Sukses

8 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya perlu diterapkan dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya bisa dijadikan pengobatan untuk berbagai masalah kesehatan. Bidara yang merupakan pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering ini memiliki daun yang umumnya berbentuk bulat panjang.

Menilik pada beberapa penelitian, hampir semua bagian dari bidara memiliki manfaat untuk kehidupan. Berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat dalam daun bidara ini. Belum lagi terdapat sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya perlu diterapkan dengan benar. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini telah lama dijadikan sebagai bahan obat herbal karena berbagai kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat daun bidara dan cara menggunakannya dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Berbagai lukas seperti luka sayatan, lecet hingga luka akibat goresan dapat disembuhkan dengan daun bidara ini.

Selain itu, kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya ini cukup dengan meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Menyembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang tepat juga baik untuk berbagai masalah pencernaan, terutama maag. Hal ini karena daun biadara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung.

Selain itu, risiko gangguan pencernaan lainnya juga dapat diatasi oleh daun bidara, karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Serta mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.

Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kamu mengalami wasir.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bagus untuk kecantikan, termasuk dalam mengatasi jerawat. Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit tetap sehat.

Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

Merawat Rambut

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga dapat dijadikan perawatan untuk rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Mengatasi Sariawan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya dengan tepat juga dapat mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga dapat menjaga bibirmu tetap terhindar dari pecah-pecah.

Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut dapat menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.

Mencegah Penuaan Dini

pada KulitMasih berkaitan dengan kecantikan, selain dapat mengatasi jerawat manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bisa mencegah penuaan dini. Menggunakan masker daun bidara dapat mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata yang merupakan gejala penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika kamu mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui feses.

Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara bagi kesehatan berikutnya membantu kamu mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan saponin pada daun bidara berkhasiat memberikan efek menenangkan. Manfaat daun bdiara dan cara menggunakannya ini bisa dengan mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini