Sukses

6 Cara Mencegah Anak Terserang Kuman Penyakit, Jaga Kebersihan

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah anak terserang kuman penyakit dilakukan dengan membiasakan pola hidup sehat. Sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna membuatnya lebih berisiko terserang penyakit. Akibatnya banyak orang tua yang melarang anak untuk keluar rumah.

Padahal, sebenarnya orang tua tidak perlu terlalu khawatir untuk membiarkan anak bermain di luar. Karena kamu bisa menerapkan kebiasaan sehat yang menjauhkannya dari penyakit. Membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu contoh sederhananya.  

Cara mencegah anak terserang kuman penyakit harus benar-benar diperhatikan. Banyak orang tua yang masih menyepelekannya, padahal kuman penyakit berukuran sangat kecil, hingga tidak dapat terlihat oleh mata manusia tanpa alat bantuan.

Hal tersebut membuat kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit tanpa disadari. Ada empat macam kuman yang biasa ditemui yaitu virus, bakteri, jamur dan protozoa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020) tentang cara mencegah anak terserang kuman penyakit

2 dari 7 halaman

Selalu Memenuhi Jadwal Vaksinasi

Cara mencegah anak terserang kuman penyakit yang pertama adalah selalu memenuhi jadwal vaksinasi. Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya. Memenuhi jadwal vaksinasi dengan tepat waktu merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa imunisasi telah menyelamatkan nyawa 2-3 miliar anak di dunia setiap tahunnya dari kematian akibat penyakit infeksi.

Selain vaksinasi wajib, ada pula vaksinasi khusus seperti vaksinasi flu, yang dapat dilakukan setiap tahun untuk melindungi tubuh dari virus. Konsultasikan dengan dokter mengenai vaksinasi tersebut untuk anak dan keluarga.

3 dari 7 halaman

Membiasakan Cuci Tangan

Membiasakan cuci tangan pada anak juga merupakan salah satu cara mencegah anak terserang kuman penyakit. Permukaan tubuh anak tidak lepas dari adanya bakteri, misalnya Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit pada anak, seperti infeksi kulit dan infeksi saluran pernapasan.

Berbagai bakteri tersebut dapat dengan mudah berpindah melalui tangan anak-anak yang kotor. Menjaga kulit anak agar tetap bersih adalah langkah penting untuk menghindar dari serangan penyakit ataupun penyebaran bakteri.

Langkah mencuci tangan bisa dikatakan sebagai cara mencegah anak terserang kuman penyakit paling sederhana dan efektif. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak terpapar kuman dan menyebarkan kuman ke bagian tubuh lain, seperti mulut dan mata.

Jika anak-anak dapat menjaga tangannya tetap bersih, maka akan menekan risiko terkena penyakit. Cucilah tangan anak menggunakan air dan sabun. Selain itu, jaga kebersihan kulit mereka dengan mandi secara rutin menggunakan sabun.

4 dari 7 halaman

Menghindari Makanan yang Telah Jatuh

Banyak orang yang menganggap makanan yang sudah jatuh masih bisa dikonsumsi lagi. Ada yang mengatakan asalkan belum 5 detik ataupun 5 menit. Namun, ternyata hal ini harus diwaspadai.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 99% bakteri akan langsung menempel pada makanan jatuh dalam sekejap. Jadi, jika ada bakteri salmonela atau kuman lain yang berbahaya di lantai, maka akan langsung menempel pada makanan.

Jadi, cara mencegah anak terserang kuman penyakit selanjutnya adalah dengan menghindari makanan yang telah jatuh.

5 dari 7 halaman

Membersihkan Seluruh Bagian Rumah secara Rutin

Cara mencegah anak terserang kuman penyakit lainnya adalah dengan memastikan seluruh bagian rumah bersih. Salah satu perabut rumah yang harus dibersihkan secara teratur adalah karpet. Hal ini berkaitan dengan debu atau bulu hewan yang sering menempel.

Tempat tidur juga seringkali menyimpan beragam kuman, yang dapat memicu gejala alergi. Bersihkan tempat tidur dan ganti sprei minimal satu minggu sekali.

Selain itu, waspadai pula sarang kuman di sekitar kamar mandi, mulai dari pegangan pintu yang tidak pernah dibersihkan, handuk yang lembap, tisu bekas pakai yang tidak dibuang di tempat sampah, dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Banyak anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Padahal, kuku adalah sarang penyakit jika tidak dirawat kebersihannya, apalagi jika kuku anak panjang. Anak akan sangat mudah kena penyakit infeksi karena kebiasaannya mengggigit-gigit kuku.

Bakteri yang menempel pada kuku bisa menyebabkan anakmengalami berbagai penyakit infeksi seperti diare atau gangguan pencernaan lainnya. Jadi, untuk mencegah anak sakit, kamu harus memperingatkannya agar tidak menggigit kuku, memotong kuku jika sudah panjang, dan selalu mencuci tangan.

7 dari 7 halaman

Meminimalisir Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit

Jika ada seseorang yang sedang sakit di rumah, anak harus meminimalisir kontak dengannya. Selain itu, sebaiknya anak menggunakan masker untuk mencegah virus menyebar saat bersin, batuk atau bicara.

Untuk anak atau anggota keluarga lain yang sehat, dianjurkan tetap membatasi kontak langsung dengan penderita untuk mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu cara mencegah anak terserang kuman penyakit yang cukup penting diterapkan.

Selain itu, kamu juga perlu untuk selalu menyediakan makanan yang bersih dan higienis hingga menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan jika memilikinya sebagai cara mencegah anak terserang kuman penyakit.