Sukses

10 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan, Tak Hanya Maniskan Makanan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat gula aren untuk kesehatan banyak digunakan dalam campuran makanan dan minuman. Manfaat gula aren untuk kesehatan kerap dijadikan alternatif penggunaan gula putih. Gula aren terbuat dari nira, cairan yang keluar dari batang tanaman pohon aren.

Gula aren memiliki rasa karamel yang ringan dan rasa manis yang khas. Tak hanya mempermanis makanan dan minuman, gula aren juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Banyak orang mengaitkan manfaat gula aren untuk kesehatan dengan perawatan diabetes.

Manfaat gula aren untuk kesehatan dikenal sebagai gula alami karena melibatkan pemrosesan minimum dan tidak ada bahan kimia yang digunakan. Gula aren tersedia dalam bentuk blok, butiran dan cair. Manfaat gula aren untuk kesehatan bisa didapat dengan mudah.

Karena tak melalui banyak pemrosesan, gula aren dinilai lebih menyehatkan. Manfaat gula aren untuk kesehatan didapat dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Berikut 10 manfaat gula aren untuk kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Tingkatkan kekebalan tubuh

Gula aren mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan membantu mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Gula aren juga mampu meningkatkan energi dengan cepat. Efek ini mampu mengatasi rasa lelah karena kekurangan energi.

Efek antiseptik

Gula aren memiliki sifat anti peradangan dan anti mikroba. Keduanya mampu membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Gula aren dapat bermanfaat bagi penyembuhan sariawan pada gusi atau bibir. Gula aren juga mampu melawan reaksi alergi seperti alergi kulit, pernapasan, hingga pencernaan.

3 dari 6 halaman

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Hangatkan tubuh

Gula aren memiliki sifat menghangatkan tubuh. Mencampurkan gula aren ke dalam minuman, dan meminumnya saat tubuh kedinginan, ternyata ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Gula ini biasa menjadi bahan tambahan dalam wedang jahe dan minuman hangat lainnya. Ini karena gula aren mampu menjaga stabilitas suhu tubuh.

Redakan demam dan flu

Sifat antiperadangan sekaligus menghangatkannya, menjadikan gula aren solusi yang bagus untuk demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat dengan gula aren mampu mencegah dan meredakan demam dan flu. Gula aren mampu mentralkan suhu tubuh yang dapat menurunkan demam.

4 dari 6 halaman

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Cegah obesitas

Dibandingkan dengan gula putih, gula aren cenderung rendah kalori. Konsumsi gula aren dalam jumlah cukup mampu mengontrol berat badan dan mencegah timbulnya obesitas. Satu sendok teh (4 gram) gula aren bisa mengandung 15 kalori, sedangkan jumlah gula putih yang sama mengandung 16,3 kalori.

Kalori rendah dalam gula aren sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif. Gula aren bisa menjadi alternatif pemanis untuk diet. Kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko diabetes dan komplikasinya. Namun, jumlah konsumsinya juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan.

Lancarkan pencernaan

Gula aren juga berguna untuk melancarkan pencernaan. Gula aren membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung. Gula aren juga mengandung serat makanan yang berguna untuk kelancaran pencernaan. Inulin dalam gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

5 dari 6 halaman

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Cegah penuaan dini

Antioksidan dan vitamin B yang ada pada gula aren mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit. Tanda-tanda penuaan ini seperti kerutan, garis halus dan noda hitam.

Gula aren juga membantu melindungi kulit dari berbagai masalah seperti jerawat dan komedo. Gula aren dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Manfaat ini tentu akan membuat kulit jadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

Atasi kram menstruasi

Gula aren cenderung lebih banyak mengandung kalium dan zat besi dibanding dengan gula putih. Nutrisi ini dapat membantu mengatasi kram saat menstruasi. Kandungan kalium dalam gula aren dapat meredakan nyeri dan melancarkan menstruasi. Gula aren juga membantu meningkatkan energi yang berguna untuk mengusir rasa lemas dan lemah saat menstruasi datang.

6 dari 6 halaman

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Atasi anemia

Gula aren juga mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi berguna untuk mengatasi anemia yang disebabkan oleh kekurangan besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup zat dalam sel darah merah yang memungkinkan mereka membawa oksigen (hemoglobin). Akibatnya tubuh akan terasa lelah dan pusing.

Relatif aman untuk penderita diabetes

Gula aren cenderung memiliki indeks glikemik rendah yang aman bagi penderita diabetes. Gula aren juga mengandung serat makanan yang disebut inulin, nutrisi ini dikenal mampu menjaga kadar gula darah.

Gula aren juga rendah fruktosa. Fruktosa merupakan sejenis gula yang dengan cepat diubah tubuh menjadi trigliserida. Meski cenderung aman untuk penderita diabetes, konsumsi gula aren juga tak boleh berlebihan.