Sukses

6 Manfaat Sabun Susu Kambing, Efektif Jaga Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Sabun menjadi salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan saat mandi. Hal ini berguna agar tubuh tetap lembap. Bukan hanya sekedar menggunakan sabun, namun kamu juga perlu memperhatikan bahan campuran yang digunakan di dalamnya.

Salah satu campuran bahan alami pada sabun yang sedang banyak digemari adalah susu kambing. Sabun susu kambing bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan kulit sehat maksimal. Ada beragam manfaat sabun susu kambing yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya secara rutin.

Manfaat sabun susu kambing didapat karena adanya antioksidan tinggi di dalamnya. Sehingga efektif menjaga kuilit sehat dan lembap. Selain itu, campuran susu kambing pada sabun juga memiliki Alpha-hydroxyl Acid (AHA) yang bertugas sebagai agen ekfoliator.

Masih ada manfaat sabun susu kambing yang bisa dirasakan. Berikut manfaat sabun susu kambing yang telah Liputan6.com rangkum dari kanal healthline, Senin (2/3/2020).

2 dari 7 halaman

Efektif Membersihkan Kulit

Kebanyakan sabun yang ditemukan di pasaran dibuat dengan menggunakan bahan campuran surfaktan. Bahan campuran ini dapat membuat kulit terasa kering, kencang, dan menghilangkan minyak alami pada kulit

Untuk menjaga kelembapan alami pada kulit, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah menggunakan produk yang tidak menghilangkan lemak alami pelindung kulit. Salah satu produk perawatan kulit yang bisa dipilih adalah sabun susu kambing.

Sabun susu kambing mengandung lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat. Senyawa asam ini memungkinkan untuk menghilangkan kotoran pada kulit tanpa menghilangkan asam lemak alami yang dimiliki kulit.

3 dari 7 halaman

Kaya Nutrisi

Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol, yang merupakan bagian besar dari membran kulit. Kekurangan komponen ini pada kulit dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Selain itu, susu merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak dan sudah terbukti memiliki sifat anti-penuaan. Sabun susu kambing juga merupakan sumber selenium yang ditunjukkan untuk mendukung kulit menjadi sehat. Bahkan selenium ini dapat memperbaiki gejala psoriasis seperti kulit kering.

4 dari 7 halaman

Meringankan Kondisi Kulit Kering

Kulit kering merupakan suatu kondisi yang menandakan rendahnya kadar air pada kulit. Kondisi ini biasa disebabkan oleh lipid yang memperlambat hilangnya kelembapan. Oleh karena itu, rendahnya kadar lipid dapat menyebabkan hilangnya kelembapan pada kulit sehingga menjadikannya kering, teriritasi, dan kencang.

Orang dengan kondisi kulit kering seperti psoriasis dan eksim seringkali memiliki kadar lipid yang lebih rendah. Untuk meringankan kondisi kulit kering, maka kamu segera menghidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan sabun susu kambing untuk mengatasi masalah kulit ini.

Kadar kolesterol dan asam lemak pada sabun susun kambing sangat tinggi sehingga dapat menggantikan lemak yang hilang sekaligus dapat memberikan kelembapan pada kulit. Menggunakan sabun susu kambing dapat mendukung dan mengisi kembali kelembapan kulit.

5 dari 7 halaman

Bahan Eksfoliasi Alami

Sabun susu kambing mengandung senyawa yang dapat mengelupas atau eksfoliasi kulit mati pada tubuh kamu. Asam alfa-hidroksi (AHA) yang terdapat dalam sabun susu kambing dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti bekas luka, bintik-bintik penuaan, dan hiperpigmentasi karena kemampuan alaminya dapat menjadikannya terkelupas.

Asam laktat merupakan AHA yang terjadi secara alami yang ditemukan dalam sabun susu kambing yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, memungkinkan kulit menjadi lebih muda. Selain itu, sabun susu kambing dapat dijadikan pilihan yang cocok bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif.

Namun, jumlah AHA pada sabun susu kambing masih belum diketahui sehingga masih sulit mengetahui seberapa efektifnya proses pengelupasan atau eksfoliasi kulit tersebut.

6 dari 7 halaman

Mendukung Micro Organisme Kulit agar Tetap Sehat

Manfaat sabun susu kambing selanjutnya dapat mendukung micro-organisme kulit agar sehat. Micro-organisme pada kulit berperan menjaga kulit tetap terhidrasi dan tampak bersinar.

Karena memiliki sifat yang dapat menghilangkan kotoran, jadi ia tidak menghilangkan lemak alami kulit kamu atau bakteri sehat. Memelihara micro-organisme kulit ini dapat meningkatkan penghalang terhadap patogen, berpotensi mencegah berbagai gangguan kulit seperti jerawat dan eksim.

Selain itu, susu kambing mengandung probiotik seperti Lactobacillus yang bertanggung jawab untuk memproduksi asam laktat. Ini telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh termasuk kulit.

Namun, belum ada penelitian yang mengatakan hubungan antara sabun susu kambing dengan micro-organisme. Meskipun begitu, menggunakan sabun ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang lebih baik daripada menggunakan sabun yang dibuat dengan surfaktan tinggi yang justru dapat menghilangkan pelindung alami kulit.

 

7 dari 7 halaman

Bisa Mencegah Jerawat

Sabun susu kambing memiliki kandungan asam latat yang dapat membantu mengendalikan atau mencegah jerawat. Asam laktat merupakan bahan pengelupas atau eksfoliasi alami yang secara lembut dapat mengangkat sel kulit mati. Senyawa ini dapat membantu mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori bersih dari kotoran, minyak, dan sebum berlebih.

Selain itu, sabun susu kambing juga dapat membantu menjaga kelemnapan kulit. Hal ini tidak seperti dengan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan keras yang dapat mengeringkan kulit sehingga berpotensi menyebabkan produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat.

Walaupun menjanjikan, namuan tidak semua orang cocok dengan sabun susu kambing. Untuk itu, kamu perlu konsultasi dengan dokter kulit atau profesional kesehatan lainnya untuk memastikan kamu bisa menggunakan sabun susu kambing untuk kulit wajah.