Sukses

10 Makanan Kaleng Siap Saji Terfavorit, Praktis dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Makanan kaleng siap saji dapat kamu jadikan sebagai alternatif jika memiliki kesibukan yang sangat padat. Tingginya aktivitas terkadang membuat sebagian orang menyukai beberapa kepraktisan. Salah satunya dengan menyimpan makanan kaleng siap saji.

Ada beberapa alasan orang gemar mengonsumsi makanan kaleng siap saji karena dirasa lebih praktis dan mudah diolah. Selain itu, makanan kaleng dipercaya lebih higienis dan tidak kotor.

Ada beragam jenis makanan kaleng siap saji yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari makanan kaleng hasil olahan, bahan-bahan mentah, olahan makanan resep lokal, hingga internasional. Masing-masing jenis makanan kaleng siap saji tersebut memiliki cita rasa dan kelezatannya tersendiri.

Walaupun terkenal praktis, namun kamu tetap perlu membatasi jumlah konsumsi makanan kaleng. Pasalnya, makanan kaleng merupakan jenis makanan yang sudah diolah secara khusus kemuadian diawetkan dan dikemas dalam kaleng. Hal ini tentunya membuat makanan kaleng mendapatkan banyak bahan pengawet serta perlindungan khusus. Untuk itu, penting untuk memperhatikan merek terbaik dan kualitas makanan kaleng siap saji sebelum membelinya di pasaran.

Berikut makanan kaleng siap saji yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020).

2 dari 6 halaman

Sarden Kaleng dan Tuna Kaleng

Sarden Kaleng

Makanan kaleng siap saji terfavorit pertama adalah sarden. Sarden merupakan jeni ikan yang ukurannya kecil dan banyak dikonsumsi.

Alasan orang memilih sarden sebagai makanan kaleng favorit karena ikan dalam kaleng ini memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang tinggi. Sarden kaleng diolah dengan cara khusus menggunakan minyak panas dan diracik dengan aneka bumbu khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Tuna Kaleng

Makanan kaleng siap saji berikutnya yang memiliki banyak peminat adalah tuna kaleng. Ikan tuna menjadi bahan utama untuk membuat makanan kaleng terfavorit ini.

Tuna merupakan jenis ikan favorit yang memiliki banyak penggemar. Terdapat banyak produk atau merek tuna kaleng yang beredar di pasaran. Untuk menjadikan tuna kaleng sebagai sajian lezat dan menyehatkan, pastikan memilih merek terbaik dan berkualitas.

3 dari 6 halaman

Rendang Kaleng dan Bandeng Mercon

Rendang Kaleng

Makanan kaleng siap saji lainnya yang tidak kalah terkenal dan memiliki banyak penggemar adalah rendang. Sebagai makanan yang disukai oleh banyak orang, kini rendang telah tersedia dalam bentuk kaleng yang membuat kamu lebih dimudahkan untuk mengonsumsinya.

Layaknya rendang dari kota asalnya, yaitu Padang Sumatra Barat. Rendang kaleng terbuat dari bahan dasar daging sapi. Namun ada juga yang berasal dari aneka bahan nabati.

Merek rendang kaleng yang tersebar di Indonesia juga semakin banyak. Setiap perusahaan rendang kaleng menawarkan cita rasa tersendiri yang berbeda-beda. Pastikan untuk memilih produk rendang kaleng dari merek terbaik dan berkualitas.

Bandeng Mercon

Makanan kaleng siap saji berikutnya adalah bandeng. Selain rendang, kini juga tersedia bandeng kaleng. Bandeng merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat digemari.

Hal ini dikarenakan ikan bandeng memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi, sehingga dapat menyehatkan tubuh. Tersedia bandeng mercon kaleng yang sangat populer. Sesuai dengan namanya, rasanya yang pedas sangat nikmat ketika dikonsumsi.

4 dari 6 halaman

Gudeg Kaleng dan Sup Kaleng

Gudeg Kaleng

Makanan kaleng siap saji terfavorit yang bisa dicoba adalah gudeng. Gudeg merupakan salah satu makanan terfavorit khas Yogyakarta yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan gudeg memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Tingginya minat konsumsi gudeg ini, membuat banyak pihak berinisiatif untuk membuat gudeg kaleng, sehingga gudeg dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sup Kaleng

Sup kaleng juga bisa kamu simpan di rumah sebagai stok makanan yang tahan lama. Ketika sewaktu-waktu kamu menginginkan sup hangat, kamu bisa menggunakan sup kaleng yang penuh nutrisi. Cukup menghangatkan sup kaleng, kamu sudah bisa menyantapnya dalam berbagai kondisi yang kamu inginkan.

5 dari 6 halaman

Cabai Kaleng dan Daging Ayam Kaleng

Cabai Kaleng

Selain makanan siap saji, olahan kalengan juga menyediakan bahan-bahan makanan yang dikemas dalam kaleng, Salah satunya adalah cabai kalengan. Cabai kalengan tersedia dalam berbagai rasa sehingga cocok untuk dihidangkan untuk campuran makanan seperti pasta dan nasi.

Perlu diketahui bahwa cabai kaleng merupakan makanan berkalori tinggi dengan memiliki serat dan protein di dalamnya.

Daging Ayam Kaleng

Selain olahan masakan berbahan daging sapid an ikan, bahan makanan kaleng lainnya yang dapat dijumpai adalah ayam. Daging ayam kaleng biasanya menggunakan bagian dada yang dipotong dadu yang sebelumnya sudah dimasak lalu dikemas dengan air.

Jadi, kamu dapat mengonsumsi daging ayam kaleng langsung. Selain itu, kamu juga dapat mengolah daging ayam kaleng menjadi olahan masakan lainnya yang lezat.

6 dari 6 halaman

Jagung Kaleng dan Tomat Kaleng

Jagung Kaleng

Jagung merupakan bahan makanan terbaik yang bisa kamu simpan dalam jangka waktu lama. Kamu bisa menyiapkan jagung kaleng yang kini sudah banyak tersedia di pasar swalayan.

Kamu bisa mengolah beragam olahan masakan dengan menggunakan jagung kaleng ini. Namun, perlu diketahui bahwa jagung kaleng tinggi kalori.

Tomat Kaleng

Tomat yang sudah dipotong dadu bisa kamu simpan untuk dijadikan sebagai bahan olahan masakan. Kamu bisa menyimpan tomat kaleng. Menyimpan tomat kaleng yang isinya potongan-potongan dadu dapat memudahkan kamu untuk mengolah masakan.