Sukses

Cara Edit Tanda Tangan Hasil Scan dengan CorelDraw untuk Digitalisasi

Liputan6.com, Jakarta Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw mungkin akan tampak rumit dilakukan. Di zaman serba digital, kamu dituntut untuk membuat segalanya bisa diakses melalui gadget dan internet. Ini juga termasuk mengakses dokumen penting.

Salah satu bagian penting dalam dokumen adalah tanda tangan. Kamu mungkin perlu mendigitalisasi sebuah tanda tangan untuk keperluan tertentu. Melakukan scan saja tidak cukup untuk membuat tanda tangan digital. Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw penting untuk dipahami. 

Membuat tanda tangan digital memerlukan sedikit proses editing. Bagi yang tak terbiasa bersentuhan dengan editing, cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw mungkin akan nampak sulit. Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw ini membuat tanda tangan dapat ditempelkan dengan baik pada sebuah dokumen.

Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw terdiri dari langkah-langkah penggunaan tools pada software tersebut. Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw ini bisa dicoba sendiri di rumah.

Berikut cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(6/3/2020).

2 dari 7 halaman

Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw

Siapkan tanda tangan yang telah discan. Kamu bisa men-scan tanda tangan dengan alat pemindai atau menggunakan ponselmu. Cara ini pastinya lebih hemat dan mudah, hasilnya pun tak kalah baik dari alat pemindai.

Buka Coreldraw dan buat lembar kerja baru. Masukkan hasil scan tanda tangan pada lembar kerja Coreldraw. Pastikan kamu hanya memasukkan bagian tanda tangan saja, tanpa ada tulisan dan gambar lainnya.

Setelah tanda tangan siap, hal pertama yang dilakukan adalah menconvert gambar ke versi bitmap. Caranya klik menu Bitmaps di bagian atas menu Coreldraw.

Klik Bitmaps lalu pilik Convert to Bitmaps. Sesuaikan resolusi hingga 400 dpi dan pastikan opsi Anti-aliasing dan Transparent Background tercentang. Lalu klik ok.

Jika tanda tangan yang discan tidak berwarna hitam, kamu perlu mengubahnya terlebih dahulu menjadi hitam. Klik menu Bitmaps, pilih Mode, lalu pilih Black and White (1-bit).

3 dari 7 halaman

Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw

Setelah tanda tangan sudah menjadi versi Bitmap, kamu bisa mulai melakukan tracing pada tanda tangan. Klik bagian tanda tangan lalu pilih opsi Trace Bitmap dan pilih Outline Trace, lalu pilih High Quality Image.

Sesuaikan detail settingan dan centang opsi Specify color dan opsi Remove color from entire image. Pilih ikon color picker tool yang ada di sebelah opsi Specify color dan klik pada bagian putih tanda tangan. Secara otomatis, background putih tanda tangan akan hilang dan berubah transparan. Klik OK.

4 dari 7 halaman

Cara edit tanda tangan hasil scan dengan Coreldraw

Setelah tracing selesai, kamu bisa melakukan finalisasi dengan merapikan bagian tanda tangan. Biasanya ada bagian tanda tangan yang nampak bengkok atau tidak rata.

Kamu bisa merapikannya dengan Shape Tools dan Crop Tools. Setelah tanda tangan selesai di edit, kamu bisa menyimpannya dalam format PNG atau Tiff.

5 dari 7 halaman

Cara scan tanda tangan dengan Google Drive

1. Buka aplikasi Google Drive

2. Di kanan bawah, ketuk Tambah (Add)

3. Pilih opsi "Scan"

4. Ambil foto tanda tangan yang ingin dipindai.

Sesuaikan area pemindaian: Ketuk Pangkas (Crop).

Ambil foto lagi: Ketuk Re-scan halaman "Re-scan current page".

Pindai halaman lain: Ketuk Tambah (Add).

5. Untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai, ketuk Selesai (Done).

6 dari 7 halaman

Cara scan tanda tangan dengan CamScanner

Jika kamu tidak dapat menggunakan Google Drive untuk memindai, masih banyak aplikasi gratis di Play Store untuk memindai. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah CamScanner – Phone PDF Creator. CamScanner menawarkan fitur yang kamu butuhkan untuk memindai dokumen secara efisien.

Dengan menggunakan kamera ponsel, kamu dapat memindai faktur, kwitansi, catatan, kartu nama, sertifikat, dan lainnya. Aplikasi ini dengan cepat menemukan pemindaian khusus dengan fitur pencarian cepat hanya dengan memasukkan kata kunci untuk menghemat waktu.

7 dari 7 halaman

Cara scan tanda tangan dengan iPhone

Rilis iOS 11 menambahkan fitur pemindaian baru ke Notes, jadi untuk menggunakan opsi ini, pertama-tama pastikan iPhone telah diperbarui ke iOS 11. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindai dokumen ke iPhone menggunakan fitur pemindaian di Notes:

1. Buka Notes.

2. Ketuk ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.

3. Ketuk lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

4. Menu muncul di atas keyboard. Di menu itu, ketuk lagi lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

5. Pilih Scan Documents.

6. Posisikan kamera ponsel di atas dokumen yang akan dipindai. Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen atau kamu dapat mengontrolnya secara manual dengan mengetuk tombol rana sendiri.

7. Setelah memindai halaman, Notes akan menunjukkan pratinjau dan memberikan opsi untuk Keep Scan atau Retake.

8. Setelah selesai memindai semua halaman, kamu dapat meninjau daftar dokumen yang dipindai di Notes. Jika perlu melakukan koreksi, seperti memotong gambar atau memutar gambar, cukup ketuk gambar halaman yang ingin dikoreksi dan itu akan membuka halaman itu dengan opsi pengeditan ditampilkan.

10. Ketika selesai dengan koreksi apa pun, ketuk Selesai/Done di sudut kiri atas untuk menyimpan pemindaian yang disesuaikan secara otomatis.

11. Saat siap untuk mengunci pemindaian sebagai PDF atau jpg, ketuk ikon Unggah/Upload.