Sukses

10 Manfaat Masker Timun untuk Wajah, Efektif Jaga Kesehatannya

Manfaat masker timun untuk wajah didapat karena bagian tengah timun mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker timun untuk wajah belum banyak diketahui banyak orang. Bukan hanya efektif menghilangkan mata panda, ternyata timun memiliki segudang keuntungan lainnya untuk wajah.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat timun untuk kecantikan dengan menjadikannya masker. Hal ini merupakan cara yang terbilang mudah dan dipercaya sangat efektif untuk merawat kulit wajah.

Manfaat masker timun untuk wajah didapat karena bagian tengah timun mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Menggunakannya sebagai masker wajah dipercaya dapat menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kulit bengkak, serta mengobati jerawat dan kulit terbakar.

Berikut manfaat masker timun untuk wajah lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Wajah

Mengurangi Ruam

Manfaat masker timun untuk wajah pertama dapat meringankan kondisi ruam pada kulit. Mentimun dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan terbebas dari bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat timun ini, kamu bisa mengoleskan masker timun dengan campuran lemon. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara tersebut selama beberapa minggu dan kamu akan merasakan perbedaannya.

Cegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tak dipungkiri kulit cenderung menjadi longgar dan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menghindari kondisi ini terlalu dini, kamu bisa menggunakan manfaat timun untuk wajah.

Timun dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjaga kulit agar tetap kencang. Manfaat timun untuk wajah ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium di dalamnya.

Gunakan timun sebagai masker wajah. Campurkan timun halus dengan putih telur dan lakukan proses masker seperti biasa.

3 dari 6 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Wajah

Menghidrasi Kulit

Timun mengandung 96% air, yang berarti timun sangat menghidrasi. Hal ini berarti timun dapat menggantikan lotion pelembap kamu. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker.

Masker timun yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya dapat menenangkan kulit. Parut timun dan gunakan juga air jusnya, kemudian gabungkan dengan tahu susu atau dadih.

Aduk hingga merata campuran tersebut, lalu oleskan masker timun pada wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci bersih setelahnya.

Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat timun untuk wajah lainnya mampu meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit yang berminyak. Timun dapat membantu beberapa masalah kulit tersebut dan menjadikannya lebih muda.

Untuk merasakan keuntungan timun tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai astringent dan toner alami. Keuntungan ini didapat karena timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga mampu membuat kulit tetap utuh, lembap, hingga bercahaya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Wajah

Mengatasi Kulit Berminyak

Untuk merasakan manfaat timun untuk wajah berikutnya, bisa bersihkan, kupas, dan haluskan setengah buah timun. Kemudian masukkan satu sendok makan yoghurt tawar dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker timun tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Bantu Perbaiki Kulit yang Rusak

Manfaat timun untuk wajah berikutnya dapat dijadikan untuk memperbaiki kulit yang rusak. Caranya, rebus irisan timun yang sudah dicuci bersih dan dikupas selama 5-7 menit.

Kemudian haluskan, saring, dan masukkan cairan yang tersisa ke dalam botol semprot, lalu semprotkan toner tersebut pada wajah. Simpan toner mentimun ini dalam kulkas dan buang setelah 4 hari.

5 dari 6 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Wajah

Menyegarkan Wajah

Cukup mencampurkan air timun dengan bahan alami lainnya, seperti lidah buaya atau teh hijau. Setelah itu, bersihkan wajah dengan campuran tersebut lalu bilas dengan air hingga bersih.

Mengurangi Mata Panda dan Mata Bengkak

Ada berbagai macam penyebab mata panda dan mata bengkak. Untuk meringankan kondisi ini, kamu bisa menggunakan lembaran potongan timun.

Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, kamu hanya perlu mengiris timun dan meletakkannya di kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Metode ini akan membantu menenangkan bengkak di bawah mata dan mata panda kamu.

6 dari 6 halaman

Manfaat Timun untuk Kecantikan Lainnya

Rambut Lebih Kuat

Rambut panjang dan indah merupakan salah satu kondisi yang diidam-idamkan oleh kebanyakan wanita. Untuk merawat gunakan mendapatkan rambut tersebut, kamu bisa menutrisi rambut dengan menggunakan timun.

Timun dapat membantu memanjangkan rambut dan menjadikannya lebih indah. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk kecantikan ini, kamu bisa minum jus mentimun atau menambahkannya ke dalam air ketika mandi.

Rambut Berkilau

Selain rambut yang panjang, rambut hitam berkilau juga kerap diidam-idamkan. Untuk merasakan manfaat timun untuk kecantikan ini, kamu bisa menjadikan timun sebagai masker rambut.

Gunakan timun, minyak zaitun, dan telur. Jadikan bahan-bahan tersebut sebagai campuran masker. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan masker tersebut. Cara ini dapat membantu kamu mendapatkan rambut berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini