Sukses

Darling Squad, Definisi Social Movement Kaum Muda yang Lagi Tren

Mereka adalah para mahasiswa yang aktif menjadi volunteer dalam kegiatan lingkungan untuk memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi.

Liputan6.com, Ungaran Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah berkomitmen menghijaukan Kompleks Percandian Gedongsongo. Kerja sama dilakukan dengan menanam 868 pohon dan semak di berbagai titik yang tersebar di kompleks percandian.

Penanaman itu merupakan bagian dari program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling). Dan ratusan pohon serta semak yang ditanam berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, serta Akar Wangi pada Kawasan Candi 1. Sementara tanaman pada Kawasan Candi 4 adalah Pinus, Puspa, dan Akar Wangi.

President Director Djarum Foundation, Victor Hartono mengungkapkan bahwa penanaman pohon dan semak di cagar budaya memang layak dilakukan. "Cagar budaya kita pantas mendapat lebih banyak warna sekaligus menyerap CO2 di tempat yang ada. Sayang kalau tidak digunakan untuk menyerap CO2. Program candi darling ini akan selesai jika semua candi di Indonesia sudah ditanami berbagai pohon."

"Djarum Foundation mengajak mahasiswa untuk melakukan langkah nyata agar lebih peduli terhadap lingkungan, karena kita harus memastikan bahwa generasi berikutnya juga turut sadar lingkungan, karena merekalah sebenarnya yang mengalami perubahan iklim, jadi sebenarnya mereka yang harus berinvestasi untuk masa depan mereka," ujar Victor Hartono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tularkan Kebiasaan Baik

Dalam kegiatan ini, Siap Darling mengajak 250 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Semarang dan 50 universitas lain.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan, Siap Darling dapat menjadi medium bagi para generasi milenial yang memiliki semangat besar, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan lewat tindakan konkret yang menyenangkan.

"Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga karena mereka ikut berperan menghijaukan situs warisan bersejarah Indonesia, serta menularkan kebiasaan baik ini di masyarakat luas," kata FX Supanji usai penanaman yang diadakan pada Kamis (5/2).

Supanji berharap, dengan kegiatan ini dapat menciptakan ekosistem lingkungan berkelanjutan. Disamping itu, Kompleks Percandian gedongsongo makin menawan dan nyaman bagi wisatawan, hingga akhirnya menjadi destinasi favorit bagi masyarakat. 

"Kompleks Percandian Gedongsongo bisa menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Semarang. Hal ini tentunya memiliki dampak positif baik dari sisi lingkungan hingga menggerakkan roda ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Apa sih Darling Squad?

Siap Darling berhasil membentuk Darling Squad. Mereka adalah para mahasiswa yang aktif menjadi volunteer dalam kegiatan lingkungan untuk memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi. 

Sebelum menanam ratusan pohon dan semak, sebanyak 50 Daling Squad dari 28 universitas di Indonesia mengikuti focus group discussion yang dibalut dalam green camp di Kompleks Percandian Gedongsongo pada Rabu (4/3).

Program utama Siap Darling yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation tak lain untuk meningkatkan kepedulian lingkungan di Indonesia. Tema Bergerak Bersama Untuk Lingkungan pun menjadi paparan edukasi menarik.

4 dari 5 halaman

Ciptakan Ide Kreatif

Nah agar generasi milenial terlibat aktif memikirkan upaya penyelamatan lingkungan, Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani mengatakan bahwa Darling Squad juga mengikuti sesi focus group discussion (FGD).

FGD ini merupakan kegiatan beradu ide dan gagasan kreatif ke dalam bentuk proposal. Nantinya ide kreatif terpilih yang dinilai punya pengaruh cukup signifikan terhadap kelestarian lingkungan, bakal direalisasikan lewat berbagai program Siap Darling dari Djarum Foundation. 

"Jadi melalui kegiatan ini, kami mendapatkan banyak ide cemerlang dari sudut pandang mahasiswa yang kelak bisa kami wujudkan," jelas Tania. 

Siap Darling Ubah Paradigma

Dari 50 Darling Squad yang mengikuti green camp, kemudian bergabung dengan 200 mahasiswa dari universitas lain, untuk melakukan aksi nyata, yaitu menanam ratusan pohon dan semak. 

Kepala BPCB Jawa Tengah Sukronedi pun menyambut positif upaya Djarum Foundation melestarikan situs sejarah melalui program Siap Darling.

"Saya meyakini Siap Darling mampu mengubah paradigma kaum milenial bahwa berkunjung ke tempat bersejarah tidaklah membosankan, tapi justru membanggakan. Sebab bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarah dan juga merawat apa yang ditinggalkan leluhur kepada kita," ujar Sukronedi.

5 dari 5 halaman

Cara Gabung Darling Squad

Sejak diluncurkan di akhir 2018, Siap Darling berhasil menjaring 1,942 Darling Squad yang berasal dari lebih dari 122 Universitas di Indonesia. Sebanyak 1,453 diantaranya sudah melakukan penanaman di Kawasan Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo, Benteng Van Den Bosch, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen serta Kompleks Percandian Gedongsongo. Total ada lebih dari 10,800 pohon dan semak berbunga tertanam.

Nah bagi kamu, para mahasiswa yang mau bergabung dengan Siap Darling untuk terlibat dalam program Candi Darling selanjutnya, bisa kok! Daftar sekarang di sini dan jadi Darling Squad yang siap menebarkan aksi untuk bumi! 

Program ini akan berjalan hingga 2025, dengan menyasar ratusan candi di Indonesia meliputi candi-candi di Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Bali. Pastinya bakal banyak banget keseruan menarik di #CandiDarling yang sayang jika dilewatkan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.