gangguan pada ginjal.

Kandungan mineral dalam buah anggur dapat mengurangi keasaman yang disebabkan asam urat dengan menginduksi buang air kecil. Mineral dalam anggur juga membantu menghilangkan asam urat, mengurangi stres, dan tekanan pada ginjal.

Anggur merah memiliki efek yang sangat membersihkan pada tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Cegah Diabetes

Senyawa yang ditemukan pada buah anggur mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Menurut berbagai penelitian, buah anggur juga terbukti meningkatkan sensitivitas insulin kadar gula darah. Mengelola kadar gula darahmu dari waktu ke waktu adalah faktor penting dalam mengurangi risiko diabetes.

Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah anggur lainnya didapat karena tingginya kandungan air di dalamnya,sehingga dapat mendatangkan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

 

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Jaga Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Buah anggur bisa mencegah rabun jauh atau dekat, menurunkan risiko kebutaan, dan terhindar dari katarak.

Selain itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam anggur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi. Buah ini cocok bagi kamu yang menghabiskan waktu sehari-hari di depan komputer, handphone, atau televisi. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

Cegah Penyakit Usus

Buah anggur memiliki senyawa anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat melindungi tubuh terhadap penyakit usus. Hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian. Dalam hal ini anggur juga berfungsi sebagai pelancar susah BAB.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Mengobati Asma

Buah anggur memiliki kekuatan assimilatory. Kekuatan tersebut dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Sehingga anggur sangat baik dikomsumsi bagi penderita asma. Buah anggur dapat mengurangi masalah sesak napas.

Cegah Penuaan Dini

Kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat kaya pada buah anggur, ternyata sangat baik untuk kesehatan. Buah anggur bermanfaat untuk melawan penuaan dini dan mempercantik kulit. Selain itu juga membantu melindunginya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, kering, hingga pecah-pecah.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Bantu Menurunkan Berat Badan

Terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid di dalam buah anggur, yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan. Jika kamu mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur, setara dengan 100 kalori. Sehingga buah anggur bisa menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang ingin memiliki berat bdadan yang ideal.

Mencerdaskan Otak

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, buah anggur sebagai salah satu yang bisa membantu me-refresh pikiran. Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

Loading