Sukses

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus Sepatu, Mudah Dibuat

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tempat pensil dari kardus sepatu sangat mudah dibuat. Kardus sepatu yang menumpuk di rumah bisa kamu jadikan sebagai kerajinan tangan kreatif dan bermanfaat. Salah satunya adalah tempat pensil.

Tempat pensil merupakan wadah untuk menyimpan peralatan tulis seperti pensil, pulpen, penghapus, peruncing, dan lain sebagainya. Tempat pensil sangat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan wadah untuk menyimpan peralatan-peralatan tulis tersebut. Bagi kamu yang memiliki banyak peralatan-peralatan tersebut, pasti membutuhkan wadah yang besar untuk menyimpannya.

Dibandingkan harus membelinya baru, kamu bisa memanfaatkan kardus sepatu bekas yang kamu miliki di rumah. Ukurannya yang cukup besar, dapat menyimpan peralatan tulis yang banyak. Selain menghemat biaya pengeluaran, menggunakan kardus sepatu bekas dapat melatih kreativitas kamu.

Bagi pemula, kamu bisa melihat cara membuat tempat pensil dari kardus sepatu. Langkah-langkah pembuatannya pun sangat mudah dipraktikkan. Berikut cara membuat tempat pensil dari kardus sepatu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus Sepatu Diperlebar

Bahan-bahan:

- Kotak kardus bekas.

- Kertas HVS.

- Kertas asturo.

- Lem putih.

- Cutter dan gunting.

- Pensil dan penggaris.

Cara membuat tempat pensil dari kardus yang bisa diperlebar

1. Langkah pertama dalam membuat tempat pensil dari kardus adalah menyiapkan kardus sesuai dengan ukuran kotak pensil yang kamu inginkan.

2. Gunakan ukuran  18 cm x 15 cm yang bisa diperlebar sampai 28 cm x 15 cm.

3. Potong kepingan-kepingan kardus.

4. Kepingan kardus yang membentuk huruf U adalah bagian yang nantinya bisa kamu tarik keluar, menghasilkan kotak pensil yang lebih lebar.

5. Gunting kertas HVS dengan lebar sekitar 4 cm dan tempelkan pada setiap sisi kardus.

6. Setelah kertas HVS dipasangkan pada kardus sebagai border, langkah berikutnya dalam cara membuat tempat pensil dari kardus dengan melekatkan setiap potongan menggunakan lem. Masing-masing 2 lapis.

7. Apabila semua bagiannya sudah merekat satu sama lain, ini saatnya kamu membangun kepingan kardus menjadi kotak pensil bagian dalam.

8. Rekatkan menggunakan lem lalu satukan kepingan-kepingan yang membentuk bangian dalam dengan kepingan luar kotak pensil.

9. Pasangkan rel panjang pada bagian dalam dan masukkan kepingan kardus U untuk formasi bagian luar.

10. Kamu bisa menghias tempat pensil dari kardus dengan menggunakan kertas asturo.

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus yang Bisa Ditarik

Bahan-bahan:

- Kardus.

- Kertas kado.

- Penggaris.

- Gunting.

- Cutter.

- Lem.

Cara membuat tempat pensil dari kardus yang bisa ditarik

1. Potong kardus dengan ukuran 7x20 cm sebanyak 2 bagian.

2. Selanjutnya, potong lagi kardus dengan ukuran 9x20 cm sebanyak 3 bagian. Proses selanjutnya, pada kardus 7x20 cm diiris pinggirnya.

3. Kardus tersebut dipotong menjadi 3 bagian dengan kardus berukuran 7x20 cm tandai menggunakan pensil, selanjutnya tempelkan kardus 9x20 cm pada bagian yang sudah ditandai.

4. Proses selanjutnya tempelkan kardus ukuran 7x20 cm dibagian atasnya. Nanti hasilnya akan menyerupai laci. Tutup bagian atas kardus dengan ukuran 9x20 cm dan bagian belakang tutup dengan kardus ukuran 7x9 cm.

5. Proses selanjutnya buatlah kardus seperti laci yang bisa ditarik, caranya potong kardus sesuai ukuran lubang laci.

6. Buat 3 buah dengan ukuran 20x3 cm, tambahkan penghapus atau kancing baju, agar mudah untuk ditarik diagian depan laci kardus tersebut.

7. Untuk proses selanjutnya masukan 3 laci kardus tersebut.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Bahan-bahan:

- Kardus bekas.

- Tali sepatu berwarna.

- Pensil.

- Penggaris.

- Paku.

- Cutter.

Cara membuat celengan dari kardus:

1. Cara membuat celengan dari kardus pertama dengan menentukan seberapa besar celengan yang dibutuhkan. Buatlah pola kardus menjadi bentuk kubus.

2. Gambar pola tersebut menggunakan pensil dan penggaris di atas kardus. Pastikan garisnya tidak miring guna menjaga bentuk celengan yang simetris.

3. Kemudian potong pola kardus menggunakan cutter atau gunting kertas.

4. Setelah itu lubangi kardus dengan melubangi sisi samping kardus menggunakan paku. Caranya, lipat dahulu sampai celengan berbentuk kubus dan lihat sisi mana yang perlu dijahit menggunakan tali sepatu.

5. Lubangi secara sejajar.

6. Pastikan semua lubangnya tidak terlalu berdempetan dan memiliki jarak yang sama antara satu lubang dengan yang lainnya.

7. Kemudian jahit setiap sisi yang sudah dilubangi menggunakan tali sepatu.

8. Kalau celengan sudah terjahir, lubangi celah atas celengan menggunakan cutter dan celengan sudah siap digunakan.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Tempat Tisu dari Kardus

Bahan-bahan:

- Kardus bekas.

- Kertas kado atau kertas lipat warna warni.

- Cat air.

- Gunting atau cutter.

- Lem.

- Pensil.

- Penggaris.

- Tisu ukuran medium.

Cara membuat kotak tisu dari kardus.

1. Cara membuat kotak tisu dari kardus pertama dengan mengukur panjang dan lebar tisu yang akan dimasukkan ke dalam kotak.

2. Setelah itu, buatlah pola kotak tisu seperti pola pada cara membuat celengan dari kardus menggunakan pensil dan penggaris. Namun, dalam cara membuat kotak tisu dari kardus, kamu harus memotong bagian atas agar kotak tisu bisa dibuka tutup.

3. Potong pola tersebut menggunakan gunting atau cutter. Utamakan lubang pada bagian atas kardus agar kamu lebih mudah mengambil tisu dari kotaknya.

4. Lem setiap sisi kardus dan satukan setiap sisinya sampai membuat kotak tisu yang sempurna.

5. Kamu bisa menghias kotak tisu menggunakan kado atau kertas lipat warna warni.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Tempat Tidur Kucing dari Kardus

Bahan-bahan:

- Kardus bekas sepatu.

- Gunting atau cutter.

- Lem superglue.

- Kertas kado.

- Hiasan sesuai pilihan.

- Selimut kecil.

Cara membuat tempat tidur kucing dari kardus

1. Sebelum membuat tempat tidur kucing menggunakan kardus, pastikan terlebih dahulu ukurannya pas dengan kucing yang kamu miliki. Hal ini untuk berguna agar kucing dapat beristirahat dengan nyaman.

2. Gunting bagian depan kardus sebagai pintu masuk kucing menggunakan cutter atau gunting.

3. Kamu bisa menghias tempat tidur kucing dari kardus ini menggunakan kertas kado dengan pola dan corak pilihan. Kamu juga bisa menambahkan nama kucing pada bagian depan.

4. Pilih selimut yang tidak terlalu tebal.