Sukses

10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Bantu Jaga Kesehatannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dipercaya mampu memberi hidrasi sekaligus nutrisi selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung elektrolit dan sering digunakan untuk rehidrasi saat tubuh kekurangan cairan.

Di balik keunggulannya, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang cukup penting adalah guna memenuhi kebutuhan cairan ibu. Untuk memperoleh manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil secara utuh, kamu bisa memilih air kelapa murni atau bukan dalam kemasan.

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini didapat dari adanya vitamin dan mineral alami yang dikandunganya. Konsumsi air kelapa muda pada trimester pertama dapat membantu mengurangi dehidrasi akibat mual di pagi hari. Selain itu, kelapa muda murni juga dapat mengatasi mulas dan sembelit yang merupakan gejala umum kehamilan.

Adanya kandungan kalium dan natrium yang ditemukan dalam air kelapa juga dapat mengatasi kamu yang mengalami dehidrasi akibat diare atau muntah. Berikut manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Menstabillkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil pertama dapat menstabilkan tekanan darah. Tingkat elektrolit yang rendah dapat memicu tekanan darah. Mengonsumsi air kelapa dapat meningkatkan kadar potasium, magnesium, dan asam laurat sehingga membantu mengatur tekanan darah.

Air kelapa muda dapat meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat. Vitamin, protein esensial, dan elektrolit dalam air kelapa mengontrol kadar gula, tingkat tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. Segelas air kelapa setiap hari sangat berguna pada trimester akhir ketika ada ketegangan yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Meringankan Mulas dan Sembelit

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya dapat meringankan mulas dan sembelit. Kondisi tersebut memang umum terjadi pada wanita hamil akibat perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Untuk meringankan kondisi kesehatan tersebut, kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda. Di dalam air kelapa muda terdapat serat makanan yang dapat memperkuat sistem pencernaan, melancarkan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah sembelit.

Beberapa pengobatan tradisional menganggap air kelapa sebagai pencahar yang sangat baik. Air kelapa muda meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Air kelapa adalah penetral asam alami, dan karenanya mencegah mulas.

3 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Diuretik Alami

Selama masa kehamilan, kadar asam urat harus berada dalam kadar normal dalam sistem tubuh. Air kelapa bersifat diuretic dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil karena adanya potasium, magnesium, dan mineral. Mereka membantu dalam membuang racun dan membersihkan saluran kemih.

Proses ini meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah batu ginjal dan infeksi. Ini juga mencegah infeksi saluran kemih, sehingga menurunkan kemungkinan persalinan prematur.

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya dapat memenuhi kebutuhan cairannya. Minum air kelapa membantu memenuhi peningkatan kebutuhan air saat hamil. Kebutuhan cairan yang lebih tinggi akan mendukung peningkatan volume darah, menjaga volume cairan ketuban dan sirkulasi janin.

Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil perlu mengonsumsi total 3 liter air per hari. Hal ini dikarenakan sekitar 20 persen cairan berasal dari kelembapan dalam makanan yang dikonsumsi, dan sisanya 2,4 liter harus berasal dari air minum dan minuman bebas kafein.

Minum air kelapa sebagai bagian dari asupan cairan memberi ibu hamil variasi dalam minumannya. Selain cairan, air kelapa memasok elektrolit yang dibutuhkan tubuh agar tetap terhidrasi.

Setiap kali ibu hamil berkeringat, mengalami diare atau kehilangan cairan tubuh, tubuh harus mengganti air dan elektrolit yang hilang. Jika ibu hamil menderita morning sickness dengan muntah parah, air kelapa membantu menggantikan elektrolit yang hilang.

4 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Mengobati Infeksi

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya dapat mengobati infeksi. Hal ini dikarenakan air kelapa kaya akan vitamin, minera esensial, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan resistensi dari infeksi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak rantai sedang yang bertanggung jawab untuk produksi anti-virus monolaurin yang kuat. Laurat merupakan asam penangkal penyakit yang membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu, HIV, dan mempertahankan bakteri baik.

Air kelapa juga menawarkan semua nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Nutrisi tersebut penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Air kelapa yang dikonsumsi terutama pada trimester ketiga meningkatkan kadar cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau koletserol baik dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium dan magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda untuk membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Selain itu, ini juga diperlukan untuk ibu hamil guna menjaga kesehatan janin.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh selanjutnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh sangat penting bagi ibu hamil, karena perannya sangat besar.

6 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Meningkatkan HDL

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil lainnya dapat meningkatkan HDL. Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

HDL dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar LDL di dalam tubuh. Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi.

Sumber Vitamin C dan B

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikutnya adalah sebagai sumber vitamin C. Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

Selain vitamin C, air kelapa muda juga mengandung tinggi vitamin B. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin B sehingga membantu penggantian jaringan-jaringan tubuh yang rusak.