Sukses

Efek Corona, 6 Foto Satelit dari NASA Tunjukkan Kualitas Udara Makin Bersih

NASA merilis foto satelit yang memperlihatkan kualitas udara di Beijing, China saat ini semakin bersih.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya virus corona cukup meresahkan kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Kemarin Senin (3/3/2020), Presiden Joko Widodo mengumumkan 2 WNI positif corona. Hal tersebut membuat tingkat kewaspadaan terhadap virus corona semakin meningkat di masyarakat.

Sejak mewabah pada akhir tahun lalu, China sudah mencatat hampir 80.000 kasus virus corona tersebar di dunia. Virus ini sudah menyebar lebih ke 50 negara. Sebagian besar kasus yang menyebabkan infeksi dan kematian terjadi di China.

Menurut BBC, Minggu (1/3/2020), mewabahnya virus Corona membuat aktivitas pabrik di China menurun pesat. Hal tersebut disebabkan karena produsen berhenti bekerja dalam upaya membendung penyebaran virus corona. Efeknya aktivitas pabrik berhenti dan membuat dampak yang signifikan untuk kualitas udara di China.

NASA pun merilis laporan terkait tingkat kualitas udara di Beijing yang membanding antara tahun 2019 dan 2020. Hasilnya terlihat jelas bahwa kualitas udara China semakin bebas polusi setelah virus corona mewabah. Berikut Liputan6.com rangkum dari NASA, foto citra satelit kualitas udara di Beijing yang semakin bersih, Selasa (3/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ini dia foto citra satelit NASA pada 2019 yang menunjukkan nilai kadar nitrogen dioksida mencapai angka yang cukup tinggi di Beijing.

3 dari 7 halaman

2. Namun sejak mewabahnya virus Corona, perlahan kadar nitrogen dioksida mulai menurun seperti pada periode 1 Januari - 20 Januari 2020.

4 dari 7 halaman

3. Pada rentang 28 Januari - 9 Februari 2020, bahkan kadar nitrogen dioksida sudah berada pada level biru yang artinya kualitas udara semakin bersih.

5 dari 7 halaman

3. Kualitas udara bersih kini terlihat pada rentang 10 Februari - 25 Februari 2020. Terlihat jelas bahwa kadar nitrogen dioksida semakin menipis.

6 dari 7 halaman

5. Bila dibandingkan antara foto satelit NASA 2019 dan 2020, maka bisa terlihat jelas perbedaan kadar nitrogen dioksida antara kedua tahun tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Bila dilihat dalam peta persebaran kadar nitrogen dioksida, maka hasil kualitas udara di China semakin bersih saja setelah virus corona mewabah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini