Sukses

10 Minuman Khas Daerah di Indonesia Paling Populer, Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta Minuman khas daerah di Indonesia ada beraneka ragam. Tak kalah nikmat dari makanan khas daerah di Indonesia, minuman khas daerah di Indonesia tak bisa ditemukan di daerah lain.

Kebanyakan minuman khas daerah di Indonesia kini mulai jarang ditemui dan kalah eksis dengan berbagai minuma kemasan praktis. Walaupun bergitu, di tengah banyaknya minuman kemasan praktis, masih ada beberapa minuman khas daerah di Indonesia yang tetap eksis dan tentunya sangat nikmat dan menyegarkan.

Penggunaan bahan-bahan yang khas, menjadikan minuman khas daerah di Indonesia memiliki segudang cita rasa yang memanjakan lidah. Selain cita rasanya yang khas, minuman khas daerah di Indonesia juga sangat cocok dijadikan teman di kala cuaca panas.

Berikut minuman khas daerah di Indonesia paling populer dan menyegarkan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020).

2 dari 6 halaman

Minuman Khas Daerah di Indonesia

Es Cendol

Minuman khas daerah di Indonesia pertama adalah Es Cendol. Di Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan es Cendol. Tetapi di Banjarnegara, Jawa Tengah minuman ini disebut dengan es Dawet.

Es Cendol adalah minuman dingin yang terbuat dari campuran tepung honkwe dan pewarna daun suji atau pasta pandan, yang dibentuk memanjang. Sedangkan kuahnya terbuat dari  serutas es, air gula merah dan juga santan.

Es Pisang Hijau

Minuman khas daerah di Indonesia berikutnya adalah Es Pisang Hijau. Minuman menyegarkan ini berasal dari Makasar. Disebut es pisang hijau karena warna pisang ini hijau, karena dibalut oleh kulit yang berwarna hijau.

Adonan kulit yang berwarna hijau diperoleh dari tepung beras, santan, tepung kanji, dan air daun suji. Sedangkan bahan isian yang menemani es pisang hiaju ini sendiri adalah, bubur sumsum, mutiara sagu atau pacar cina, kacang tanah yang disangrai, dan beberapa tambahan lainnya. Sedangkan untuk saus menggunakan sirup berwarna merah, es serut dan susu kental manis.

3 dari 6 halaman

Minuman Khas Daerah di Indonesia

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang merupakan salah satu minuman khas daerah di Indonesia, yaitu Betawi atau Jakarta. Minuman ini sudah ada sejak dahulu kala.

Penggunaan aneka bahan yang terdapat dalam minuman menyegarkan ini seperti irisan tepung beras yang dicampur dengan air, dan dibentuk kotak-kotak, kemudian dikukus, dengan kuah dari gula merah, garam, gula pair, santan, dan juga daun pandan.

Es Kacang Merah

Minuman khas daerah di Indonesia lainnya yang paling populer dan menyegarkan adalah Es Kacang Merah. Ada dua daerah di Indonesia yang menyediakan es kacang merah, yaitu Palembang dan Manado.

Hal yang membedakan antara es kacang merah Kota Manado dan Palembang terletak pada bahan yang digunakan. Untuk es kacang merah khas Palembang, menggunakan sirup coco pandan, sehingga warna es nya menjadi merah. Sedangkan es kacang merah khas Manado, menggunakan susu kental manis cokelat.

4 dari 6 halaman

Minuman Khas Daerah di Indonesia

Es Lontrong Slawi

Es Lontrong Slawi berasal dari Slawi (Tegal) dan disebut lontrong karena di daerah Slawi, minuman es ini dijual di sebuah gang kecil bernama gang Lontrong. Pada dasarnya, es lontrong adalah es serut yang diberi isian kacang hijau, cincau, sirup merah, es batu, dan santan.

Bahkan, tak jarang ditambahkan kolang-kaling dan potongan roti tawar sebagai selera. Konon es lontrong tak bisa ditemukan di lain tempat selain kota Slawi.

Es Tebak

Es tebak merupakan minuman khas daerah di Indonesia, yaitu Sumatra Barat. Es Tebak sendiri pada dasarnya merupakan minuman es campur. Seperti halnya es campur biasa, es tebak berisi campuran-campuran dari beberapa jenis panganan seperti, potongan nangka, kolang kaling, cincau, daging kelapa muda, alpukat, tape atau tapai dan tentu saja tebak itu sendiri.

Es Tebak merupakan sejenis makanan di Sumatra Barat. Tebak ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie setelah dimasak menyerupai cendol.

5 dari 6 halaman

Minuman Khas Daerah di Indonesia

Es Nona

Es Nona merupakan minuman khas daerah di Indonesia legendaris dari Kota Pontianak. Minuman yang juga sering dijadikan pencuci mulut ini berisikan pepaya yang sudah direndam air kapur sehingga teksturnya renyah, tapai singkong, kacang merah, pacar cina, dan kadang ditambahkan nangka dan potongan roti tawar. Nantinya, bahan-bahan tersebut akan diberi es serut sirup dan susu kental manis sebagai topping.

Es Pleret

Es Pleret atau Gempol Pleret merupakan minuman khas daerah di Indonesia, yaitu Blitar. Minuman yang satu ini memiliki dua isian yang sangat khas, yaitu bernama Gempol dan Pleret. Bahan utama dari minuman ini adalah tepung tapioca, tepung beras dan air.

Adonan tersebut kemudian dicampur hingga rata dan nantinya akan dibentuk menjadi bulatan kecil atau digempol atau bisa juga dipipihkan atau dipleret. Untuk memberikan warna, kamu dapat menggunakan beberapa macam warna seperti hijau, merah, dan lain-lain. Agar lebih nikmat, minuman ini sebaiknya disajikan dengan siraman kuah santan, sirup cocopandan dan juga seruan es batu.

6 dari 6 halaman

Minuman Khas Daerah di Indonesia

Es Legen

Es Legen merupakan minuman khas daerah di Indonesia, yaitu Jawa Tengah atau Jawa Timur. Minuman yang satu ini terbuat dari pohon Siwalan atau dikenal dengan pohon lontar yang diambil bagian buah dalam dan air dari buah tersebut.

Rasa dari buah tersebut mirip dengan kolang kaling, sedangkan rasa air legennya seperti air kelapa. Namun ada perpaduan rasa manis di dalamnya. Legen sendiri dalam bahasa Jawa artinya manis,dan sedikit asam.

Untuk mengurangi rasa asam, biasanya pemetik, membubuhi air kapur di bagian dasar bumbung atau alat yang digunakan untuk mengambil legen tersebut. Kamu hanya dapat menemukan minuman ini di beberapa tempat di Jawa TImur dan Jawa Tengah seperti Rembang, Tuban, Pati, dan beebrapa daerah lainnya.

Goyobod

Belum banyak yang mengenal minuman khs dari Jawa Barat ini. Minuman ini merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Minuman menyegarkan ini terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain irisan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, kelapa muda kerok, dan tape hitam.

Sedangkan untuk kuahnya menggunakan campuran santan, susu, dan air kelapa. Untuk menikmati minuman ini, terutama ketika kamu berada di daerah Jawa Barat, tidak terlalu sulit, minuman ini banyak dijual di pedagang kaki lima, atau di beberapa tempat makan tertentu.