Sukses

7 Vitamin yang Dibutuhkan Kulit Kering, Kembali Lembap dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh hampir kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan kulit kering dapat membuat orang yang mengalaminya mendapati kulit menjadi bersisik, gatal, dan pecah-pecah.

Kulit kering muncul akibat permukaan kulit tidak mampu mempertahankan kelembapannya. Kondisi kulit kering dapat muncul pada bagian tubuh mana pun, namun yang paling umum terjadi pada bagian kaki, tangan, punggung, dan perut.

Ada beberapa faktor penyebab kulit kering, salah satunya kekurangan vitamin. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi tubuh dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit terutama untuk terhindar dari kulit kering.

Selain mencukupi kebutuhan tubuh dengan vitamin, kamu juga bisa melindungi kulit dari luar dengan menggunakan losion atau krim yang dapat melembapkan dan menyehatkan kulit. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kondisi kulit yang sehat secara maksimal.

Berikut tujuh jenis vitamin yang dibutuhkan kulit kering yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

2 dari 8 halaman

Vitamin E

Vitamin E dapat kamu jadikan untuk mengatasi kulit kering. Vitamin E memiliki banyak manfaat yang baik untuk peremajaan kulit, salah satunya sebagai pelindung alami dari sinar UV.

Vitamin E dapat membantu tubuh mendapatkan kembali kelembapannya, sehingga mencegah kulit menjadi kering. Konsumsi suplemen vitamin E sebanyak 30 IU per hari, terbukti ampuh mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.

Kamu dapat meningkatkan kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi makanan seperti kacang almond, kacang hazelnut, biji bunga matahari, buah zaitun, dan asparagus.

3 dari 8 halaman

Vitamin C

Vitamin C terkenal memiliki segudang manfaat untuk tubu, salah satunya dapat mengatasi beragam masalah kulit seperti kulit kering, kusam, keriput dan gelap. Vitamin C juga membantu tubuh menangkal tanda-tanda penuaan dini, melindungi tubuh dari sinar matahari, mengurangi kerusakan sel, memiliki sifat antioksidan, serta membantu penyembuhan luka.

Mencukupi tubuh dengan vitamin C secara tidak langsung dapat memperbaiki dan mencegah kulit kering. Makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, jambu, stoberi, brokoli, dan bayam.

4 dari 8 halaman

Vitamin D

Vitamin lain yang bisa bantu mengatasi kulit kering adalah vitamin D. Selain bermanfaat untuk memperkuat dan menyehatkan tulang, vitamin D juga memilliki nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita psoariasis. Psoriasis adalah sebuah kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik dan berkerak.

Tubuh kamu akan membentuk sendiri vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Karena itu, kamu dianjurkan untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari sekitar 10 menit pada pagi hari. Dengan begitu kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin D.

Selain itu, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi beragam makanan dan minuman seperti sereal, ikan salmon dan tuna, jeruk, serta yogurt.

5 dari 8 halaman

Kolagen

Kolagen merupakan salah satu jenis protein paling melimpah yang ada di dalam tubuh kamu. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mencukupi tubuh dengan suplemen dapat menjaga kesehatan kulit seperti menghidrasi kulit sehingga tidak kering.

Sebuah studi yang dilakukan pada 69 wanita menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi 2,5-5 gram kolagen per hari selama 8 minggu memiliki peningkatan cukup signifikan dalam elastisitas kulit dan mengalami peningkatan hidrasi kulit, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kolagen.

6 dari 8 halaman

Minyak Ikan

Minyak ikan sudah sangat terkenal efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak esensial ini memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang kuat dan telah terbukti bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Makanan yang mengandung minyak ikan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan penghalang asam lemak pada kulit, yang membantu menjaga hidrasi. Minyak ikan juga terbukti dapat mengurangi peradangan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

7 dari 8 halaman

Probiotik

Banyak kondisi kulit kering awal mulanya berasal dari peradangan. Karena peradangan berasal dari sistem kekebalan dan sebagian besar sistem kekebalan kamu hidup di saluran pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistem pencernaan kamu terjaga kesehatannya.

Beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa probiotik merupakan kunci untuk menjaga mendapatkan usus yang sehat. Untuk itu, sudah sewajarnya kamu mencukupi asupan probiotik guna mendapatkan sistem pencernaan dan kulit yang sehat.

8 dari 8 halaman

Zinc

Banyak losion dank rim yang membantu mengobati ruam dan kulit kering mengandung zinc. Hal ini dikarenakan memang zinc berguna sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mencegah kulit kering dan kemerahan pada kulit.

Selain itu, zinc juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mencegah masalah kulit seperti eksim yang menjadikan kulit kering.