Sukses

Cara Memegang Raket Bulutangkis dengan Benar, Penting untuk Pemula

Cara memegang raket bulutangkis tidak bisa sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta Cara memegang raket bulutangkis penting diketahui bagi pemula. Bulutangkis merupakan olahraga permainan yang digemari banyak orang. Olahraga ini tidak hanya membutuhkan keterampilan tetapi juga gerakan tubuh yang lincah dan kuat.

Bagi orang awam, cara memegang raket bulutangkis mungkin tak ada bedanya. Padahal, cara memegang raket bulutangkis memiliki teknik tersendiri. Cara memegang raket bulutangkis ini meliputi cara memegang atau mencengkeram raket untuk memukul tembakan selama pertandingan.

Cara memegang raket bulutangkis ini biasanya juga disebut dengan grip. Dua cara memegang raket bulutangkis yang paling dasar adalah forehand dan backhand. Berikut cara memegang raket bulutangkis yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(28/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Forehand Grip

Forehand Grip terutama digunakan untuk pukulan overhead forehand. Ini adalah pegangan yang mudah untuk dipelajari dan juga menyediakan titik referensi yang berguna untuk mempelajari pegangan lainnya. Genggaman ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi forehand tubuh dan di sekitar tembakan kepala.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Forehand Grip:

1. Raket harus dipegang seolah-olah pemain itu berjabatan tangan dengan ringan. Memegangnya harus dilakukan dalam posis miring.

2. Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut.

3. Selanjutnya pada saat memegang bagian pegangan raket, pastikan ibu jari dan telunjunk membentuk celah berbentuk huruf V.

3 dari 7 halaman

Backhand Grip

Kunci untuk melakukan backhand yang kuat tergantung pada bagaimana kamu memegang raket. Kekuatan sebenarnya dari pukulan backhand bulutangkis berasal dari dorongan ibu jari. Backhand Grip mengharuskankamu menggunakan ibu jari.

Teknik ini biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris. Pegangan ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi punggung tubuh. Teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, namun pada teknik backhand posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket. Karena teknik ini lebih terfokus kan dengan posisi ibu jari.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Backhand Grip:

1. Pegang raket seperti pada pegangan forehand.

2. Putar raket berlawanan arah jarum jam sehingga bentuk V bergerak ke kiri.

3. Tempatkan ibu jari pada bevel belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan yang lebih besar.

4. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari.

4 dari 7 halaman

Combination Grip

Combination Grip merupakan kombinasi antara Forehand Grip dan Backhand Grip. Penyesuaian pegangannya sesuai dengan arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini. Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika menggunakan teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih sering.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Combination Grip:

1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.

2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

5 dari 7 halaman

American Grip

Teknik American Grip atau yang juga disebut teknik frying pan. Teknik ini digunakan untuk melakukan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas. American Grip cocok digunakan saat akan melakukan smash.

Berikut cara memegang raket bulutangkis American Grip:

1. Tempelkan ibu jari dan jari telunjuk pada bagian pegangan raket yang luas.

2. Pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket bulutangkis menonjol keluar di bawah telapak tangan.

3. Seimbangkan kaki saat melakukan pukulan.

6 dari 7 halaman

Smash Grip

Pada dasarnya, cara memegang raket saat melakukan smash bisa menggunakan forehand grip ataupun backhand grip. Bedanya, saat smash, hal tersebut dilakukan dengan tenaga yang lebih kuat dan cepat.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Smash Grip:

1. Saat melakukan smash pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks, karena hal tersebut dapat membuat tubuh memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.

2. Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat. Pastikan genggaman saat melakukan smash dalam keadaan kokoh dan sesuai dengan tempat berdiri serta arah shuttlecock yang dituju.

3. Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, sesuaikan kondisi di lapangan dan gaya bermain.

4. Ketika Sudah siap dan shuttlecock sudah datang lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan, lengan dan tubuh. Arahkan pada daerah yang kosong atau tempat yang sulit dijangkau oleh lawan.

7 dari 7 halaman

Manfaat bulutangkis untuk kesehatan

Tingkatkan kesehatan paru-paru

Bermain bulutangkis telah terbukti meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru secara drastis. Seseorang yang bermain bulutangkis memiliki pergerakan darah yang sehat dan peningkatan stamina tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

bulutangkis juga mengurangi stres pada tulang dan membantu dalam pertumbuhan sel yang mendorong pertumbuhan tulang. Bulu tangkis juga mendorong akumulasi kalsium maksimum yang memperkuatnya.

Meningkatkan Fungsi Jantung

Bulutangkis dapat membantu membakar lemak ekstra dan menyingkirkan kelebihan kolesterol dalam tubuh. Ini pada akhirnya memperkuat otot jantung dan mencegah risiko serangan jantung. Bulutangkis membantu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Meningkatkan Metabolisme

Dengan lebih banyak fungsi kardio-paru yang terlibat dalam bermain bulu tangkis, tubuh terbiasa berkeringat secara alami, menghilangkan racun dan meningkatkan metabolisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini