Sukses

Terinfeksi Corona Sebulan, Pasien Ini Minta Diantar Dokter Melihat Matahari Terbenam

Pasien berusia 87 tahun ini akhirnya bisa melihat pemandangan setelah sebulan dirawat.

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona yang merebak sejak pertengahan Januari 2020 lalu membuat ribuan orang trepaksa diisolasi demi mendapatkan perawatan intensif. Pihak medis di China tengah sibuk merawat pasien-pasien yang positif terjangkit virus Covid-19 ini.

Meski telah menginfeksi ribuan orang, hingga Selasa (10/3/2020) tercatat ada sekitar 58.749 orang berhasil sembuh di China. Bahkan WHO menyebutkan hampir 70 persen pasien Corona di China berhasil pulih. Sedangkan secara total orang di dunia tercatat 62.841 sembuh. 

Berhasil sembuh dari virus yang berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ini memang tidak instan. Pasien yang terjangkit harus menjalani sejumlah perawatan intensif di ruangan khusus yang telah diisolasi. Alhasil, pasien tidak dapat kemana-mana untuk menikmati area luar.

Namun sebuah foto beredar di media sosial China, Weibo, baru-baru ini diramaikan dengan momen bahagia sekaligus haru. Foto tersebut memperlihatkan seorang dokter dan pasien corona yang menikmati pemandangan matahari tenggelam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirawat Intensif Sebulan Akibat Corona

Dilansir dari Mothership oleh Liputan6.com, Selasa (10/3/2020) diketahui jika dokter muda bersia 27 tahun itu mengizinkan dan menemani pasiennya yang sudah dirawat selama sebulan untuk keluar ruangan isolasi. Foto yang diambil pada Kamis (5/3/2020) di Rumah Sakit Wuhan lalu ini diabadikan oleh seorang sukarelawan yang turut menemani.

Dokter yang diketahui bernama Liu ini membawa pasiennya berusia 87 tahun membawanya keluar rumah sakit setelah melakukan beberapa CT scan. Ia mendorong beserta tempat tidur pasiennya.

Liu membawa pasien itu beberapa menit untuk menikmati pemandangan langit senja dan matahari terbenam. Pasien tua itu awalnya dirawat di Rumah Sakit Zhongshan di Shanghai lalu dipindahkan ke Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan.

3 dari 3 halaman

Sudah Mulai Pulih

Pasien berusia 87 tahun tersebut pertama kali dirawat pada awal Februari. Hingga kini kondisinya telah stabil setelah mendapatkan penanganan.

Liu yang membawa pasiennya keluar ruangan isolasi berpendapat jika matahari bisa saja membuatnya cepat pulih.

"Saya pikir mendapatkan sinar matahari dapat membantunya pulih" pungkasnya dikutip dari Mothership.

Pasien itu juga mengatakan dirinya masih ingat saat menikmati pemandangan tresebut, saat ditanyai oleh media China.

"Saya melakukannya, rasanya luar biasa!" ucapnya yang kini kondisinya semakin membaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini