Sukses

5 Jenis Sayuran yang Paling Sehat Dijadikan Jus, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus patut menjadi asupan sehat harianmu. Semakin banyak kamu mengonsumsi sayuran, maka akan semakin sehat juga pencernaanmu karena asupan serat dalam sayuran.

Namun, walaupun dapat dijadikan jus dan manfaat kesehatannya masih terjaga, kamu tidak bisa menjadikan jus sayur sebagai pengganti sayur dalam menu makanan harian. Hal ini disebabkan karena sayuran yang belum dijadikan jus mengandung lebih banyak serat dibandingkan yang sudah dijadikan jus. 

Jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus bisa menjadi alternatif sehat selain buah. Dengan rasa sayuran yang beragam, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan buah-buahan atau rempah lainnya untuk membuat rasanya jadi lebih enak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020) tentang jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Bayam

Sayuran berwarna hijau biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral, dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga zink. Dari bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air kubis Cina, hingga peterseli adalah beberapa pilihan sayur hijau terbaik untuk dijus dan diminum setiap hari.

Jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus dari sayuran hijau yang pertama adalah bayam. Rasa bayam yang tidak kuat, namun padat gizi membuat bayam menduduki peringkat pertama sebagai sayuran yang paling sehat untuk dibuat jus sayur.

Bayam merupakan jenis sayur yang memiliki banyak kandungan gizi, mulai dari vitamin B, zat besi, asam folat, zink dan berbagai jenis mineral lainnya. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk atau madu untuk menambah rasa pada jus bayam.

3 dari 6 halaman

Brokoli

Selain bayam, jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus selanjutnya adalah brokoli. Mirip dengan bayam, brokoli merupakan sayuran yang kandungan gizi dan fitonutriennya padat.

Brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, zat besi, dan zink yang baik bagi kesehatan sehingga sangat tepat dipilih sebagai sayuran untuk jus sayur. Karena rasa dan bau brokoli yang biasanya kurang disukai, sebaiknya kamu mengombinasikannya dengan madu, kayu manis, atau perasan jeruk.

4 dari 6 halaman

Wortel

Salah satu jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus adalah wortel. Sayuran berwarna oranye ini bisa disajikan dalam berbagai bentuk seperti dijadikan sup, tumis, hingga dijadikan jus. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengonsumsinya secara langsung karena rasanya yang manis.

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin A yang tinggi dan tentunya akan sangat baik untuk kesehatan mata. Wortel juga mengandung zat mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mencampurkannya dengan buah atau sayuran lain untuk menambah rasa.

5 dari 6 halaman

Jus Seledri

Jus seledri mungkin masih asing di telinga kamu, padahal sayuran hijau satu ini memiliki manfaat kesehatan karena nutrisinya. Seledri menjadi salah satu jenis sayuran yang paling sehat dijadikan jus karena kaya akan magnesium dan zat besi.

Jus sayuran ini sangat pas dikonsumsi saat wanita datang bulan karena bisa membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Tomat

Dilihat dari bentuknya, tomat seharusnya masuk dalam keluarga buah. Namun kegunaannya terlihat bukan sebagai buah melainkan mirip seperti sayur.

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan jus tomat. Tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C, yang tentunya sangat berguna untuk mendukung kesehatan.

Tomat pun sudah memiliki rasa asam-manis alami, sehingga kamu tak perlu menambahkan pemanis atau buah-buahan lainnya untuk mempermanisnya. Namun, kamu tetap bisa menambah buah lain seperti lemon atau apel agar rasanya semakin nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.