Sukses

8 Manfaat Soda Kue untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Selain manfaat soda kue untuk wajah, kamu juga bisa memanfaatkan soda kue untuk perawatan bagian tubuh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat soda kue untuk wajah ada beraneka ragam. Untuk mendapatkan manfaat soda kue, kamu bisa menggunakan campuran tambahan. Hal ini untuk menyeimbangkan pH soda kue dengan kulit wajah kita. 

pH kulit sekitar 5,5 dan soda kue memiliki pH sebanyak 9 yang terlalu basa, terutama jika dilarutkan dengan air yang secara langsung dapat merusak keseimbangan pH kulit. Oleh karena itu, pastikan tidak langsung mengenakan soda kue dengan campuran air saja agar tidak menyebabkan iritasi.

Selain manfaat soda kue untuk wajah, kamu juga bisa memanfaatkan soda kue untuk perawatan bagian tubuh lainnya. Soda kue dapat digunakan untuk memperindah tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Berikut manfaat soda kue untuk kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Menghilangkan Komedo

Menghilangkan komedo merupakan satu dari antara manfaat soda kue untuk wajah yang bisa kamu rasakan. Soda kue dapat mengangkat sel kulit mati seperti komedo karena merupakan bahan pengelupas yang baik.

Cara menggunakannya, cukup campur dengan satu sendok makan soda kue dengan sedikit pasta gigi. Oleskan campuran ini ke hidung atau daerah yang terdapat komedo dan gosok selama beberapa menit untuk menghilangkan semua komedo yang terlihat. Kamu juga dapat menggunakan campuran soda kue dan air untuk menghilangkan komedo.

3 dari 9 halaman

Menyembuhkan Jerawat

Soda kue memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat. Soda kue dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif untuk komedo dan jerawat. Soda kue  dapat digunakan sebagai pengelupas ringan yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Proses ini dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan jerawat. Soda kue juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Untuk mengobati jerawat, buat pasta dengan mencampurkan 2 sdt soda kue, 1 sdt madu dan 1/2 sdt jus lemon dari lemon segar.

Kemudian oleskan pasta ke wajah dengan lembut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

4 dari 9 halaman

Mengecilkan Pori-pori

Manfaat soda kue untuk wajah berikutnya mampu mengecilkan pori-pori. Soda kue adalah senyawa yang mampu membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengecilkannya. Perawatan ini juga mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori kamu bersih dan tidak terbuka.

Cara menggunakannya cukup masukkan ke dalam wadah. Kemudian encerkan satu sendok makan soda kue dengan secangkir air dan sisihkan campurannya. Cucilah wajah seperti biasanya dengan pembersih biasa.

Percikkan larutan soda kue ke wajah dan keringkan. Lanjutkan untuk melembapkan wajah dengan produk non-komedogenik. Lakukan ritual ini 3-4 kali seminggu sebagai pengganti toner.

5 dari 9 halaman

Memutihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan soda kue dapat membantu memutihkan kulit. Buat pasta menggunakan air dan soda kue, lalu gosok dengan lembut di wajah. Gosok dengan gerakan memutar selama dua menit. Setelah itu, cuci dengan air dan oleskan pelembab.

Untuk mendapatkan kulit wajah cerah, campurkan soda kue dengan satu sendok makan jus lemon dan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah membersihkan kulit, oleskan pasta ini ke wajah dan bilas setelah 10 menit.

6 dari 9 halaman

Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau kantung hitam di bawah mata akan muncul ketika kamu kurang tidur. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika memiliki masalah tersebut. Kamu bisa menghilangkan mata panda dengan bahan sederhana yang ada di rumah.

Kamu perlu menyiapkan teh chamomile, 1 gelas air dan 1 sdm soda kue. Buat secangkir teh chamomile biasa dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan soda kue dan blender. Oleskan campuran itu di bawah matamu, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bersihkan area tersebut dengan air segar dan keringkan.

7 dari 9 halaman

Memutihkan Gigi

Soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk merawat tubuh. Manfaat soda kue lainnya dapat memutihkan gigi. Soda kue dan campuran arang bisa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat pasta gigi sendiri.

Kamu hanya membutuhkan 1 sdm soda kue, 6 sdm minyak kelapa, 4 sdm tanah liat bentonit, 2 sdm arang aktig dan beberapa tetes minyak esensial. Setelah itu, campurkan semua bahan hingga menjadi pasta.

Jika mau, kamu bisa mengganti arang aktif dengan stroberi segar dan jus lemon. Kamu juga bisa mencampur soda kue, minyak peppermint dan air untuk membuat obat kumurmu sendiri.

8 dari 9 halaman

Menghaluskan Kulit

Kamu bisa memanfaatkan soda kue untuk membuang sel-sel kulit mati sehingga kulit kasar dan kusam dapat teratasi. Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup campur 3 sendok teh soda kue dan 1 sendok teh air.

Setelah itu aduk hingga menjadi pasta. Kamu bisa menggosokkannya ke bagian tubuh yang diinginkan. Setelah dibilas dengan air, kamu akan merasakan kulit tubuh menjadi lebih halus. Campuran air dan soda kue ini juga bisa digunakan untuk membantu meredakan kulit yang gatal dan kusam setelah terbakar sinar matahari.

9 dari 9 halaman

Mencerahkan Lutut dan Siku yang Gelap

Apabila kamu memiliki lutut dan siku yang cenderung gelap, kamu bisa kembali mencerahkannya dengan menggunakan soda kue. Kamu hanya perlu 1/2 lemon, 2-4 sdm soda kue dan 3 sdm hidrogen peroksida.

Campurkan soda kue, peroksida dan peras setengah lemon dalam mangkum. Rendam lemon dalam larutan dan oleskan langsung ke area gelap dengan menggosok lemon pada lutut atau sikumu.

Diamkan beberapa menit. Ulangi beberapa kali, lalu basuh dengan air dingin dan nikmati hasilnya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.