Sukses

10 Penyebab Pusing dan Mual, Kenali Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Penyebab pusing dan Mual setiap orang pasti berbeda-beda. Banyak orang yang menganggap pusing dan mual menjadi hal yang biasa saja. Namun, hal tersebut tentu harus selalu diwaspadai karena jika dibiarkan dikhawatirkan akan memunculkan penyakit lain atau biasa disebut komplikasi. Mencari tahu penyebab pusing dan mual sejak dini dapat mencegah penyakit lain yang kemungkinan akan timbul di kemudian hari. 

Banyak orang yang belum mengenali apa saja penyebab dari pusing dan mual yang biasa terjadi secara bersamaan. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui penyebab pusing dan mual sebelum mencari tahu obat atau pencegahan apa yang sesuai dengan penyakit yang diderita. Oleh sebab itu kenali penyebab pusing dan mual sedini mungkin.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3/2020) 10 penyebab pusing dan mual yang harus kamu ketahui sejak dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Migrain, Mabuk Perjalanan, dan Perubahan Hormon

1. Migrain

Migrain adalah serangan sakit kepala hebat yang biasanya kepala terasa seperti terbentur dengan benda keras. Migrain biasanya menyebabkan seseorang merasa mual dan ingin mengeluarkan sesuatu dari mulut (muntah). Migrain merupakan penyebab pusing dan mual yang umum diketahui khalayak.

Serangan migrain menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat otak sehingga lantas menghambat pengiriman sinyal ke sistem pencernaan. Sehingga menyebabkan seseorang juga merasakan mual ketika migrain mulai menyerang. Namun, mual juga dapat terjadi sebelum migrain menyerang. Gejala tersebut muncul karena migrain tergolong sebagai ganggaun saraf (neurologis).

2. Mabuk perjalanan

Setiap orang pasti pernah merasakan mabuk ketika dalam perjalanan menggunakan alat transportasi darat, laut, ataupun udara. Mabuk perjalanan merupakan salah satu penyebab pusing dan mual. Pusing dan mual biasanya menghambat aktivitas ketika kita dalam perjalanan, oleh sebab itu tidak sedikit orang-orang yang memilih untuk tidur ketika dalam perjalan agar tidak merasakan pusing dan mual.

Goncangan perut biasanya menjadi penyebab seseorang merasa mual ketika dalam perjalanan. Seseorang merasakan pusing dan mual ketika dalam perjalanan dikarenakan ketika dalam perjalanan seseorang duduk diam namun pandangannya tidak hanya tertuju ke depan karena sesekali ingin melihat pemandangan diluar.

Namun pemdangan diluar telihat seperti mundur ke belakang. Sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan pusing dan mual ketika dalam perjalanan.

3. Perubahan Hormon

Penyebab pusing dan mual satu ini merupakan salah satu penyebab yang sering dialami wanita ketika waktu menstruasi tiba. Wanita merasakan adanya perubahan hormon dalam tubuhnya sehingga kemudian merasakan pusing dan mual di waktu yang bersamaan. Ibu hamil tentunya juga pernah merasakan pusing dan mual di awal masa kehamilannya.

Peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) di awal kehamilan dapat membuat wanita mengalami morning sickness, yang ditandai dengan rasa pusing dan mual di pagi hari. Ibu hamil tentu sudah menduga bahwa penyebab pusing dan hamil yang dialaminya karena adanya perubahan dalam dirinya yang sudah mulai mengandung dan mulai menopang seseorang yang baru dalam tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Masalah Psikologis, Vertigo, dan Diabetes

4. Masalah Psikologis

Masalah Psikologis merupakan penyebab pusing dan mual lainnya yang biasa dialami seseorang ketika sedang deg-degan atau cemas berlebihan. Ketika sedang deg-degan atau cemas, setiap orang memiliki luapan emosi yang berbeda. Ada yang merasakan sakit perut, keluar keringat dingin, dan merasa pusing dan mual.

Sebelum memulai presentasi, berpidato didepan umum, atau saat sebelum memulai untuk mempin rapat seseorang biasanya merasakan gejala-gejala ini karena terlalu cemas dan berlebihan. Saat cemas, otak akan bekerja ekstra keras untuk memecahkan masalah dan menenangkan perasaan anda saat itu.

Kondisi otak yang sedang kacau kemudian dapat menyebabkan sinyal saraf pusat salah mengirimkan pesan ke seluruh tubuh dan hal tersebutlah yang kemudian merupakan penyebab pusing dan mual yang dirasakan seseorang.

5. Vertigo

Verigo merupakan sakit kepala hebat yang menyebabkan seseorang tidak bisa bangun dari tempat tidur. Karena ketika seseorang bangun, merasa ingin jatuh karena kepala terasa berputar hebat. Penyebab pusing dan mual yang satu ini pasti sering dialami oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit vertigo.

Penyebab vertigo adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi mengatur kesimbangan tubuh. Masalah dengan telinga bagian dalam termasuk infeksi dan cedera fisik, dapat menyebabkan pusing dan vertigo.

6. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang dimana, tubuh penderita diabetes tidak mampu menguraikan glukosa dengan baik sehingga kadar gulanya tinggi. Gula darah yang terlalu tinggi ataupun rendah dapat menyebabkan gejala berupa pusing dan mual.

Diabetes merupakan salah satu penyebab pusing dan mual ini harus segera mendapatkan pengobatan khusus dan sesegera mungkin agar tidak terjadi komplikasi di tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang lain. Karena biasanya penderita sering mengalami komplikasi atau adanya penyakit lain yang timbul dalam tubuhnya.

4 dari 4 halaman

Penyakit Magh, Glaukoma, Tekanan Darah Tidak Normal, dan Gangguan Hati

7. Penyakit Magh

Penyakit Magh adalah salah satu penyebab pusing dan mual. Penyebab sakit magh yaitu dikarenakan seseorang selalu menunda-nunda makan. Tubuh seseorang membutuhkan asupan makanan tiap pagi, siang, sore dan malam dan tentunya harus diisi tepat pada waktunya.

Penyakit magh dapat menimbulkan berbagai keluhan tidak nyaman di perut seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah. Selain itu, tingginya asam lambung kerap pula menimbulkan pusing. Apabila kamu mengalami pusing dan mual mungkin saja karena kamu memiliki riwayat penyakit magh.

8. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang terjadi akibat adanya penekanan berlebih pada saraf mata. Kondisi ini menyebabkan saraf mata rusak, sehingga mengakibatkan keluhan nyeri pada mata yang bahkan bisa menjalar ke kepala. Kondisi inilah yang bisa menjadi penyebab pusing dan mual yang dialami seseorang. Kenali penyebab pusing dan mual kamu agar bisa dicegah sedini mungkin ya!

9. Tekanan Darah Tidak Normal

Apabila seseorang mengalami pusing dan mual, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda tekanan darah anda tidak normal, karena tekanan darah yang tidak normal merupakan penyebab pusing dan mual yang kamu sering alami. Tekanan darah normal seseorang yaitu 120/80 mm Hg.

Apabila tekanan darah anda 90/60 mm Hg, anda sudah tergolong mengalami tekanan darah rendah. Sementara apabila tekanan darah anda 140/00 mm Hg anda sudah tergolong mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dan tekanan darah normal yang dialami seseorang merupakan penyebab seseorang sering mengalami pusing dan mual.

Kalau tekanan darah kamu tergolong tekanan darah normal, tinggi atau rendah?

10. Gangguan Hati

Hati berperan sebagai organ yang melakukan detoksifikasi terhadap racun dan sisa zat dalam tubuh. Ketika fungsi hati mengalami gangguan, seseorang dapat mengalami pusing dan mual. Penyebab pusing dan mual satu ini bisa dikenali melalui berbagai tanda, seperti urine berwarna gelap, nyeri pada perut bagian atas, serta kulit dan mata tampak kuning. Yuk mulai sekarang kenali sedini mungkin apa penyebab dan pusing dan mual itu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS