Sukses

4 Tips Merebus Kentang agar Cepat Matang, Hemat Waktu

Liputan6.com, Jakarta Kentang merupakan bahan makanan tinggi nutrisi yang wajib tersedia di rumah. Kentang bisa dijadikan sebagai bahan pengganti nasi, karena kentang merupakan seumber karbohidrat yang menyehatkan.

Untuk memperoleh manfaat kentang dengan optimal, metode memasak yang bisa digunakan adalah dengan direbus. Saat merebus kentang, karena memiliki kondisi yang cukup tebal biasanya akan memakan waktu saat merebusnya.

Ada beberapa tips merebus kentang agar cepat matang yang bisa kamu praktikkan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan bisa segera menyantap sajian kentang rebus. Pastikan tidak mencampurkan kentang rebus dengan bahan tinggi lemak seperti keju, krim, atau mentega agar manfaat kentang untuk kesehatan bisa secara utuh kamu rasakan.

Berikut tips merebus kentang agar cepat matang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tusuk Terlebih Dahulu

Tips merebus kentang agar cepat dimasak pertama dengan menusuknya terlebih dahulu sebelum direbus. Cara melakukannya, cuci kentang dan kupas kulitnya. Setelah itu tusuk dengan garpu di beberapa bagian. Hal ini berguna agar panasnya air bisa lebih cepat mematangkan kentang bagian dalamnya.

3 dari 6 halaman

Potong Sebelum Direbus

Tips merebus kentang agar cepat matang berikutnya dengan memotong-motong sebelum direbus. Kentang yang sudah dipotong kecil atau sedang akan lebih cepat matang saat direbus.

4 dari 6 halaman

Rendam Terlebih Dahulu

Tips merebus kentang agar cepat matang lainnya dengan merendamnya di dalam panci yang sudah diisi air dan dimasak. Rebus air di panci lain. Setelah air mendidih, tuangkan ke panci berisi kentang yang telah direndam.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Microwave

Cuci kentang dan simpan dalam wadah yang aman untuk microwave. Tuangkan air di wadah tersebut sampai setengah penuh. Tutup dengan tutup wadah atau bungkus plastik dan masak di microwave selama 2-3 menit, tergantung jumlahnya. Dalam waktu tersebut kentang pun akan matang hingga ke dalam dengan lebih cepat dibanding memasaknya di kompor.

6 dari 6 halaman

Cara Merebus Kentang yang Sehat

Memasak bahan makanan apapun dengan direbus dikenal lebih menyehatkan dibandingkan metode lainnya. Salah satu bahan makanan yang sebaiknya direbus adalah kentang.

Walaupun merebus kentang terbilang mudah, namun kamu tidak boleh sembarangan merebusnya. Hal ini berguna untuk mencegah nutrisinya hilang. Kentang rebus merupakan sumber karbohidrat yang menyehatkan, jika tidak ditambah dengan bahan tinggi lemak seperti mentega, krim, dan keju.

Ada beberapa kandungan nutrisi di dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B6, tiamin, serta niacin. Ada beberapa nutrisi yang akan hilang jika kita salah menggunakan metode merebus kentang.

Misalnya vitamin C, vitamin B6, dan tiamin dalam kentang bisa hilang akibat proses pemanasan saat dimasak. Sedangkan niacin pada kentang tetap stabil saat dipanaskan sehingga merebus kentang tidak akan secara signifikan mengurangi kandungan nutrisi ini.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara merebus kentang yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga. Cara merebus kentang agar nutrisinya tidak banyak hilang dengan tidak mengupas kulitnya.

Mengupas kulit kentang sebelum direbus dapat menghilangkan sekitar 40 persen vitamin C. Sedangkan merebus kentang tanpa mengupas kulitnya hanya menghilangkan 30 persen vitamin C saja. Selain itu, Vitamin B6 dan tiamin masing-masing akan berkurang sebanyak 2 persen dan 23 persen ketika direbus bersamaan dengan kulitnya.  

Oleh karena itu, merebus kentang dengan kulit yang sudah dikupas dapat menyebabkan lebih banyak vitamin hilang. Selain merebus dengan tetap menggunakan kulitnya, merebus kentang dengan memotongnya besar-besar, langsung direbus setelah dicuci dan dipotong merupakan cara merebus kentang yang dapat mengurangi nutrisinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.