Sukses

7 Manfaat Biji Selasih untuk Wanita, Berguna untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat biji selasih untuk wanita didapatkan dari kandungan senyawa aktif yang penting untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji selasih untuk wanita dapat memengaruhi kesehatan dan kecantikan. Meski begitu, masih jarang yang memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Penggunaannya sekarang ini masih sebatas topping pada minuman dan jadi campuran pada makanan penutup saja.

Padahal, selayaknya biji chia, biji rami, atau biji-bijian lainnya, biji selasih tak kalah bermanfaat untuk kesehatan. Bibit dari tanaman basil yang daunnya kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini mengandung beragam senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat biji selasih untuk wanita didapatkan dari kandungan senyawa aktif yang penting untuk tubuh tersebut. Kandungan aktif utama yang terkandung dalam biji selasih antara lain serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, hingga antioksidan kuat lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2020) manfaat biji selasih untuk wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menurunkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung

Manfaat biji selasih untuk wanita yang pertama adalah menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Biji selasih kaya akan serat dan antioksidan. Asupan serat berguna untuk menjaga jumlah kolesterol normal, sedangkan antioksidan melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak. Keduanya berperan besar dalam menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, manfaat biji selasih untuk wanita tentunya juga dapat menurunkan kolesterol. Seperti dilansir dari Indian Journal of Experimental Biology, konsumsi minyak biji selasih berpotensi menurunkan jumlah kolesterol total serta LDL (low density lipoprotein). LDL merupakan kolesterol 'jahat' yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan rentan diserang bakteri jahat. Biji selasih mengandung serat prebiotik yang disebut pektin, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri ini membantu proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat.

Manfaat biji selasih untuk wanita satu ini juga dapat menunda pengosongan lambung dan meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang karena pektin tersebut. Selain menjaga sistem pencernaan tetap sehat, pektin dalam biji selasih juga membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga sangat cocok untuk diet.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mata dan Tulang

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat biji selasih untuk wanita berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar, jika kamu memiliki gangguan penglihatan atau tingkat stres oksidatif tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih.

Vitamin A di biji selasih mempunyai peran sebagai antioksidan kuat di retina, dan mencegah perkembangan katarak serta memperlambat timbulnya degenerasi makula.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, biji selasih mengandung berbagai mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, tembaga, mangan, serta magnesium. Seluruh mineral tersebut diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Manfaat biji selasih bagi wanita satu ini tentunya harus kamu dapatkan.

Manfaat biji selasih untuk wanita ini tentunya akan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang yang merupakan langkah penting untuk mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, tulang yang padat juga akan membuat tubuh tetap kuat seiring bertambahnya usia.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Memberikan Asupan Asam Lemak Omega-3

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh sangat membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan sistem imunitas. Salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat ini terdapat pada biji selasih. Sehingga salah satu manfaat biji selasih untuk wanita adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Rutin mengonsumsi biji selasih sebagai makanan atau suplemen, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat akan membuat kamu jadi jarang sakit.

Memberikan Asupan Asam Lemak Omega-3

Manfaat biji selasih untuk wanita yang satu ini mungkin maish jarang diketahui. Asam lemak omega-3 identik dengan ikan berlemak. Padahal, biji selasih juga mengandung nutrisi ini dalam jumlah banyak.

Satu sendok makan biji selasih bisa memberikan asupan asam lemak omega-3 dalam bentuk asam alfa linolenat (ALA). Tubuh membutuhkan ALA untuk memproduksi energi. ALA juga bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh dan menurunkan risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

5 dari 5 halaman

Merawat Kecantikan Kulit

Manfaat biji selasih untuk wanita memang dipengaruhi kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan seperti senyawa polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin mampu memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Kerusakan kulit akibat radikal bebas bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti terbentuknya keriput, flek hitam, kemerahan, serta tanda penuaan dini lainnya. Mengonsumsi biji selasih membantu mencegahnya sekaligus merangsang pembelahan sel-sel kulit baru yang sehat.

Manfaat biji selasih untuk wanita yang merupakan bahan pangan kaya serat, mineral, antioksidan, dan asam lemak omega-3 memang sangat besar. Khasiatnya pun begitu luas, baik untuk kesehatan sistem pencernaan, tulang, jantung dan peredaran darah, hingga kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat biji selasih untuk wanita, kamu bisa mencoba tambahkan biji-bijian ini ke dalam minuman, smoothie, makanan penutup, atau hidangan utama kesukaanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini