Sukses

6 Artis Pernah Alami Penyakit Tiroid, Terbaru Thalita Latief

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Tiroid adalah penyakit gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid. Penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita dan bukanlah penyakit yang menular.

Penyakit ini menyerang kelenjar tiroid yang terletak di leher dan berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme tubuh. Meski penyakit ini jarang terdengar masyarakat luas, namun penyakit ini pernah dialami beberapa selebriti.

Selebriti yang baru saja mengabarkan jika mengidap penyakit tiroid yaitu presenter cantik, Thalita Latief. Lewat video singkat yang diunggah pada Sabtu (7/3/2020), dirinya memberitahu jika Thalita mengidap tumor tingkat 4 di bagian tiroid-nya.

"Dan tumor ini harus segera diangkat. Jadi hari ini, mungkin pas teman-teman lagi nonotn video ini, itu aku lagi ada di kamar operasi. aku mohon maaf lahir batin sama semuanya," ucapnya.

Ternyata penyakit ini tak hanya dialami leh Thalita Latief, sederet selebriti lainnya diketahui pernah mengalami hal yang sama. Berikut ini 6 seleb yang pernah menderita tiroid dirangkum dari berbagai sumber olhe Liputan6.com, Selasa (10/3/2020).

2 dari 7 halaman

1. Thalita Latief

Setelah mengabarkan menderita tirod tingkat 4, dirinya pun menjalani operasi. Dirinya jalani operasi pada Jumat (6/3/2020). Lewat Instagram Stories-nya, Dennis Lyla memperlihatkan Thalita Latief yang masih terbaring lemah di kamar perawatan. Ibu satu anak ini meringkuk dengan selimut di tubuhnya.

Kini kabar terbaru Thalita Latief sudah mulai membaik. Kondisinya sekarang tengah menjalani masa pemulihan.

3 dari 7 halaman

2. Raffi Ahmad

Meski tampak sellau sehat dan ceria, Raffi Ahmad sempat didiagnosa hipertiroid. Akibat penyakit tersebut Raffi hampir kehilangan suaranya. Ahli medis dari Samantha Medicine, Dede Supriyatna mengatakan, Raffi Ahmad sempat mengalami masalah pada pita suaranya.

"Raffi Ahmad terkena hipertiroid, jadi kerusakan pita suara level tiga," paparnya, seperti dlam video yang diunggah oleh Esge entertainment.

Setelah dirawat selama hampir dua minggu, Raffi Ahmad dinyatakan sembuh dari hipertiroid. Ia dinyatakan sembuh berdasarkan rujukan dokter lain.

4 dari 7 halaman

3. Rachel Amanda

Aktris cantik Rachel Amanda juga sempat berjuang melawan penyakit tiroid. Dirinya pun membenarkan kondisinya yang mengidap penyakit tersebut saat ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin malam (21/8/2017) lalu.

"Itu benar. Cuma aku agak menyayangkan beberapa berita agak melebih-lebihkan sih. Dalam arti, bukan soal sakitnya salah, nggak. Tapi kondisinya sekarang aku ini masih tahap pemantauan tapi sehat-sehat aja. Bukan aku hilang karena terbaring di rumah sakit. Karena emang lagi sibuk aja sama kuliah," ungkapnya.

Penyakit hipertiroid yang dialami rachel Amanda dideteksi sejak 2014. Pada saat itu juga, ia menjalani operasi selama 2-3 jam, setelah sebelumnya sempat mengalami gejala seperti berat badan turun, jantung berdebar kencang, dan sering berkeringat.

5 dari 7 halaman

4. Aelke Mariska

Bintang iklan Aelke Mariska juga pernah mengidap penyakit yang menyerang tiroidnya. Dirinya yang akrab disapa Elke ini sempat drop di tahun 2014. Seiring berjalannya waktu, berat badannya turun dan tak memiliki nafsu makan.

Setelah periksa ke dokter, Elke didiagnosa menderita Hashimoto. Hashimoto penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh berbalik melawan dirinya sendiri dan menyerang tiroid. Ia pun berjuang melawan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroidnya.

6 dari 7 halaman

5. Gigi Hadid

Sama sepert Aelke Mariska, Gigi Hadid sempat mengalami penurunan berat badan akibat penyakit yang menyerang tiroidnya tersebut. Akibatnya, supermodel dunia ini mendapat komentar terkait bentuk tubuhnya yang terlihat semakin kurus.

Dikomentari berbagai tudingan diet ketat, Gigi Hadid akhirnya beru klarifikasi soal penyakit Hashimoto yang menyerang tiroidnya lewat media sosial.

7 dari 7 halaman

6. Oprah Winfrey

Selebriti dan pengusaha Amerika Serikat yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara bincang-bincang, Oprah, juga mengalami masalah tiroid. Oprah Winfrey mengaku mengalami hipertiroid sekaligus hipotiroid pada 2007 silam.

Jalani perwatan selama dua tahun, pada 2009 ia dinyatakan smebuh total dari penyakit tersebut. Oprah juga sudah bebas dari ketergantungan obat-obatan dan tak merasakan gangguan lagi.