Sukses

12 Manfaat Berhenti Merokok untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Kronis

Liputan6.com, Jakarta Manfaat berhenti merokok sangat menguntungkan bagi tubuh. Bagi perokok, berhenti Merokok mungkin merupakan hal tersulit yang pernah dilakukan. Namun, manfaat berhenti merokok sebanding dengan yang dilakukan.

Merokok adalah kebiasaan berbahaya yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan parah hingga kematian. Banyak efek yang didapat dari manfaat berhenti merokok. Ketika berhenti merokok, tubuh akan mendapatkan vitalitasnya kembali.

Manfaat berhenti merokok ini bisa dirasakan mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Segera setelah berhenti merokok, tubuh mulai memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok dan terus memperbaiki diri dalam jangka panjang. Manfaat berhenti merokok meliputi kesehatan otak hingga DNA tubuh.

Bagi sebagian orang sulit menghentikan kebiasaan merokok. Padahal, manfaat berhenti merokok bisa dirasakan 1 jam setelah berhenti. Berikut manfaat berhenti merokok yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Menghentikan siklus kecanduan

Berhenti merokok berarti memutus siklus kecanduan. Ini pada dasarnya melatih otak untuk berhenti mengonsumsi nikotin. Sejumlah besar reseptor nikotin di otak akan kembali ke tingkat normal setelah sekitar satu bulan berhenti merokok.

Sirkulasi darah lebih baik

Setelah berhenti merokok, sirkulasi darah akan membaik dalam 2 hingga 12 minggu. Selain itu, berhenti merokok dapat mencegah penggumpalan darah. Jantung juga akan memiliki lebih sedikit pemompaan, dan membuat darah tersirkulasi lebih lancar. Ini membuat aktivitas fisik jauh lebih mudah dan menurunkan risiko serangan jantung.

3 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Meningkatkan kinerja indera

Merokok bisa merusak ujung saraf di hidung dan mulut. Ini bisa menumpulkan indra perasa dan penciuman. Hanya dalam 48 jam setelah berhenti, ujung saraf mulai kembali tajam, membuat indra perasa dan penciuman mulai membaik.

Berhenti merokok juga akan membuat pendengaran lebih tajam. Manfaat berhenti merokok juga meningkatkan penglihatan malam dan membantu menjaga penglihatan secara keseluruhan.

Lebih banyak energi

Manfaat berhenti merokok jangka pendek dan jangka panjang adalah dapat membuat tubuh lebih berenergi. Seiring dengan membaiknya pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh juga akan memberi lebih banyak energi.

4 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Tingkatkan kekebalan tubuh

Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan. Efek ini semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berhenti merokok, sistem kekebalan tubuh tidak lagi terkena tar dan nikotin. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan akan cenderung tidak mudah sakit.

Berhenti merokok juga akan meningkatkan aliran darah ke luka, memungkinkan nutrisi penting, mineral, dan oksigen mencapai luka dan membantunya sembuh dengan baik.

Mulut dan gigi bersih

Merokok bisa menyebabkan gigi kuning dan bau mulut. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi mulut. Dengan berhenti merokok dalam 1 minggu saja, mulut dan gigi menjadi lebih bersih dan terhindari dari berbagai infeksi mulut.

5 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Menurunkan risiko kanker

Berhenti merokok akan mencegah kerusakan DNA baru terjadi dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan. Berhenti merokok segera adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker khususnya kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Manfaat berhenti merokok ini didapat setelah 5 hingga 10 tahun berhenti.

Turunkan risiko penyakit jantung

Merokok adalah penyebab utama serangan jantung dan penyakit jantung. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Berhenti segera dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung berdetak normal. Berhenti merokok juga akan menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang bersirkulasi dalam darah. Ini membantu memperlambat penumpukan timbunan lemak baru di arteri.

6 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Turunkan risiko penyakit paru-paru

Kerusakan paru-paru sangat sulit disembuhkan, Merokok sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Ini membuat berhenti merokok sangat penting sebelum paru-paru mengalami kerusakan permanen.

Berhenti merokok dapat membuat pernapasan lebih mudah dan terhindar dari penyakit paru-paru. Pada 1 hingga 9 bulan setelah berhenti merokok, batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat akan berkurang.

Kuatkan otot dan tulang

Berhenti merokok akan membantu meningkatkan ketersediaan oksigen dalam darah membuat dan otot menjadi lebih kuat dan lebih sehat. Berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko patah tulang, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

7 dari 7 halaman

Manfaat berhenti merokok

Penurunan berat badan

Berhenti merokok akan mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko obesitas dan diabetes. Jika menderita diabetes, diabetes, berhenti merokok dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Tingkatkan kesuburan

Merokok dapat membahayakan kehidupan seks. Merokok meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan berkontribusi terhadap disfungsi seksual wanita serta tingkat kesuburan.

Pada wanita, kadar estrogen secara bertahap akan kembali normal setelah berhenti merokok. Berhenti merokok sekarang juga akan meningkatkan peluang kehamilan yang sehat di masa depan.