Sukses

4 Cara Membungkus Kado Bentuk Tas, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membungkus kado bentuk tas merupakan salah satu langkah-langkah kreatif untuk memberi hadiah. Kado biasanya diberikan kepada orang yang dianggap istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Kado adalah sebuah hadiah berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Membungkus kado menjadi salah satu cara untuk berkreasi terhadap barang yang ingin kamu berikan pada seseorang agar tidak terlihat langsung isinya.

Membungkus kado terlihat mudah, namun bagi sebagian orang perlu mendapati cara membungkus kado. Salah satu kreasi bungkus kado yang bisa kamu coba adalah bentuk tas. Dengan membungkus kado bentuk tas akan membuat barang  pemberian menjadi semakin berkesan.

Berikut cara membungkus kado bentuk tas yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3/2020). 

2 dari 5 halaman

Cara Membungkus Kado Bentuk Tas

Bahan-bahan:

- Aksesoris atau hiasan seperti kain flannel atau bahan lainnya.

- Kertas untuk membungkus kado dengan motif yang unik.

- Satu lembar kertas manila dengan ukuran 50x20 cm.

- Selotip atau sejenis solasi.

- Spidol.

- Gunting.

- Cutter.

- Kotak kado yang bisa dibentuk layaknya tas.

Cara membungkus kado bentuk tas:

1. Siapkan seluruh alat yang disebutkan di atas.

2. Usahakan untuk kotak kadonya berbentuk persegi. Tetapi bisa juga sesuai dengan keinginan.

3. Amparkan bungkus kadonya

4. Lipat ke arah bagian ujung atas dan bawahnya. Kemudian temple salah satu ujungnya dengan memakai selotip.

5. Kemudian lipatlah sedikit agar potongan kertas kado tidak nampak jelas. Lalu lipat juga masing-masing ujungnya, sehingga terlihat berbentuk segitiga namun jangan sampai ujungnya terlihat runcing.

6. Kemudian tempelkanlah pola yang berasal dari kertas manila. Dan satukan dengan bagian ujung segitiganya. Dalam hal ini bisa memakai doubletip

7. Sesudah itu, waktunya membuat bagian tali. Kamu hanya perlu menyisakan ukuran kertas dengan panjang 50 cm dan lebarnya 10 cm.

8. Kemudian lipatlah hingga membentuk tali yang telah kamu buat tadi dan rapikan sisi kiri dan kanan yang masih terbuka dengan memakai doubletip. Kemudian tutup kedua ujungnya tadi.

9. Agar hasilnya semakin unik, kamu bisa menambah berbagai jenis aksesoris.

 

3 dari 5 halaman

Cara Membungkus Kado Paper Bag

Setelah mengetahui cara membungkus kado bentuk tas, berikutnya tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Kamu juga bisa menambah kreativitas dengan belajar cara membungkus kado seperti paper bag. Berikut cara membungkus kado paper bag.

Bahan-bahan:

- Gunting.

- Doubletip.

- Selotip.

- Pembolong kertas.

- Pita.

- Kertas kado.

Cara membungkus kado paper bag:

1. Langkah pertama dalam cara membungkus kado paper bag dengan menyiapkan kertas kadon. Lalu lipat dan pertemukan ujung sisi kanan dan kiri ke bagian tengah lalu barulah dilipat dan direkatkan menggunakan doubletip di bagian tengah tadi.

2. Selanjutnya lipat kertas kado pada bagian bawah kira-kira 4 cm, kemudian buka lipatan tadi dan dorong dari bagian paling ujung hingga membentuk lipatan segitiga, begitupun dengan bagian sebelahnya.

3. Setelah itu, lipat bagian sisi bawah dan atas hingga saling bertemu dan rekatkan menggunakan doubletip. Nantinya kamu akan mendapati bungkus ini terbungkus seperti bungkus yang digunakan sebagai wadah makanan.

4. Kemudian lipat ke dalam bagian kedua pinggirnya kira-kira 2 cm. Buka bagian atas dan sedikit rapikan, lalu lipat ke dalam bagian pinggir sesuai pola yang sudah terbuat.

5. Setelah itu, kamu bisa memasukkan hadiah yang ingin dijadikan kado dari bagian atas. Lalu untuk menutupinya, lipat sebanyak 2-3 kali kebagian bawah kemudian lubangi kertas dengan perforator. Nantinya lubang ini akan menjadi beberapa bagian. Lipatkan kembali sesuai dengan lipatan sebelumnya dan masukkan pita untuk menutup dan mengunci kado ini.

4 dari 5 halaman

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Bahan-bahan:

- Kertas kado secukupnya.

- Selotip.

- Gunting

Cara membungkus kado bentuk baju:

1. Cara membungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

2. Lipatlah ujung bawah ke atas sekitar 8 cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

3. Jika sudah berbentuk datar, lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

4. Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5 cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

5. Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

6. Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

5 dari 5 halaman

Cara Membungkus Kado Unik

Bahan-bahan:

- Kertas krep.

- Pita.

- Selotip.

- Lem.

- Cutter.

- Gunting.

Cara membungkus kado unik:

1. Cara membungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

2. Cara membungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

3. Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.