Sukses

Cara Menggunakan Telegram di PC, Kenali Kelebihan Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan berkomunikasi dengan banyak orang dan jarak jauh kini semakin dipermudah. Dahulu, kegiatan berkomunikasi dipermudah dengan adanya SMS yang dilakukan lewat ponsel. Semakin berkembangnya teknologi, sudah banyak platform berkirim pesan atau chat.

Mulai WhatsApp, Facebook, Line, dan Google Mail. Kini, ada juga Telegram yang bisa kamu jadikan salah satu pilihan untuk berkirim pesan. Tak kalah unggul dari jenis platform berkirim pesan lainnya, Telegram juga memiliki keunikan serta keunggulan.

Telegram merupakan aplikasi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Terlegram tersedia untuk perangkat telepon dan komputer atau PC.

Mirip dengan platform berkirim pesan lainnya, Telegram juga bisa digunakan untuk berkirim pesan teks, foto, video, audi, dan berkas lainnya. Keunggulan yang bisa dimanfaatkan dari Telegram adalah mampu bertukar dokumen dalam ukuran yang sangat besar.

Inilah daya tarik Telegram yang bisa kamu manfaatkan. Bukan hanya lewat perangkat ponsel, Telegram juga bisa digunakan lewat perangkat PC sehingga penggunaannya bisa lebih leluasa. Berikut cara menggunakan Telegram di PC yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Berkirim Pesan Menggunakan Telegram

Media berkirim pesan Telegram diklaim mirip dengan WhatsApp. Walaupun begitu, ternyata Telegram memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki WhatsApp. Misalnya saja dapat menerima hingga 5.000 pengguna dalam satu grup yang dibuat.

Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan dalam bentuk file dengan ukuran besar. Membandingkan dengan WhatsApp yang hanya menyediakan kapasitas 16 MB untuk mengirim file. Sedangkan Telegram bisa berbagi file dengan ukuran hingga 1,5 GB per file-nya.

Keunggulan Telegram lainnya adalah adanya fitur percakapan rahasia yang hanya bisa diakses pengguna tertentu. Menariknya lagi, Telegram bisa diakses menggunakan berbagai perangkat seperti PC, laptop, ataupun smartphone. Telegram tidak mengharuskan penggunanya untuk aktif membuka aplikasi tersebut di ponsel, sehingga kamu bisa sedikit menghemat paket data dan baterai ponsel.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Telegram di PC dengan Aplikasi

Cara menggunakan Telegram di PC pertama dengan menggunakan aplikasi Telegram. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Telegram pada perangkat PC kamu. Kalau kamu belum memiliki aplikasi Telegram di PC, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui situs resmi Telegram di desktop.telegram.org. Berikut cara mengunduh serta menginstal aplikasi Telegram di PC.

1. Setelah membuka desktop.telegram.org, unduh aplikasi Telegram melalui aplikasi browser di PC kamu.

2. Setelah web terbuka, kamu bisa klik ‘Get Telegram for Windows’, jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Namun, kalau kamu menggunakan sistem operasi bukan Windows, kamu bisa klik pada pilihan ‘Show All Platforms’.

3. Pada pilihan ‘Show All Platform’, terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya seperti MacOs, Linux 32 bit, dan Linux 64 bit. Silakan unduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan di PC atau laptop miliki mu.

4. Selanjutnya, tunggu proses unduhan hingga selesai.

5. Setelah aplikasi Telegram berhasil di unduh, selanjutnya install aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang berhasil di unduh.

6. Kemudian akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang ingin digunakan untuk menginstal aplikasi. Kamu bisa pilih ‘OK’ setelah bisa memilih bahasa yang digunakan.

7. Lalu klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal.

8. Klik toombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada di PC kamu.

9. Klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat shortcut di Dekstop PC kamu.

10. Terakhir, klik tombol install dan tunggu proses install aplikasi Telegram hingga selesai.

11. Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish.

12. Kemudian buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada PC kamu. Setelah aplikasi Telegram tersebut terbuka, nantinya akan muncul halaman pembuka lalu klik ‘Start Messaging’.

13. Pilih negara Indonesia pada bagian ‘Country Code’ (panah cokelat) dan masukkan nomor ponsel yang akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru atau di samping +62). Kemudian klik tombol ‘Next’.

14. Selanjutnya, kamu akan menerima pesan singkat atau SMS berisikan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar pada aplikasi Telegram.

15. Selanjutnya kode yang kamu terima melalui SMS tersebut di masukkan pada bagian kolom verifikasi. Lalu klik ‘Next’ dan memverifikasi kode tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Telegram Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi yang diunduh ke PC, kamu juga bisa menggunakan Telegram di PC tanpa perlu install aplikasi Telegram. Berikut cara menggunakan Telegram tanpa aplikasi.

1. Kunjungi situs web.telegram.org melalui web browser yang ada di PC kamu.

2. Selanjutnya kamu dianjurkan untuk mengisi negara dan memasukkan nomor ponsel yang digunakan. Nomor ponsel yang kamu masukkan tersebut nantinya akan dikirim kode verifikasi.

3. Klik ‘Selanjutnya’ atau ‘Next’.

4. Setelah menerima SMS yang berisikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Telegram, masukkan kode tersebut pada kolom kode yang tersedia. Lalu klik tombol ‘Next’.

5. Jika nomor ponsel tersebut telah terdaftar, maka kamu akan langsung ditujukan pada tampilan chat Telegram. Kemudian kamu pun bisa langsung mengirim berbagai file atau chatting di Telegram.