Sukses

Macam-macam Magnet dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam macam-macam magnet. Magnet terdiri dari magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami. Dalam artian magnet sudah memiliki sifat magnet tanpa ada campur tangan dari manusia. 

Sedangkan magnet buatan adalah jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Seperti yang saat ini banyak ditemui adalah macam-macam magnet buatan. Umumnya magnet buatan dibuat dari bahan-bahan magnetik kuat seperti besi dan baja. 

Kebanyakan macam-macam magnet buatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada bel listrik, papan catur, ujung gunting, kompas, dinamo, dan lain sebagainya.

Karena cukup memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, maka penting untuk mengenal macam-macam magnet. Berikut macam-macam magnet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

2 dari 7 halaman

Mengenal tentang Magnet

Sebelum mengenal macam-macam magnet, penting untuk mengetahui apa itu magnet. Magnet adalah suatu kemampuan sebuah benda untuk menarik suatu benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Magnet juga bisa dibuat dari sebuah bahan besi, baja, dan campuran logam lainnya

Diperkirakan, orang Cina merupakan yang pertama kali memanfaatkan sebuah batu magnet ini sebagai kompas, baik di darat ataupun di laut. Sampai dengan sekarang, magnet banyak dimanfaatkan untuk suatu perangkat elektronik, misalnya seperti bel listrik, telepon, dan mikrofon.

3 dari 7 halaman

Macam-macam Magnet

Magnet Alam

Magnet Alam merupakan salah satu macam-macam magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami, yang artinya tanpa adanya campur tangan oleh manusia.

Magnet alam bisa berupa batu-batuan atau benda lain juga. Jenis magnet alam cukup jarang ditemui dan jumlahnya tidak banyak. Contoh magnet alam seperti gunung ida di Magnesia yang bisa menarik sebuah benda – benda di sekitarnya.

Magnet Buatan

Magnet buatan yaitu salah satu macam-macam magnet yang dibuat oleh manusia. Macam-macam magnet buatan ini dibuat dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja.

Ada banyak pula bentuk-bentuk magnet buatan ini dari mulai silinder, batang, jarum, U, keping, ladam dan sebagainya. Magnet buatan ini terbagi lagi menjadi 2, yakni sebagai berikut:

- Magnet Tetap (Permanen), yaitu salah satu macam-macam magnet yang mempunyai sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses dalam pembuatannya sudah dihentikan.

- Magnet Sementara (Remanen), yaitu suatu magnet yang memiliki sifat kemagnetannya hanya sementara, yakni hanya terjadi selama dalam proses pembuatannya.

4 dari 7 halaman

Bentuk-bentuk Magnet

Magnet memiliki berbagai macam bentuk. Hal ini dikarenakan pada setiap bentuk magnet dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang berbeda. Secara umum terdapat 5 bentuk tetap magnet, yakni sebagai berikut:

- Bentuk yang pertama yaitu berbentuk batang, yang disebut dengan magnet batang.

- Bentuk magnet yang kedua yaitu silinder, yang disebut dengan magnet silinder.

- Bentuk magnet yang ketiga yaitu jarum, yang disebut dengan magnet jarum.

- Bentuk yang keempat yaitu cincin, yang disebut dengan magnet cincin.

- Bentuk magnet yang terakhir yaitu berbentuk U, yang disebut dengan magnet U (Magnet Ladam).

5 dari 7 halaman

Bahan yang Digunakan Magnet

Berdasarkan jenis bahan yang digunakan, magnet dapat dibedakan menjadi empat tipe:

Magnet Permanen Campuran

Sifat magnet tipe ini adalah keras dan memiliki gaya tarik sangat kuat. Magnet permanen campuran dibagi menjadi:

1. Magnet alcomax, dibuat dari campuran besi dengan almunium

2. Magnet alnico, dibuat dari campuran besi dengan nikel

3. Magnet ticonal, dibuat dari campuran besi dengan kobalt

Magnet Permanen Keramik

Tipe magnet ini disebut juga dengan magnadur, terbuat dari serbuk ferit dan bersifat keras serta memiliki gaya tarik kuat.

Magnet Besi Lunak

Tipe magnet besi lunak disebut juga stalloy, terbuat dari 96% besi dan 4% silicon. Sifat kemagnetannya tidak keras dan sementara.

Magnet Pelindung

Tipe magnet ini disebut juga mumetal, terbuat dari 74% nikel, 20% besi, 5% tembaga, dan 1% mangan. Magnet ini tidak keras dan bersifat sementara.

6 dari 7 halaman

Fungsi Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

- Pada sebuah ujung gunting yang berfungsi untuk memudahkan dalam mengambil jarum jahit.

- Terdapat di bel listrik yang berfungsi untuk menggerakkan pemukul lonceng.

- Terdapat di papan catur yang berfungsi agar catur tidak mudah terguling.

- Terdapat pada kompas yang fungsinya sebagai penunjuk arah utara-selatan.

- Terdapat pada dinamo sepeda dan generator yang berfungsi untuk membangkitkan sebuah tenaga listrik.

- Magnet juga bisa sebagai alat untuk mengangkut sebuah benda-benda dari besi.

 

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Magnet Sendiri di Rumah

Selain magnet yang ditemukan di alam (magnet alam) ada juga magnet yang bisa dibuat manusia (magnet buatan). Benda yang dapat dibuat magnet adalah benda-benda yang tergolong dalam benda magnetik terutama ferromgnetik, contohnya besi atau baja.

Pada prinsipnya membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga cara membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, dengan cara induksi dan dengan cara mengalirkan arus listrik.