Sukses

7 Cara Memilih Ayam Segar di Pasar, Hindari Daging Berformalin

Liputan6.com, Jakarta Tips memilih ayam segar di pasar tentunya sangat perlu diperhatikan bagi kamu yang gemar makan ayam. Apalagi bagi ibu-ibu yang biasanya berbelanja kebutuhan untuk memasak ke pasar, memilih bahan makanan dengan teliti wajib dipraktikkan.

Apalagi, sekarang ini tidak semua daging ayam yang dijual di pasar adalah daging ayam yang berkualitas dan segar. Kamu perlu lebih teliti dalam mengenali daging ayam yang masih segar dengan yang sudah tidak berkualitas agar dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan tentunya enak.

Cara memilih ayam segar di pasar perlu diterapkan untuk mendapatkan daging berkualitas. Apalagi jika kamu memasak untuk keluarga, tentunya pemilihan daging ayam yang segar harus dilakukan agar keluarga terhindar dari segala macam masalah kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020) beberapa cara memilih ayam segar di pasar.

2 dari 4 halaman

Kenali Bau dan Perhatikan Warna Ayam

Kenali Bau Ayam

Tips memilih ayam segar di pasar yang pertama adalah mengenali bau ayam. Perhatikan dan cium apakah daging menimbulkan bau. Ayam yang segar seharusnya tidak menimbulkan bau. Ayam utuh memiliki bau khas daging segar dan tidak akan menimbulkan bau anyir yang menyengat.

Jika mencium ayam dengan bau amis, sebaiknya kamu menghindarinya. Ayam tersebut bisa jadi sudah lama dijual dan kualitasnya sudah menurun. Hindari juga ayam berbau bahan kimia, yang berarti ayam sudah dicuci atau direndam dengan bahan kimia tersebut.

Perhatikan Warna Ayam

Cara memilih ayam segar di pasar selanjutnya adalah dengan memperhatikan warna ayam. Daging ayam segar berwarna merah muda, tidak abu-abu atau menghitam. Jika kulit dan dagingnya telihat putih kemerahan, tandanya masih segar.

Hindari ayam yang berwarna pucat hingga kebiruan. Hindari pula ayam yang warnanya mengilap karena bisa jadi sudah diberi formalin.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Tekstur dan Darah pada Ayam

Rasakan Tekstur Daging dan Kulit Ayam

Daging yang padat atau kenyal adalah ciri ayam yang masih segar. Jangan memilih daging ayam yang jika dipegang, dagingnya terlalu lembek, berair dan akan hancur. Selain itu, jangan pula memilih yang bengkak atau terlalu keras, bisa jadi telah disuntik oleh penjual supaya lebih berat.

Tips memilih daging ayam segar di pasar ini bisa dilakukan dengan menyentuh dan mengusap sedikit kulitnya. Jika menemukan ayam dengan tekstur bertepung atau berpasir, sebaiknya kamu tidak membelinya karena berarti ayam diberi bahan kimia. Tekstur bertepung itu adalah sisa-sisa bahan kimia yang tidak terbilas.

Perhatikan Darah pada Ayam

Selain itu, cara memilih ayam segar di pasar berikutnya adalah dengan memperhatikan darah. Pilihlah ayam yang tidak mengeluarkan banyak darah. Ayam yang masih berdarah-darah menunjukkan ia ditangani dengan cara kasar, dan risiko kontaminasi bakterinya jauh lebih tinggi. Atau bisa jadi ayam ini telah dibekukan dan dicairkan selama beberapa kali.

 

4 dari 4 halaman

Perhatikan Ada Tidaknya Lalat, Tekan Daging, dan Lihat Kemasan

Perhatikan Ada Tidaknya Lalat yang Hinggap

Lalat memang binatang yang dihindari karena membawa bibit penyakit. Namun, dalam tips memilih ayam segar di pasar ini, lalat justru bisa jadi indikator yang baik.

Jika kamu membeli ayam utuh di pasar, perhatikan apakah ada lalat yang hinggap pada ayam. Jika tidak ada, justru kamu patut curiga sebab ayam bisa jadi mengandung bahan kimia.

Tekan Daging Ayam

Cara memilih ayam segar di pasar selanjutnya adalah dengan mencoba menekan dagingnya. Ayam yang masih segar bertekstur elastis. Jika bekas tekanan langsung kembali ke bentuk semula, maka tandanya ayam masih segar.

Sebaliknya, jika ayam ditekan, bekasnya lama atau tidak cepat kembali ke bentuk semula, berarti karkas ayam sudah cukup lama. Bisa jadi ayam sudah berulang kali melalui proses pembekuan (penyimpanan), sehingga sel dagingnya sudah rusak dan tidak elastis.

Lihat Kemasan

Selain itu, jika kamu membeli ayam utuh di supermarket, perhatikan bungkusnya. Hal ini juga harus diperhatikan sebagai salah satu tips memilih ayam segar di pasar. Pilih ayam utuh yang bungkusnya masih utuh dan rapi.

Bungkus ayam yang sobek tidak berfungsi sempurna melindungi ayam dengan baik. Sehingga debu bahkan kuman bisa saja sudah bersarang di dalamnya.