Sukses

8 Makanan Ini Bantu Meningkatkan Sistem Imun, Cegah Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Sistem imun atau daya tahan tubuh memiliki peran dalam menjaga kesehatan. Sistem imun merupakan pertahaan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, sistem imun harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga agar penyakit akibat serangan kuman berbahaya tidak terjadi kemudian. Tak sulit untuk menjaga atau meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa di antaranya dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem imun.

Berikut makanan yang dapat bantu meningkatkan sistem imun yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

2 dari 9 halaman

Jahe

Jahe dikenal ampuh untuk mengatasi mual. Lebih dari itu, ternyata jahe juga memiliki sifat anti-peradangan dan tinggi antioksidan ini terbukti . Tumbuhan herbal yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin.

Sebuah kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe memiliki efek untuk mengobati penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jahe bisa kamu olah bersama tumisan atau dicampurkan langsung pada secangkir teh hangat.

3 dari 9 halaman

Temulawak

Makanan untuk meningkatkan sistem imun selanjutnya adalah temulawak. Jenis rempah-rempahan ini dipercaya mengandung kurkumin.

Selain itu, temulawak juga memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh. Oleh karena itu, temulawak dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi mual, membantu proses metabolisme tubuh, dan menambah nafsu makan.

4 dari 9 halaman

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan yang dipercaya ampuh menepis enzim yang terlibat dalam proses infeksi. Bahkan, mengunyah bawang putih diyakini mampu menangkal keluhan masuk angin.

Bukan hanya itu, bawang putih juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker perut, kolon dan esofagus. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, kamu bisa menambahkan bawang putih ke bumbu, sayuran panggang, atau semangkuk gandum.

5 dari 9 halaman

Apel

Makanan yang dapat bantu meningkatkan sistem imun selanjutnya adalah apel. Apel terkenal dengan seratnya yang sangat tinggi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi.

Selain itu, buah ini juga mampu memberikan efek kenyang maksimal saat dikonsumsi. Untuk mengubah apel menjadi camilan yang lebih berenergi, konsumsilah satu iris buah apel bersama sesendok kacang atau mentega almon. Pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi.

6 dari 9 halaman

Lemon

Makanan berikutnya yang dapat meningkatkan sistem imun adalah lemon. Hal ini dikarenakan lemon kaya akan senyawa bio-flavonoid yang dapat membunuh radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, buah ini juga tinggi kandungan vitamin C yang sanggup memenuhi setengah dari kebutuhan harian kamu. Kedua kombinasi zat gizi tersebut terbukti ampuh mengusir kuman penyebab penyakit.

Kamu bisa mengonsumsi lemon dengan berbagai cara, misalnya diperas lalu dicampur dengan air dan disajikan dingin maupun hangat. Kamu juga bisa menjadikan perasan lemon sebagai penyedap makanan, seperti untuk sup.

7 dari 9 halaman

Brokoli

Makanan berikutnya yang dapat meningkatkan sistem imun adalah brokoli. Sayuran hijau satu ini memiliki banyak vitamin E. Vitamin E dalam makanan memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Plant Food for Human Nutrition 2010 menunjukkan bahwa makan brokoli terbukti dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan kondisi jumlah radikal bebas di tubuh melebihi kapasitas. Kondisi ini mengakibatkan sel-sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi dan menimbulkan kerusakan.

Mengonsumsi brokoli merupakan bentuk usaha meningkatkan sistem imun dan menangkal virus. Brokoli juga dipercaya bisa mengobati penyakit saluran pernapasan, seperti ISPA dan asma.

8 dari 9 halaman

Sup Ayam

Makanan untuk meningkatkan sistem imun berikutnya adalah sup ayam. Makanan ini dapat membantu meredakan gejala pilek. Hal ini dikarenakan kaldu hangat diduga memiliki kemampuan untuk melumerkan lendir yang menggumpal pada hidung, sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah.

Agar lebih bergizi dan sehat, pastikan sup ayam yang kamu konsumsi sudah ditambahkan wortel, bawang, dan rempah-rempah segar saat proses pengolahannya. Sup semacam ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat masih hangat.

9 dari 9 halaman

Madu

Makanan untuk meningkatkan sistem imun berikutnya adalah madu. Madu mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.